Comscore Tracker

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!

Siapa yang suka hilang fokus, nih?

Hayo, siapa yang suka menjadikan puasa untuk ajang malas-malasan, nih? Entah malas untuk bekerja, malas melakukan pekerjaan rumah, dan kegiatan apa pun?

Ngomongin pekerjaan saat berpuasa, nampaknya tidak ada bedanya seperti hari biasa. Kita akan selalu dihadapkan pekerjaan yang menumpuk hingga harus lembur.

Tapi hal yang membuat pekerjaan terasa berat yaitu apabila kita sulit untuk menjaga konsentrasi. Pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan dari pagi sampai sore, terpaksa deh bawa pulang ke rumah. Namun tenang saja, berikut lima cara menjaga konsentrasi kerja ketika sedang menjalankan ibadah puasa. 

1. Menyusun rencana kegiatan 

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!ilustrasi rencana kegiatan (pexels.com/cottonbro)

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga konsentrasi kerja ketika berpuasa adalah, dengan membuat dan menyusun rencana kerja. Setiap malam sebelum tidur buatlah rencana kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan besok hari di kantor.

Mulai dari jam berapa harus berangkat ke kantor, kapan jadwal meeting, harus mengetahui mana pekerjaan yang diselesaikan dahulu dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Tentu dalam melakukan pekerjaan, harus sesuai dengan skala prioritas supaya konsentrasi kerja tetap terjaga. 

2. Jangan lupa atur jam tidur 

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!ilustrasi waktu (pexels.com/Towfiqu Barbhuiya)

Poin selanjutnya yaitu, dengan mengatur jam tidur. Kesibukan kerja tidak jarang membuat jam tidur jadi berantakan, alhasil ketika pagi hari merasa malas untuk melakukan aktivitas. Maka usahakan untuk tidur lebih awal, karena waktu tidurmu akan berkurang mengingat harus bangun untuk makan sahur. 

Selain itu, kebiasaan tidur setelah makan sahur atau sholat subuh bisa membuat tubuh jadi mudah mengantuk. Maka ada baiknya sebelum berangkat kerja, selingi dengan olahraga ringan, ya. 

Baca Juga: Suka Hilang Fokus? 5 Tips Menjaga Konsentrasi Bekerja saat Berpuasa

3. Luangkan waktu untuk istirahat di sela-sela bekerja

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!ilustrasi istirahat (pexels.com/Keira Burton)

Supaya tetap fokus dan konsentrasi dalam bekerja, jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat di sela-sela pekerjaan. Jika merasa capek, bawaannya ngantuk terus, pikiran gak bisa konsentrasi, rehatlah sejenak. 

Kamu bisa melakukan peregangan, menghirup udara di luar ruangan, ngobrol dengan teman yang lain, atau jika sudah waktunya jam istirahat bisa menyempatkan untuk tidur sebentar. Intinya jika capek jangan paksakan diri untuk terus bekerja, karena mengistirahatkan badan bukan suatu kerugian, kok. 

4. Menemukan cara untuk mendapatkan energimu kembali 

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!Ilustrasi tidak fokus bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Tips selanjutnya ketika konsentrasi bekerja mulai menurun, yaitu dengan menemukan cara untuk mendapatkan energimu kembali. Ada beragam cara untuk mengembalikan konsentrasi. Temukan energimu dengan menyemprotkan pengharum ruangan mungkin, nonton video lucu-lucu sebentar di YouTube, dan lainnya. 

Dengan menemukan cara untuk memperoleh energimu kembali, ini bisa memperbaiki mood dan meningkatkan konsentrasimu saat bekerja. 

5. Menjaga asupan makanan dan minuman saat berpuasa 

5 Cara Jaga Konsentrasi Kerja saat Berpuasa, Jangan Malas-malasan!ilustrasi buka bersama (pexels.com/@Thirdman)

Meski tengah berpuasa, kamu harus tetap menjaga asupan makanan dan minuman. Usahakan konsumsi makanan dan minuman yang sehat karena ini sangat berpengaruh ketika kita menjalankan aktivitas. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah-buahan, serta minumlah banyak air putih. 

Jika pola makan kita terjaga, untuk menjalani hari-hari jadi lebih bertenaga dan anti mager. Dengan demikian bekerja pun tidak akan terganggu dan puasamu jadi lebih semangat. 

 

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga konsentrasi bekerja, meski sedang berpuasa. So, buat kamu jangan jadikan puasa untuk ajang malas-malasan ya. Semangat!

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Selama Puasa? Pilih 10 Minuman Segar Buka Puasa Ini!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya