Comscore Tracker

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakan

Kamu pasti pernah merasakan!

Lulus kuliah kalian mau ngapain, kerja, lanjut studi S2, atau menikah? Well, setiap orang punya goal atau planing-nya masing-masing, ya.

Buat kamu yang setelah lulus kuliah ingin bekerja, tentu ini jadi gerbang baru buat kamu. Mengingat dunia kerja itu lebih kompleks dan sangat berbeda dari perkuliahan.

Selain itu, masa-masa setelah lulus dan cari pekerjaan juga punya tantangan yang besar. Gak jarang, berbagai penolakan kita dapatkan saat melamar pekerjaan. Nah buat kamu yang job seeker, berikut lima hal yang pasti pernah kamu rasakan.

1. Kebal dengan adanya penolakan 

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakanseorang wanita di depan layar laptop (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Hal pertama yang pasti kamu rasakan saat menjadi jobseeker yaitu, harus siap dengan adanya penolakan dan ketidakpastian dari perusahaan. Momen mencari kerja merupakan salah satu tahapan yang berat.

Ya bagaimana tidak, kita melamar banyak pekerjaan, namun belum tentu bisa lolos. Hingga kita harus mengalami banyak penolakan sebelum menemukan pekerjaan yang tepat.

Selain itu, potensi adanya PHP atau ketidakpastian dari perusahaan akan selalu ada. Awalnya diiming-imingi dengan berbagai benefit yang besar, dengan pekerjaan yang wah, dengan gaji sekian, tapi ketika sudah bekerja ternyata di luar ekspetasi yang ada. Maka kita sebagai jobseeker harus kebal dengan adanya penolakan dan ketidakpastian tersebut.

2. Mengalami quarter life crisis 

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakanwanita sedang menangis (pexels.com/@cottonbro)

Masa-masa cari kerja jadi salah satu masa yang penuh dengan perjuangan. Di masa ini kita dihadapkan oleh quarter life crisis. Situasi di mana kita mengalami ketakutan dan krisis percaya diri terhadap masa depan.

Takut gak bisa sukses, takut gak bisa bahagiakan orangtua, takut gak dapat pekerjaan, dan ketakutan yang lain. Apalagi melihat teman kuliah yang sudah mendapat pekerjaan, sukses dengan usaha yang ia bangun, dan berbagai pencapaian yang lain. Tentu ini membuat rasa insecure-mu semakin menjadi-jadi.

But it's oke, gak usah membandingkan hidup dengan orang lain, karena kita sendiri gak tahu usaha masing-masing orang. Tugasmu sekarang tinggal berusaha dan jangan menyerah oleh keadaan, percaya deh nanti kamu pasti mendapat pekerjaan yang layak.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Disiapkan Job Seeker saat Melamar Kerja, Catat!

3. Apply banyak pekerjaan 

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakanseorang wanita (pexels.com/@Karolina Grabowska)

Poin ketiga yang pasti dialami oleh job seeker yaitu, apply banyak pekerjaan. Gak hanya satu atau dua para job seeker pasti apply puluhan hingga ratusan pekerjaan, berharap peluang diterima dan lolosnya besar.

Berkali-kali cari info lowongan kerja, mulai dari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah hingga pekerjaan yang berbeda dengan latar belakang pendidikanmu. Nah, supaya peluang diterima kerja besar, gak ada salahnya untuk perbaiki CV dulu dan perbanyak skill kalian. 

4. Bosan dalam keseharian karena belum punya pekerjaan 

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakanseorang wanita (pexels.com/@george milton?

Masa-masa cari kerja bisa dikatakan status kalian masih menganggur, dan namanya pengangguran itu tidak enak. Kita gak punya kegiatan rutin, kadang diomongin tetangga, orangtua menuntut terus, dsb.

Karena rutinitas yang itu itu saja serta adanya tekanan dari lingkungan tentu membuat kita jadi bosan dan frustasi sendiri. Maka untuk mengatasi hal tersebut, yuk gunakan waktu luangmu untuk belajar dan meningkatkan skill  mulai dari belajar design, belajar bahasa asing, menulis, dsb.

5. Antusias mendapat panggilan, namun belum mendapat hasil sesuai harapan 

5 Hal yang Dirasakan oleh Job Seeker, Sudah Kebal dengan Penolakanwanita karier (pexels.com/@Mikhail Nilov)

Poin terakhir hal yang pasti dirasakan oleh job seeker yaitu, antusias ketika mendapat panggilan namun belum mendapat hasil sesuai harapan. Kita banyak melamar pekerjaan berharap bisa lolos tahap demi tahap. Nah, ketika mendapat panggilan untuk interview tentu ini jadi kabar yang sangat menggembirakan. 

Maka segala sesuatu kamu persiapkan dengan matang. Meliputi jawaban saat wawancara, siap untuk datang ke berbagai kota, bela-belain datang satu tempat ke tempat lain, dan usaha yang lain. 

 

Gimana job seeker, lima hal di atas pasti pernah kamu alami bukan? Jangan sedih, memang cari kerja itu penuh dengan perjuangan. So, semoga usahamu selama ini segera terbayarkan dengan segera dapat pekerjaan yang baik, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya