Comscore Tracker

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamu

Tidak usah bingung, hadapi saja! 

Dunia kerja itu penuh dengan persaingan dan tantangan. Tidak terkecuali adanya persaingan antar orang-orang di dalamnya, yang saling berlomba untuk menunjukkan siapa yang paling hebat dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Tidak jarang adanya persaingan itu memunculkan rasa iri terhadap rekan kerja yang lain. Entah itu rasa iri terhadap jabatan, gaji atau bonus yang didapat hingga pencapaian yang lainnya. Hal itu ternyata bisa berdampak pada suasana kerja yang menjadi tidak kondusif, alhasil bisa membuat kinerjamu menjadi menurun.

Namun, jangan khawatir terlebih dahulu berikut 5 cara ampuh menghadapi teman yang suka iri terhadap pencapaian kita di tempat kerja

1. Bersikaplah tenang dan jangan terpancing emosi

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamupexels.com/fauxels

Jika rekan kerja suka iri terhadap pencapaian yang kita peroleh, tetaplah untuk tenang dan jangan mudah terpancing emosi. Mereka yang iri biasanya suka membicarakan dan menyebar berita miring tentang kita yang tidak tahu kebenarannya. Hal itu bertujuan hanya untuk menjatuhkan kita di hadapan rekan kerja yang lain  hingga hanya untuk memancing amarah dan emosi. Maka dari itu tetaplah bersikap tenang, cukup tingkatkan kualitas kerjamu menjadi lebih baik lagi. 

2. Tetap jagalah profesionalitas 

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamuunsplash.com/ Anete Lūsiņa

Menjaga profesionalitas saat bekerja adalah hal yang sangat penting. Jangan biarkan dirimu terjebak dan terpengaruh terhadap rekan kerja yang iri denganmu. Jangan bersikap kekanak-kanakan dengan menolak tugas yang menuntutmu bekerjasama dengan rekan kerja yang iri tersebut.

Bersikaplah biasa saja, tunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas yang lebih baik dan bisa bersikap profesional dalam melakukan pekerjaan dibandingkan orang tersebut. 

3. Berkomunikasi sewajarnya

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamuunsplash.com/Evangeline Shaw

Cara selanjutnya untuk menghadapi rekan kerja yang iri yaitu dengan komunikasi yang sewajarnya saja. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahpahaman dan miss komunikasi terhadap rekan kerja yang iri tersebut.

Cukup komunikasi yang kamu lakukan sebatas dalam hal pekerjaan, tidak untuk lebih. Sebab jika komunikasi terlalu jauh terhadapnya memungkinkan dapat menimbulkan konflik besar di tempat kerja. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

4. Tetaplah bersikap rendah hati

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian KamuPexels.com/fauxels

Bisa jadi rasa iri rekan kerja terhadap kita timbul karena faktor diri kita sendiri. Tanpa sadar kita bersikap jumawa, tanpa sadar kita bersikap berlebihan terhadap keberhasilan dan kesuksesan saat meraih prestasi, dan faktor lain yang tidak kita sadari.

Maka dari itu ketika berhasil memperoleh sesuatu dalam pekerjaan tetaplah untuk bersikap rendah hati dan penting untuk selalu introspeksi dan mengevaluasi diri. 

5. Ajaklah untuk bertemu dan ngobrol berdua

5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamuunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Jika sikapnya selama ini sudah kelewatan batas, ini saatnya kamu yang diam saja selama ini coba mengajak dia untuk bertemu dan ngobrol berdua. Tanyakan baik-baik kenapa dia melakukan hal semacam itu, kenapa dirinya bersikap iri terhadap dirimu. Agar kamu mengetahui letak kesalahan yang perlu diperbaiki.

Sampaikan hal tersebut secara tepat dan jangan memberi kesan mengguruinya. Selain itu berikan dia motivasi supaya bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. 

Itulah 5 cara menghadapi rekan kerja yang suka iri terhadap pencapaian kita. Jadi, hadapilah dengan tetap bersikap baik dan berikan dia semangat agar bisa meningkatkan kualitas pekerjaannya. 

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Team Leader yang Bisa Disukai Rekan Kerja di Kantor

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya