Comscore Tracker

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerja

Hadapi dengan cara ini, ya!

Ketika terjun di dunia kerja kita akan dihadapkan oleh berbagai macam sifat dan sikap manusia. Ada yang enak diajak ngobrol, bisa saling support, namun ada juga nih yang sulit menerima masukan dari orang lain. Menghadapi tipe orang yang sulit menerima perbedaan inilah, kita harus bisa bersikap bijak. 

Sebab, perbedaan pendapat di tempat kerja bisa mengakibatkan adanya kesalahpahaman dan miss komunikasi. Namun tenang saja, ini lima cara menyelesaikan perbedaan pendapat dengan rekan kerja. 

1. Jangan langsung men-judge, pahami dulu pendapatnya 

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerjarekan kerja (pexels.com/@Mikael Blomkvist)

Cara pertama menyelesaikan perbedaan pendapat dengan rekan kerja yaitu, jangan langsung men-judge dengarkan dulu pendapatnya apa. Sebab yang dikira itu pendapat tepat, belum tentu tepat menurut orang lain. Maka bersikaplah terbuka dengan tidak menghakimi apa pun opini dari orang lain, selagi itu hal yang baik. 

Selain itu, pahami dari berbagai sudut pandang alasan dia kenapa berpendapat seperti itu dan pikirkan bagaimana dampak baik buruk untuk ke depannya. So, jangan langsung menghakimi ya. 

2. Jangan merasa benar atau egois

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerjaorang bekerja di kantor (pexels.com.@ RODNAE Productions)

Cara selanjutnya yaitu, jangan paling merasa benar atau egois. Saat kita bersuara atau mengeluarkan pendapat, kadang merasa opini kita itu yang paling benar dibanding punya orang lain. Sehingga kita jadi sulit menerima masukan dari mereka yang memiliki pendapat berbeda. 

Maka janganlah bersikap egois atau merasa paling benar sendiri. Perbedaan pendapat itu hal yang wajar kok apalagi di tempat kerja, maka solusinya dibicarakan bersama bukan malah egois sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerja

3. Mencari solusi atau jalan tengah yang terbaik

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerjarekan kerja (pexels.com/@cottonbro)

Di dunia kerja, perbedaan pendapat dan pandangan terhadap suatu hal adalah hal yang wajar. Maka untuk menyelesaikannya kita harus bersikap profesional. Carilah jalan keluar terbaik serta pertimbangkan dari segala sudut pandang. 

Kalian bisa melibatkan orang-orang yang bersangkutan dalam mengambil keputusan. Selain itu, kita harus bersikap objektif, di mana keputusan itu adalah keputusan bersama dan tidak memihak salah satu pihak. 

4. Tanyakan alasan kenapa ia memilih pendapat tersebut

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Seseorang memiliki pendapat yang berbeda itu pasti ada alasannya. Begitu juga saat terjadi perbedaan dengan rekan kerja. Coba jangan langsung menghakimi atau menganggap opininya tersebut gak berarti. Tanyakan alasan kenapa ia memiliki pendapat itu dan berikan dia kesempatan untuk menjelaskan maksudnya apa.  

Dengan demikian, kita bisa menilai pendapatnya tersebut tepat atau tidak untuk memecahkan masalah tersebut. Tapi ingat, kita harus sopan dalam mengajukan pertanyaan tersebut. 

5. Hormati keputusan akhir yang diambil

5 Cara Menyelesaikan Perbedaan Pendapat dengan Rekan Kerjatiga wanita berdiskusi (pexels.com/@gustavo fring)

Setiap hal yang didiskusikan pasti punya keputusan akhir. Nah meski pendapatmu dengan rekan kerja berbeda, kamu punya pendapat tentang ini, sedangkan mereka beda lagi, tetap hargai keputusan yang diambil bersama. 

Karena keputusan akhir adalah keputusan terbaik dan pasti sudah dipertimbangkan secara matang. Maka kamu harus bisa menerimanya, meskipun pendapat yang kita utarakan bukan jadi pilihan. 

 

Perbedaan pendapat atau pandangan dengan rekan kerja hal yang wajar, yang penting cari solusi bersama. Semoga tips di atas bisa membantu. 

Baca Juga: 5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya