Comscore Tracker

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaan

Nikmatilah setiap pekerjaan yang kamu lakukan

Kita semua pasti ingin pekerjaan yang ditekuni tidak membuat tertekan atau stres. Merasa happy setiap kali mengerjakannya, selalu semangat ketika mengawali kerja di pagi hari, dan bisa menikmati pekerjaan itu sendiri.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa menikmati pekerjaan yang ia geluti. Banyak orang menjalankannya secara terpaksa, sering mengalami stres karena beban kerja yang terlalu berat, dan hanya fokus pada uang saja. Nah supaya hal tersebut tidak terjadi padamu, berikut 5 cara mudah menikmati pekerjaan yang bisa kamu lakukan. 

1. Menetapkan tujuan kerja yang realistis

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaanunsplash.com/@Magnet.me

Cara pertama supaya bisa menikmati pekerjaan yang dilakukan yaitu dengan menetapkan tujuan kerja yang realistis. Kamu bisa menetapkan tujuan atau target kerja yang ingin kamu capai misalnya bisa naik jabatan, dapat proyek terbaru, berhasil menyelesaikan deadline kerja secara tepat waktu, dsb. Punya target besar itu tidak masalah kok yang penting tetap realistis ya. 

2. Melakukan pekerjaan dengan cara kamu sendiri

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaanpexels.com/@Vlada Karpovich

Supaya bisa menikmati pekerjaan yang ditekuni, kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan cara kamu sendiri. Nah maksudnya kamu bisa bebas menyelesaikan pekerjaan sesuai versi terbaikmu. tetapi hasil dari pekerjaan tersebut sesuai dengan permintaan atasan dan ketentuan yang sudah diberikan. Tapi ingat ya meski kamu bebas menyelesaikan pekerjaan, tapi jangan pernah menghalalkan segala cara untuk melakukannya. 

Baca Juga: 5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukan

3. Mencari sumber motivasi

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaanunsplash.com/Nathan Anderson

Penting kiranya dalam bekerja kamu harus memiliki motivasi. Biasanya nih ketika kita memiliki sumber motivasi kita bakal bisa menikmati pekerjaan tersebut. Nah sumber motivasi tersebut bisa datang dari mana saja kok, dari orang tua, pasangan, atau dari target-target yang ingin kamu capai. Maka mulai sekarang carilah sumber motivasi tersebut, dengan begitu kamu bisa lebih enjoy dalam bekerja. 

4. Berpikir positif

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaanunsplash.com/@ Paige Cody

Cara selanjutnya supaya bisa menikmati pekerjaan yaitu dengan berpikir positif. Penting kiranya saat di tempat kerja membiasakan diri dengan berpikir positif. Nah kenapa sih kita harus membiasakannya? Karena dengan berpikir positif bisa membuat kinerja kita jadi lebih menyenangkan, bisa berpikir jernih dalam mengambil keputusan, dan tentunya membuat kita lebih menikmati pekerjaan. 

5. Tidak hanya fokus pada materi atau uang saja

Jangan Hanya Fokus Pada Uang, Ini 5 Cara Mudah Menikmati Pekerjaanpexels.com/@Karolina Grabowska

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan tidak memfokuskan diri pada uang atau materi saja. Memang sih kita bekerja untuk mendapat uang, tapi nih ketika kita bekerja hanya fokus pada materi atau harta itu sama saja kita tidak bisa menikmati pekerjaan tersebut.

Sebab kalau fokus kita hanya tertuju pada bagaimana cara mendapat uang yang banyak, bagaimana cara memperoleh materi yang besar, dan pemikiran yang lainnya, itu sama saja kamu tidak mendapat manfaat lain dari pekerjaan tersebut. Hingga jika hal itu tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan kamu jadi stres dan tertekan sendiri. 

Semoga kamu jadi orang beruntung yang bisa merasakan nikmat dan kenyamanan saat bekerja. Sebab tidak semua orang merasa nyaman dengan pekerjaannya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Motivasi Bekerja Mudah Menurun, Waspadalah!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya