Comscore Tracker

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantor

Ternyata kebahagiaan itu tidak melulu soal materi, lho 

Fakta memang kita bekerja untuk mendapat dan mencari uang. Memiliki gaji dan tunjangan yang besar menjadi sebuah keinginan semua pekerja. Karena dengan memiliki gaji, kita bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin besar ini. 

Mendapat gaji yang tinggi merupakan salah satu pemicu seorang karyawan untuk terus meningkatkan kualitas pekerjaan mereka. Namun ternyata sumber kebahagiaan tersebut tidak melulu dari gaji besar yang didapat lho, berikut 5 hal yang ternyata bisa membuat karyawan jauh lebih bahagia di tempat kerjanya.

1. Memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di dalamnya 

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantorpexels.com/fauxels

Selain gaji hal yang bisa membuat karyawan merasa lebih bahagia di tempat kerja yaitu, memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di dalamnya. Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja ternyata bisa meningkatkan kualitas pekerjaan dan sebagai sumber semangat lho.

Sebaliknya jika tidak memiliki hubungan yang baik, kita menjadi tidak bisa menikmati pekerjaan tersebut, hingga dapat menimbulkan konflik kepentingan yang dapat merugikan diri sendiri.

2. Keberadaan kita bisa dihargai dan diakui 

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantorpexels.com/Marcus Aurelius

Tidak dimungkiri setiap manusia selalu ingin dihargai dan diakui oleh orang-orang di sekitarnya. Termasuk karyawan pasti ingin dihargai setiap pekerjaan yang telah diselesaikannya secara baik.

Itulah salah satu bentuk menghargai di tempat kerja. Selain itu pengakuan sederhana dari atasan atau rekan kerja setelah berhasil menyelesaikan proyek misalnya, bisa membuat karyawan menjadi bahagia dan termotivasi untuk melakukan hal lebih di kemudian hari.

3. Memiliki fasilitas kantor yang lengkap

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantorunsplash.com/Austin Distel

Fasilitas kantor adalah salah satu hal yang sangat menunjang seseorang untuk melakukan pekerjaan secara produktif. Fasilitas kantor yang lengkap dapat membuat karyawan lebih betah dan bisa membuat orang-orang di dalamnya menjadi lebih bergairah dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Nah fasilitas tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing di tempat kerja. 

Baca Juga: Punya Zodiak Aries? Ini 5 Pekerjaan Terbaikmu, Salah Satunya Tentara!

4. Memiliki rasa aman 

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantorpexels.com/fauxels

Rasa aman disini bisa dilihat pada faktor gaji yang diperoleh sudah lebih dari cukup, tunjangan, dan asuransi kesehatan atau jiwa yang diberikan perusahaan atau kantor terhadap karyawan di masa mendatang. Hal itu akan membuat karyawan merasa lebih aman dan bahagia karena hak-haknya sebagai pekerja sudah terpenuhi dengan baik. 

5. Mendapat waktu libur tambahan

Tidak Melulu Gaji, 5 Hal Ini Membuat Karyawan Lebih Bahagia di Kantorpexels.com/Andrea Piacquadio

Bekerja menghadap layar komputer selama kurang lebih 8 jam setiap hari, pastinya akan membuat karyawan mudah merasa jenuh, bosan, hingga stres. Pekerjaan yang setiap hari menumpuk, deadline yang semakin singkat, ternyata bisa membuat mereka tertekan.

Maka dari itu memberi waktu libur tambahan dapat membuat karyawan bisa lebih bahagia, selain mendapat gaji bulanan. Selain itu mengagendakan liburan bersama dengan orang kantor menjadi alternatif untuk menghilangkan stres sekaligus untuk mengeratkan hubungan antara rekan kerja dan atasan. 

Itulah 5 hal yang ternyata bisa membuat karyawan lebih bahagia. Ternyata bahagia tidak melulu soal gaji atau materi namun dari hal sederhana tersebut ternyata dapat mendatangkan kebahagiaan, benar gak? 

Baca Juga: 6 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Konon Lebih Jarang Sakit, Mau?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya