Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerja

Jangan sampai kamu abai terhadap kesehatan sendiri! 

Tidak bisa dimungkiri bekerja dari pagi hingga petang, lembur sampai malam, dan menghadap layar komputer seharian bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi cepat lelah. Bekerja keras sih boleh-boleh saja, memiliki target pekerjaan yang harus diselesaikan itu bagus, namun jangan saking kerasnya bekerja kamu jadi lupa pada kesehatan sendiri.

Supaya bisa lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan, yuk kenali 5 tanda kamu sedang kelelahan dalam bekerja berikut ini.

1. Kamu merasakan tubuhmu lelah luar biasa setelah pulang kerja 

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerjapexels.com/Valeria Ushakova

Tanda pertama bahwa kamu butuh istirahat dari pekerjaan yaitu tubuhmu terasa lelah luar biasa saat pulang kerja. Harusnya setelah sampai rumah kamu masih mempunyai sisa tenaga untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan, namun yang kamu rasakan setiap hari tubuh sudah sangat lelah bahkan sudah malas untuk melakukan aktivitas lain.

Bekerja keras sih sah-sah saja, tapi jika kamu menguras seluruh energi tentunya akan membuat kesehatanmu menurun. Maka dari itu istirahatlah yang cukup ya.

2. Mudah sekali jatuh sakit 

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerjapexels.com/Andrea Piacquadio

Akibat kelelahan dalam bekerja akhirnya kamu jadi gampang terserang penyakit. Kamu jadi mudah flu, demam, kepala pusing, batuk, dan penyakit lainnya. Maka jika merasa tidak enak badan segera kamu obati ya, makan yang sehat, minum banyak air putih, dan jangan lupa isitirahat dari pekerjaan sementara waktu. Ingat kesehatan adalah yang paling utama.

3. Sulit untuk konsentrasi 

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerjapexels.com/@cottonbro

Karena kondisi badanmu yang tidak sehat pada akhirnya membuatmu tidak fokus pada pekerjaan dan otakmu sulit sekali untuk berpikir jernih. Saat di kantor misalnya kamu jadi tidak nyambung saat diajak ngobrol, pekerjaan menjadi lama untuk diselesaikan, dan kadang menjadi pelupa. So, jika tubuhmu sudah kelelahan ambillah jeda sejenak dalam bekerja. 

Baca Juga: "Kerja Lembur Bagai Kuda" Terasa Nyata Buat 5 Profesi Ini 

4. Produktivitas menurun 

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerjapexels.com/Marcus Aurelius

Tanda selanjutnya kalau tubuhmu sudah lelah dalam bekerja dan butuh untuk istirahat yaitu menurunya produktivitasmu dalam bekerja. Kamu jadi mudah sensitif, sering hilang fokus, dan mood gampang sekali berubah. Nah jika sudah seperti itu jangan pernah memaksa tubuhmu untuk bekerja lagi, karena kondisi badan yang tidak sehat dapat membuat pekerjaan menjadi berantakan. 

5. Saat tidur pun tidak bisa nyeyak 

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kelelahan karena Terlalu Keras Bekerjapexels.com/pixabay

Karena saking kerasnya bekerja pada akhirnya kamu jadi sulit untuk tidur nyenyak. Kamu sering mengalami insomnia, gelisah saat tidur, dan pola tidurmu menjadi berantakan. Maka dari itu atur kembali pola tidurmu, jangan tidur larut malam, dan usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari supaya tubuhmu bisa kembali segar dan fit. 

Itulah lima tanda tubuhmu sedang kelelahan dalam bekerja. So, bekerja keras itu bagus tapi jangan lupakan kesehatan tubuhmu ya! 

Baca Juga: 5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan Hidupmu

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya