Comscore Tracker

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat Kerja

Coba lakukan cara ini #IDNTimesLife

Membangun citra positif di tempat kerja itu sangat penting. Sebab citra diri yang positif bisa memengaruhi perkembangan karier kita di masa depan. Maka gak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. 

Namun gak jarang kita malah menemukan orang yang kerjaannya cuma pencitraan saja, artinya apa yang ia tampilkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada alias hanya kepalsuan. Nah berikut lima cara membangun citra positif di tempat kerja, tanpa harus pencitraan ini itu. 

1. Punya attitude yang baik

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat Kerjaorang bekerja di kantor (pexels.com.@ RODNAE Productions)

Cara pertama membangun citra positif di tempat kerja yaitu, dengan memiliki attitude yang baik. Sebagus apa pun jabatanmu, setinggi apa pendidikan yang kamu tempuh, kalau selama ini attitude-mu buruk sama saja zonk. Di mana pun tempatnya di rumah, di lingkungan, di tempat kerja sikap itu nomor satu. 

Ingat juga kerpibadian kita selama bekerja bisa menjadi bahan penilaian dari atasan lho. Maka kalau ingin punya citra yang positif, kamu juga harus punya kepribadian yang baik. 

2. Tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat Kerjalaki-laki bekerja (pexels.com/@Tima Miroshnichenko)

Cara selanjutnya yaitu selalu bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Kalau diberi tugas dari atasan segera dikerjakan, jangan ditunda-tunda apalagi meremehkan pekerjaan tersebut. Selesaikan tepat waktu, dengan demikian pekerjaan yang dihasilkan bisa maksimal. 

Kalau kamu selalu bertanggung jawab terhadap apa pun pekerjaan yang diberi, tentu atasan maupun rekan kerja akan mengakui kualitas yang kamu miliki. Dengan demikian kamu pun dikenal sebagai sosok yang memiliki citra baik di tempat kerja. 

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Perbuatan Ini Bisa Merusak Citra Positif pada Dirimu

3. Punya motivasi untuk belajar hal baru

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat Kerjawanita sedang duduk (pexels.com/@Ivan Samkov)

Selain dua poin di atas cara selanjutnya membangun citra positif di tempat kerja yaitu, dengan mempunyai motivasi tinggi untuk terus belajar. Tidak semua orang punya motivasi untuk terus berkembang. Kebanyakan dari kita suka takut keluar dari zona nyaman dan malas untuk belajar hal baru. 

Nah untuk membangun citra baik di tempat kerja, jangan malas untuk belajar hal baru. Rajinlah ikut pelatihan, belajar bahasa asing, mengasah skill, dan kegiatan positif yang lain. Dengan demikian kualitasmu di tempat kerja jadi semakin meningkat. 

4. Manfaatkan media sosial

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat Kerjakerja dari rumah (pexels.com/@SCREEN POST)

Membangun citra diri yang positif gak hanya melalui sikap yang kita tunjukkan langsung di tempat kerja. Namun kamu bisa membangun personal branding yang baik melalui media sosial. Medsos jangan digunakan hanya untuk tempat curhat, upload story galau, atau malah menyebarkan berita hoax. Tapi gunakan media sosial jadi kesempatan untuk membangun citramu. 

Kamu bisa membagikan informasi yang baik, post sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, post mengenai tips-tips pekerjaan, tunjukkan prestasimu, dsb. Dengan demikian ini bisa menambah informasi bagi pengikut atau followers-mu. 

5. Mampu bekerja sama dengan baik

Bukan Pencitraan, 5 Cara Bangun Image Positif di Tempat KerjaWanita karier (pexels.com/@Alexander Suhorucov)

Poin terakhir yaitu, dengan mampu bekerja sama dengan baik. Di dunia kerja kita dituntut untuk mampu bekerja sama dengan siapa saja. Maka jangan biasakan diri untuk bersikap individualis, karena satu sama lain akan selalu berhubungan.

Berusahalah untuk jadi sosok yang mampu bekerja dengan siapa pun dan selalu bisa diandalkan. Nah kalau kita mampu bekerja sama, tentu orang lain akan nyaman untuk bekerja dengan kita. 

Membangun personal branding itu penting tidak hanya untuk di dunia kerja saja. Jadi, bangun citra positifmu mulai sekarang ya. 

Baca Juga: 5 Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial, Jangan Buat Drama!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya