Comscore Tracker

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Ini

kira-kira rekan kerja yang seperti apa ya?

Memiliki rekan kerja yang baik, enak diajak untuk bekerjasama, dan kompak menjadi hal yang paling menyenangkan. Namun, di tengah kerasnya dunia kerja, tidak mudah lho mencari teman yang bisa saling support dan mendukung satu sama lain. Bakal ada saja orang yang terlihat baik, namun diam-diam ia ingin mengalahkanmu dalam berkarier. Apalagi dengan cara yang licik dan curang.

Maka dari itu penting kiranya mengetahui mana rekan kerja yang perlu kamu waspadai dan rekan kerja yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbagi. Berikut 5 tipe rekan kerja yang perlu kamu waspadai di kantor 

1. Si pembawa pengaruh yang buruk

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Inipexels.com/fauxels

Di dunia kerja kamu akan memiliki lingkup pergaulan yang beragam mulai dari si rajin bekerja hingga si pembawa pengaruh yang buruk. Si pembawa pengaruh yang buruk ini, biasanya dia suka membicarakan keburukan orang lain, gosip, hingga mengajakmu untuk malas-malasan dalam bekerja. Jika kamu tergoda masuk pergaulan tersebut, yang ada kariermu bisa terbengkalai. 

2. Diam-diam menusuk dari belakang

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja IniUnsplash.com/min thian

Tipe rekan kerja selanjutnya yang harus kamu waspadai yaitu dia yang di depanmu terlihat sangat baik dan ramah, namun ternyata diam-diam ingin menjatuhkanmu. Dia sengaja menyebarkan berita negatif tentangmu kepada rekan kerja yang lain, suka memfitnah, hingga sering membuat gosip untuk membuat citramu menjadi buruk.

Hal tersebut dilakukan karena tidak suka melihatmu lebih sukses daripada dia. Aduh, kalau urusan dengan tipe orang yang seperti ini segera hindari saja. 

Baca Juga: 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik

3. Tukang drama

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Inipexels.com/bongkarn thanyakij

Biasanya si tukang drama ini suka haus akan perhatian orang lain. Dia mencoba menarik perhatian atasan dengan drama-drama tidak perlu yang dibuatnya. Tipe yang satu ini memang bikin panas hati.

Daripada suasana kerjamu lebih memburuk, segera hindari ketika dia melancarkan aksi dramanya. Jika perlu kamu bisa menegur dan memutus alur drama yang mencoba dia buat, agar ia sadar apa yang  dilakukan itu hanyalah buang-buang waktu. 

4. Biang gosip

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Iniunsplash.com/Annie Spratt

Di tempat kerja yang namanya gosip pasti ada saja. Namun, jika kita suka gosip dengan tidak mengetahui situasi dan kondisi tentunya akan membuat performamu dalam bekerja akan menurun. Apalagi ada si biang gosip yang suka membicarakan kejelekan orang lain tanpa tahu fakta dan kebenarannya.

Itu hanya akan membuatmu terjebak dalam toxic people di lingkungan kerjamu. Maka dari itu cobalah untuk tidak masuk dalam percakapannya dan coba katakan bahwa kamu tidak tertarik dengan gosip yang ia buat. 

5. Suka mem-bully

Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Inipexels.com/Retha Ferguson

Ternyata di dunia kerja masih ditemukan tipe orang yang suka mem-bully lho. Dia suka menggertak, mengancam, dan membuatmu resah selama bekerja di kantor. Untuk mengalahkannya kita harus membutuhkan mental yang kuat. So, jika yang dilakukan sudah kelewat batas kamu bisa melaporkannya ke atasan demi kebaikannmu.

Ternyata anggapan dunia kerja itu keras, bukan hanya menjadi slogan semata. Buktinya masih banyak kita menemukan tipe orang-orang di atas. Well, pilihlah lingkungan kerja yang sehat yang mampu membuatmu berkembang di dalamnya. 

Baca Juga: Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya