Comscore Tracker

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!

Kerja jadi makin nyaman #IDNTimesMen 

Ketika terjun dalam dunia kerja atau karier, sebagai pekerja atau karyawan pasti ingin mendapat citra positif di tempat kerja. Ada berbagai cara yang dilakukan setiap orang untuk membangun citra baik tersebut.

Mulai dari berusaha menjadi karyawan panutan, memaksimalkan pekerjaan yang ada, hingga melakukan pencitraan diri, di mana menciptakan image palsu yang gak sesuai dengan kenyataan yang ada. Tenang bro, tanpa harus banyak pencitraan kamu bisa lakukan lima cara ini untuk membangun citra positif di tempat kerja yang bisa kamu coba. 

1. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!Ilustrasi pria berdiskusi (unsplash.com/NeONBRAND)

Cara pertama membangun citra positif di tempat kerja yaitu, dengan menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Jadilah apa adanya kamu, tanpa harus memalsukan diri demi disukai oleh orang lain. Caranya bagaimana sih? Yaitu dengan menunjukkan bagaimana kapasitasmu, dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan secara maksimal, dan bangga menjadi diri sendiri tanpa harus melakukan pencitraan ini itu. 

Percaya deh kalau kamu selalu berusaha terbaik di tempat kerja, atasan dan rekan kerja bakal mengakui kualitas yang kamu miliki. So, tingkatkan kualitas dirimu. 

2. Selesaikan pekerjaan dengan maksimal

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!Ilustrasi bekerja (Unsplash)

Cara selanjutnya yaitu, selalu menyelesaikan pekerjaan secara maksimal. Kita capek-capek kerja memang apa sih yang dihasilkan? Salah satunya ingin menghasilkan pekerjaan yang terbaik dan maksimal.

Dengan selalu mengerjakan tugas tepat waktu, apa yang sudah menjadi tanggung jawab selalu dilakukan dengan semangat, pasti mereka akan menjadikanmu sosok panutan. Dengan begini kualitas yang kamu miliki bisa diakui oleh orang lain dan perlahan citra positif itu terbangun. 

3. Bisa menghargai atasan dan rekan kerja yang lain

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!orang bekerja di kantor (pexels.com.@ RODNAE Productions)

Cara selanjutnya yaitu, dengan bisa menghargai atasan dan rekan kerja yang lain. Di tempat kerja, janganlah bersikap sombong di mana menganggap dirimu paling hebat lalu meremehkan orang-orang di sekitarnya. Hormati atasan dan rekan kerja, patuhi segala kebijakan, dan hargai segala pendapat meski ada yang berbeda. 

Percaya deh, dengan menjadi sosok yang bisa menghormati orang lain, mereka juga akan menghormatimu. Bisa dikatakan kalau ingin dihargai, hargailah orang lain lebih dulu. 

Baca Juga: 5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia Kerja

4. Memiliki attitude yang baik

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!ilustrasi pria di depan laptop (pexels.com/Buro Millennial)

Di mana pun tempatnya, mau itu di kantor, rumah sampai lingkungan tempat tinggal, attitude atau sikap itu nomor satu. Percuma sekolah tinggi-tinggi, berhasil menduduki jabatan terpandang di perusahaan, kalau kamu gak punya good attitude bakal sia-sia saja. 

Jagalah sikapmu di mana pun tempatnya, karena attitude itu sangat berperan dalam hidupmu. Ingat sikap juga menjadi penilaian atau bahan evaluasi oleh atasan. Maka kalau ingin punya citra baik, pastikan kamu punya attitude yang baik pula. 

5. Selalu berpikir optimis dan mau belajar hal baru

5 Cara Membangun Citra Positif di Tempat Kerja, Bukan Pencitraan!rekan kerja (pexels.com/@Mikael Blomkvist)

Poin terakhir cara membangun citra positif di tempat kerja yaitu, dengan selalu berpikir optimis dan mau belajar hal baru. Gak semua orang punya pemikiran yang demikian. Maka, jika ingin kariermu berkembang dan mendapat citra positif, bangun sikap untuk selalu optimis dan terus mengasah kemampuan diri. 

Jangan ragu mencoba hal baru, jangan takut dengan yang namanya kegagalan, sebab kalau kamu terlalu nyaman di tempatmu sekarang, karier juga bakal stuck. Tanamkan sikap tersebut!. 

Membangun citra positif di tempat kerja itu penting, karena bisa memengaruhi bagaimana orang lain akan menilaimu. Jadi, bangun citra baik tersebut mulai sekarang tanpa harus banyak pencitraan. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Jadi Pria yang Malas Bekerja, Perhatikan Bro!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya