Comscore Tracker

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!

Bisa jadi modalmu dalam merintis karier, lho  

Bisa membangun relasi dengan orang yang tepat sangat membantu untuk merintis kariermu. Sebab, banyak manfaat yang dapat langsung kamu rasakan di dalam dunia kerja jika mampu berelasi dengan baik.

Selain itu, bisa juga bermanfaat untuk perkembangan diri dan jadi modal memperoleh tujuan hidup yang sedang ingin kamu capai, lho. Maka dari itu, simak lima manfaat membangun relasi untuk kariermu yang mesti kamu ketahui berikut ini.

1. Saling bertukar ide 

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/William Fortunato)

Sumber pengetahuan tentu bisa kamu dapat dari buku, berita, internet dan lainnya. Namun, kalau memperoleh wawasan baru yang berasal dari rekan kerja tentu akan lebih seru untuk berdiskusi. Alhasil, kamu bisa saling bertukar ide tergantung topiknya.

Kalau kamu sedang mengalami kebuntuan mengerjakan tugas kantor, ini bisa jadi solusi untuk berdiskusi langsung. Pastikan rekan kerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu tekuni. Hal ini menjadi alasan penting harus memiliki relasi demi kebaikanmu.

2. Bisa memperoleh peluang baru 

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!ilustrasi bersalaman (pexels.com/Monstera)

Kalau saat ini telah membangun relasi dengan banyak orang, tidak menutup kemungkinan kamu akan memperoleh peluang baru. Memiliki relasi yang tepat akan membantumu mendapatkan informasi lowongan kerja, diajak kerja sama, bahkan buka usaha bareng.

Terkadang, memiliki banyak relasi justru mendatangkan peluang tidak terduga-duga. Maka dari itu, sangat penting untuk bisa menjaga dan membangun relasi yang memberi dampak positif untuk dirimu.

3. Memperoleh tujuan hidup yang ingin dicapai

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!ilustrasi bersalaman (pexels.com/Sora Shimazaki)

Banyak orang memiliki tujuan hidup untuk memperoleh kesuksesan pada kariernya. Jika sedari awal kamu merintis karier dengan  relasi yang tepat, tentu bisa membantumu dalam menggapai cita-cita.

Itu sebabnya, hidup di dunia tentu tidak bisa sendirian, kamu juga perlu orang lain untuk bisa saling membantu ketika membutuhkan pertolongan. Maka sudah saatnya untuk membangun relasi demi kebaikan masa depanmu, ya.

Baca Juga: 5 Tips Bebas dari Relasi yang Toksik, Hidupmu Jadi Lebih Tenang!

4. Membantumu menyelesaikan masalah

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Biasanya, kedekatan yang erat satu sama lain kerap membantumu ketika sedang dalam kondisi sulit. Hal ini terjadi karena sudah ada hubungan baik dengannya, sehingga dengan senang hati membantumu.

Sama halnya dalam kariermu, di saat kamu sedang membutuhkan lowongan pekerjaan, pasti ada saja relasi yang membantumu. Entah dengan cara mencarikan informasi atau bahkan memberikan rekomendasi untuk bisa bekerja di perusahaan tempat dia bekerja.

5. Kesempatan untuk dapatkan promosi jabatan

5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!ilustrasi bersalaman (pexels.com/Sora Shimazaki)

Tidak hanya di luar tempat kerjamu saja, justru relasi juga perlu kamu bangun di tempat  kerja. Bagaimanapun juga, memiliki kedekatan yang baik antar rekan kerja sangat penting untuk bisa mengetahui seberapa besar potensi yang ada dalam dirimu.

Alhasil, rekan kerja maupun atasanmu jadi bisa lebih mudah menilaimu dari sikap dan kemampuanmu. Dari sini kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan.

Memiliki relasi dengan orang-orang yang tepat bisa menguntungkan kariermu. Sebab, mereka bisa jadi salah satu support system yang membantumu dalam dunia kerja. Gimana, sudah siap untuk membangun relasi?

Baca Juga: 7 Skill yang Harus Kamu Asah Sebelum Masuk Dunia Kerja, Catat! 

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya