Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan Baru

#PANJATPOIN Biar nanti gak nyesel, gak resign-resign lagi

Menghabiskan waktu berjam-jam di tempat yang sama setiap harinya, kadang membuat kita bosan dan mulai berpikir apakah kita sudah berada dalam pekerjaan yang tepat. Dari semua aspek yang ada, kadang perusahaan atau tempat kita bekerja tidak memenuhi ekspektasi pekerjaan yang kita inginkan. Hal ini bisa menjadi alasan yang memacu kita untuk mencari pekerjaan yang baru.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mencari pekerjaan baru. Jika kita salah melangkah, bisa saja kita malah terjerumus dan mendapatkan pekerjaan yang lebih buruk dari sebelumnya.

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini, kita bisa lebih menguatkan diri untuk memutuskan apakah akan mencari pekerjaan baru atau tetap di pekerjaan saat ini.

1. Gaji

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan Baruunsplash/Alexander Mils

Gaji adalah salah satu alasan paling utama yang memotivasi kita untuk melaksanakan pekerjaan. Mungkin kita sudah berada di perusahaan yang kita inginkan dan memiliki teman kerja yang sangat membantu kita. Namun, jika kita hanya mendapatkan gaji pas-pasan yang tidak mencukupi untuk kebutuhan yang lain, kita pasti akan berpikir untuk mencari pekerjaan yang baru.

Jika kita menemukan pekerjaan baru dengan gaji yang cukup besar, kita juga harus mempertimbangkan apakah yang kita hasilkan memang sudah cukup atau masih kurang, atau ada yang salah dengan pola hidup yang kita jalani.

Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti tingkat kesulitan tugas yang dikerjakan.

2. Lokasi perusahaan

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan BaruPixabay.com/0532-2008

Sebesar apa pun gaji yang kita dapat, jika lokasi pekerjaannya sangat jauh dari rumah maka kita harus mempertimbangkannya. Salah satu hal penting dalam pekerjaan adalah lokasi yang nyaman dan mudah dijangkau.

Kita harus mempertimbangkan berapa lama waktu yang dihabiskan dalam perjalanan, berapa banyak uang yang harus digunakan dan keamanan transportasi. Kita juga harus mempertimbangkan dampak pada kehidupan sosial kita saat bekerja di tempat yang jauh. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Sebaiknya Bekerja Dulu Sebelum Lanjut Kuliah S2

3. Karakteristik perusahaan

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan BaruPixabay.com/StartupStockPhotos

Salah satu hal yang krusial saat mencari pekerjaan baru adalah karakteristik perusahaan. Mengenal karakter perusahaan adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan bagi pelamar kerja.

Paling tidak, kita bisa mempertimbangkan faktor-faktor seperti: nama perusahaan, skala perusahaan, manajemen karyawan dan keseimbangan antara hak dan kewajiban yang diterima oleh karyawan.

Jika karakteristik perusahaan tidak sesuai dengan passion kalian, bisa jadi kalian malah merasa tidak nyaman dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

4. Potensi untuk lebih maju

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan BaruPixabay.com/rawpixel

Semua orang yang bekerja pasti menginginkan promosi jabatan. Tidak ada yang ingin menetap di satu jabatan untuk seumur hidup. Di sini kita harus mempertimbangkan beberapa hal seperti: pertumbuhan perusahaan, proses kenaikan jabatan, dan rencana jangka pendek serta jangka panjang perusahaan yang sesuai dengan ekspektasi kita. Dengan begitu, kalian bisa melihat potensi yang akan membuat kalian menjadi lebih maju di masa depan.

5. Hubungan dan nama perusahaan

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan BaruPixabay.com/rawpixel

Record perusahaan yang baik akan sangat berpengaruh pada kehidupan berkarier kita di masa depan. Pastikan bahwa perusahaan juga bisa menjamin nama baik karyawan. Jika suatu saat kita keluar dari perusahaan dengan catatan buruk dari perusahaan sebelumnya, maka kita akan kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang baru.

Itulah beberapa faktor yang perlu kita pertimbangkan saat mencari pekerjaan yang baru. Lakukan penelitian dan cari review yang dapat membantu kita untuk menemukan perusahaan dan pekerjaan yang tepat.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Cari Pekerjaan Baru Sebelum Resign

Robi nurmiftah Photo Writer Robi nurmiftah

just an ordinary person. share opinions through writing :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya