Comscore Tracker

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? 

Setiap hari bertemu dengan tantangan yang menguji nyali 

Apakah kamu suka bertualang? Atau kamu senang menghabiskan waktu liburan ke tempat yang memacu adrenalin? Kalau iya, bisa jadi kamu tahu kalau berada di belakang meja dari jam 9 pagi sampai 5 sore bukanlah pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu.

Tentu menyenangkan jika kamu berada di luar sana dan bertualang tanpa henti seperti Indiana Jones atau Lara Croft. Tapi memangnya bisa? Sebenarnya kalau kamu ingin melihat di luar sana, banyak kok pekerjaan yang menawarkan hal yang menantang ini. Setidaknya terdapat enam pekerjaan yang bisa membawamu ke berbagai petualangan seru.

1. Ahli biologi kelautan

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? vacationstravel.com

Marine biology adalah studi tentang hewan, tumbuhan, dan kehidupan miskroskopis di bawah laut. Dengan polusi yang bertambah dan mempengaruhi iklim, otomatis kehidupan laut pun mengalami perubahan. Ahli biologi kelautan akan mempelajari perubahan ini dan bertugas untuk mengatasi masalah tersebut.

Dari laman Imarest, 80% kehidupan di bumi ini ada di bawah laut, jadi bisa dibilang pekerjaan ahli biologi kelautan amatlah penting.Nantinya kamu akan banyak menghabiskan waktu di laut untuk mengumpulkan sampel dan di laboratorium untuk penelitian. 

2. Adventure guide

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? provenceguide.co.uk

Adventure guide berkesempatan untuk menikmati aliran adrenalin setiap harinya. Tapi untuk menekuni pekerjaan ini, kamu membutuhkan lisensi keamanan dan kecakapan untuk melindungi keselamatanmu sekaligus pelanggan.

Sebagai adventure guide, kamu diharuskan memandu wisatawan ke tempat-tempat wisata petualangan yang menantang seperti ke gunung untuk mendaki, scuba diving di lautan, dan lokasi seru lainnya.

3. Adventure therapist

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? trailscarolina.com

Pekerjaan ini bisa dibilang masih sangat jarang di Indonesia dan bisa jadi kesempatan besar untuk kamu yang ingin menekuninya. Adventure therapy lebih menitik beratkan psikoterapi dengan bantuan dari pengalaman bertualang yang dialami oleh klien. Jadi terapi ini nantinya lebih memandukan pengalaman fisik dan pengalaman emosional.

Biasanya kliennya adalah remaja yang mempunyai kehidupan bermasalah, orang yang depresi, orang dengan trauma berat, dan orang yang membutuhkan terapi yang berhubungan dengan alam. Terapi petualangan ini biasanya mengajak klien lebih terlibat pada aktivitas bertualang dengan risiko rendah seperti arung jeram, berkemah, dan panjat tebing. Gak sedikit klien yang bisa terbebas dari kebiasaan buruk setelah melakukan terapi ini lho.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Zodiak Taurus yang Hobi Kulineran

4. Polisi hutan

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? mainepublic.org

Beberapa tugas sebagai polisi hutan harus membuatmu berjalan-jalan di hutan. Memastikan pengunjung hutan tetap aman,hutan dalam keadaan aman dan mencegah perburuan liar termasuk tugas dari polisi hutan. Untuk bisa menjadi polisi hutan, kamu harus mempunyai keterampilan untuk menangani permasalahan darurat.

Seperti mengantisipasi kebakaran hutan sejak dini, merawat hewan yang terluka ringan, hingga pertolongan pertama jika terdapat pengunjung hutan yang membutuhkan darurat medis. Keren ya.

5. Travel writer

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? lonelyplanet.com

Dengan bakat menulis dan jiwa petualang, kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai travel writer. Sebagai penulis perjalanan, kamu akan menjelajahi berbagai negara, memberikan ulasan yang unik mengenai tempat-tempat yang didatangi, atau sekadar sharing pengalaman dalam perjalananmu.

Sebagai langkah awal, kamu bisa menyisihkan tabunganmu untuk membiayai perjalananmu. Setelah itu, tuliskan artikel perjalananmu yang ditambah dengan foto hasil jepretanmu ke blog pribadi atau media online seperti IDN Times ini. Cara ini tentu dapat mendukung portfoliomu sebagai travel writer.

Lalu bagaimana kalau kamu gak punya uang yang cukup untuk bertualang ke luar negeri? Tenang, kamu bisa kok memulai petualanganmu di kotamu sendiri. Asahlah keterampilan menulis dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Nanti sedikit demi sedikit, portfoliomu sebagai travel writer akan semakin keren dan alhasil kamu bisa jalan-jalan gratis bahkan dibayar lho.

6. Wildlife photographer

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? commons.wikimedia.org

Profesi ini bisa dibilang mengasah adrenalinmu setiap detik. Tapi berkesempatan menjepret kehidupan hewan di alam liar tentu menjadi petualangan yang sulit dilupakan.

Sebagian besar wildlife photographer merupakan pekerja lepas yang harus membangun portfolio terlebih dulu. Walaupun begitu, setiap foto yang dihasilkan oleh fotografer yang satu ini bisa dihargai sangat mahal lho.

Tapi sebanding dengan harga fotonya, untuk menjadi seorang wildlife photografer itu tidaklah mudah. Diperlukan keterampilan foto yang mumpuni, kesabaran, refleks cepat, dan teknik bertahan hidup yang sangat baik.

Nah beberapa pekerjaan tersebut bisa dibilang antimainstream,tapi sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang. Jadi ingin memilih profesi yang mana nih?

Baca Juga: Apakah Kamu Punya Jiwa Petualang? Cek di Sini!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya