Comscore Tracker

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di Kantor

Apa kamu memiliki teman introvert?

Apakah kamu memiliki rekan kerja yang berkepribadian introvert? Sebagian orang menganggap sosok introvert adalah pribadi yang tidak suka bersosialisasi, banyak diam, pemalu, dan pasif. Namun jangan salah sangka dulu sebab orang introvert memiliki kontribusi yang besar dalam melakukan pekerjaan loh, bahkan bisa menjadi rekan kerja terbaikmu. 

Memiliki rekan kerja yang asik di kantor menjadi keuntungan sendiri bukan, sebab bisa membuat hari-hari kita menjadi lebih semangat bahkan membuat produktivitas kerja meningkat. Lantas apa sih alasan sosok introvert merupakan rekan kerja terbaik di kantor?

1. Sosok pendengar terbaik

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di KantorPexels.com/fauxels

Memiliki rekan kerja yang bisa menjadi pendengar terbaik memiliki keuntungan sendiri, lho. Saat bekerja kita rentan mudah stres, nah untuk mengurangi beban tersebut kita bisa saling bertukar bercerita pada orang lain supaya beban menjadi berkurang

Rekan kerja introvert ini biasanya sosok pendengar terbaik dan ahli untuk memberikan saran atau masukan yang membangun. Jadi, penting untuk menemukan rekan kerja yang seperti ini ya guys. 

2. Orang introvert adalah pribadi yang mandiri

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di Kantorunsplash.com/ Vinicius Wiesehofer

Terkadang orang introvert memiliki pribadi yang individualis. Namun hal itu bisa menjadi kelebihan lho, sebab ia bisa menjadi sosok yang mandiri saat bekerja. Dia akan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal tanpa harus bergantung dengan orang lain. Selain itu dirinya bisa bebas mengeksplor berbagai hal dan memiliki fokus yang tinggi terhadap pekerjaannya.

3. Perencana yang baik

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di Kantorunsplash.com/Cathryn Lavery

Karena sifatnya yang tenang dan tidak banyak bicara inilah membuat para introvert bisa lebih fokus, dan menjadi orang yang selalu merencanakan atau well prepared. Ia akan berusaha membuat semua hal bisa terencana dengan baik, misalnya saat akan presentasi di depan banyak orang ia akan benar-benar mempersiapkan dari awal supaya bisa berjalan dengan lancar. Selain itu ia tidak lupa untuk membuat daftar atau list jadwal kegiatan.  

Baca Juga: 5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiri

4. Memiliki analisis yang akurat

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di Kantorpexels.com/Anthony Shkraba

Karena orang introvert cenderung diam dan tenang dalam melakukan pekerjaan, maka nggak heran kalau dia menjadi sosok yang lebih fokus terhadap pekerjaan. Berbeda dari pribadi ektrovert yang banya bicara, orang introvert cenderung lebih fokus terhadap topik atau bahasan yang dibicarakan.

Selain itu rekan kerja berkepribadian introvert cenderung senang berpikir detail dan mendalam. Gak heran kalau ia menjadi sosok yang memiliki analisis yang kuat dan akurat. 

5. Orang yang bisa diandalkan

5 Alasan Sosok Introvert Merupakan Rekan Kerja Terbaik di Kantorunsplash.com/Evangeline Shaw

Ada anggapan bahwa orang introvert itu pribadi yang sulit untuk berbaur dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ketika orang introvert bertemu dengan lingkaran teman yang memiliki frekuensi yang sama dengan dirinya, ia akan menajadi sosok yang loyal, pekerja keras, dan bisa diandalkan dalam pekerjaan. Selain itu ia akan berusaha dan berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. 

Itulah lima alasan orang introvert merupakan rekan kerja terbaik di kantor. Terlepas dari itu semua, penting kiranya kita harus memiliki teman baik saat bekerja. Sebab hal itu bisa membuat har-hari kita menjadi lebih semangat dan dapat meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bagi Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya