Comscore Tracker

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!

Jangan biarkan rintangan menghalangimu 

Banyaknya distraksi dewasa ini, bisa membuatmu sangat kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Ada baiknya jika kamu bisa lebih fokus dalam pekerjaanmu dan tidak membiarkan dirimu terdistraksi dengan dunia luar. Hal ini jelas lebih mudah di ucapkan daripada benar-benar di lakukan. Namun cobalah jika kamu hanya sekadar melakukannya, pekerjaanmu akan terasa lebih mudah untuk di selesaikan ketika kamu sudah memulai.

Ada berbagai macam cara supaya kamu bisa lebih banyak menyelesaikan pekerjaanmu. Cobalah untuk menerapkan beberapa tips di bawah ini ke dalam hidupmu. Dan lihatlah perbedaannya.

1. Lakukan lebih sedikit 

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!Ilustrasi orang yang hanya mengerjakan sedikit pekerjaan (Pexels/Moose Photos)

Walaupun terdengar berlawanan dengan intuisi, melakukan pekerjaan dengan lebih sedikit akan meringankan beban otakmu. Dengan menyelesaikan pekerjaanmu satu per satu tanpa memberikan ekspektasi yang terlalu besar kepada dirimu sendiri, kamu akan mempunyai peluang yang lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Ini bisa terjadi karena kamu mengidentifikasi pekerjaan yang menumpuk dengan rasa sakit. Jadi semakin sedikit pekerjaanmu, semakin sedikit juga rasa sakit yang kamu pikir akan terjadi.

Cobalah untuk benar-benar memulainya dengan sedikit, seperti untuk menulis esai hanya selama dua menit saja. Kemungkinan besar kamu akan terus mengerjakannya walaupun dua menit itu sudah berlalu. Memulai suatu pekerjaan adalah bagian tersulit dalam pekerjaanmu. Jika kamu bisa memulai pekerjaanmu, kamu akan sadar bahwa rasa sakit yang kamu tunggu-tunggu itu hanya berada di dalam kepalamu saja. Dan kamu pun akan lebih banyak menyelesaikan pekerjaan.

2. Tingkatkan motivasimu 

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!Ilustrasi orang yang termotivasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tujuan, bisa menjadi motivasi yang sangat kuat. Entah itu untuk membantu orang tuamu, menjadi terkenal, atau sesederhana untuk mendapatkan uang. Dengan meningkatkan motivasimu, kamu sudah jelas akan lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugasmu.

Manfaatkanlah motivasimu sebaik mungkin. Ketika kamu merasa sangat ingin untuk bekerja, maka segeralah untuk bekerja. Motivasi bisa datang dan pergi begitu saja. Jadi, lain kali motivasi menghampirimu. Kamu cepat-cepatlah mengurasnya sampai habis dan kerjakan pekerjaanmu sebaik mungkin.

Baca Juga: 5 Tips Menyelesaikan Pekerjaan Tanpa Menunda, biar Gak Kewalahan 

3. Jangan biarkan gangguan mengganggumu terus-menerus 

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!Ilustrasi orang yang terdistraksi (Pexels/RODNAE Productions)

Televisi, musik, dan media sosial adalah sumber utama gangguan. Cobalah untuk menerapkan suatu sistem untuk menangani masalah ini. Contohnya kamu bisa menonton televisi ketika kamu sudah menyelesaikan tugas tertentu, atau mengunci aplikasi-aplikasi sosial media untuk beberapa jam sehingga kamu tidak akan terdistraksi dengan notifikasi di smartphone-mu.

Ketika kamu terus-menerus membiarkan gangguan-gangguan ini mengganggumu. Lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan mengecek smartphone-mu, dan kamu tidak akan pernah memulai pekerjaanmu. Kamu bahkan bisa bersahabat dengan gangguan ini. Kamu bisa hadiahi dirimu sendiri dengan hiburan ini ketika kamu sudah menyelesaikan tugas terpentingmu. Terkadang berdamai dengan keadaan adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.

4. Aplikasikan nasihat yang sudah kamu dapatkan 

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!Ilustrasi orang yang bekerja dengan baik (Pexels/Oleg Magni)

Ketika kamu sudah mendapatkan nasihat, entah dari internet atau di kehidupan nyata. Kamu harus segera mengaplikasikannya. Jika kamu hanya terus menerus mencari suatu wejangan yang baru tanpa pernah benar-benar mengaplikasikannya, kamu tidak akan pernah berkembang.

Hal ini juga berlaku dalam caramu menyelesaikan suatu tugas. Sudah banyak cara di luar sana yang mengajarimu bagaimana caranya untuk menjadi produktif, seperti teknik pomodoro. Namun pada akhirnya, kamu hanya perlu untuk melakukannya. Bahkan tanpa teknik-teknik tersebut pun, kamu bisa melakukannya. Jangan terlalu mempersulit sesuatu yang pada dasarnya sederhana. Cepatlah duduk dan tulislah esaimu itu!

5. Lakukan saja 

5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!Ilustrasi orang yang sedang berpikir (Pexels/Juan Pablo)

Lakukan saja, itulah intinya. Ketika kamu sudah memahami hal ini, kamu pasti akan menyelesaikan tugas-tugasmu. Walaupun terkadang berpikir secara lama bisa membuatmu melihat sudut pandang yang baru di masalahmu. Terkadang yang harus kamu lakukan sudah berada di depan matamu, dan kamu hanya tinggal melakukannya. Kamu benar-benar hanya berjarak satu jengkal dari mimpimu, dan kamu hanya perlu untuk memulainya.

Musuh terbesar di dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Jika kamu bisa berdamai dengan dirimu sendiri, kamu pasti bisa mencapai tujuanmu. Mengerti bahwa terkadang kamu memang membutuhkan istirahat, dan terkadang kamu butuh untuk bekerja keras. Ini adalah bagian yang paling indah dalam menjadi manusia. Kamu benar-benar bisa melakukan apa saja jika kamu mempunyai keinginan yang kuat.

Menyelesaikan suatu tugas terkadang bisa menjadi hal yang sangat menakutkan. Menyadari bahwa masalah yang kamu hadapi sebenarnya adalah masalah mental, bisa membuatmu paham bahwa terkadang kamu hanya perlu sekadar melakukannya. Karena kita berubah menjadi orang yang lebih baik bukan melalui kata-kata, tetapi melalui aksi. Teruslah berusaha untuk memperbaiki dirimu. Dan tetaplah bersemangat!

Baca Juga: 5 Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Cepat, Kamu Harus Coba, nih!

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya