Comscore Tracker

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerja

Hindari yuk, agar kamu kembali semangat 

Pernah gak kamu mudah kehilangan motivasi sehingga sering melakukan suatu hal yang berakibat kesia-siaan? Padahal setiap hari kamu memiliki to do list yang sudah kamu susun sedemikian rupa. Alih-alih mengerjakan to do list, kamu malah asyik-asyikan scroll media sosial, tiduran, hingga nonton film di tengah padatnya pekerjaanmu.

Akibatnya kamu menjadi kehilangan motivasi dan malas untuk ngapa-ngapain. Alhasil pekerjaanmu menjadi terbengkalai. Berikut 5 indikasi penyebab kamu mudah kehilangan motivasi saat bekerja

1. Kamu tidak bijak dalam membagi waktu 

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat BekerjaUnsplash.com/Luke Chessar

Penyebab pertama yaitu kamu tidak bijak dalam me-manage waktu. Waktu yang kamu punya selama 24 jam per-hari tidak benar-benar kamu manfaatkan dengan baik, sehingga kamu akan selalu merasa kekurangan waktu.

Untuk mengatasi hal tersebut cobalah kamu memberikan apresiasi diri setiap kali berhasil melakukan pekerjaan. Sehingga  kamu akan terus termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya secara tepat waktu .

2. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan 

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat BekerjaPexels.com/Andrea Piacquadio

Penyebab berikutnya yaitu kamu mempunyai kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan. Kalimat andalan yang sering kamu ucapkan yaitu "ah, nanti dulu aja" .

Tahukah kamu sering menunda pekerjaan hanya akan membut pekerjaan terus menumpuk. Selain itu akan membuat diri kita malas dan kehilangan motivasi untuk melakukan hal yang berguna lainnya. 

3. Sering membandingkan diri kita dengan rekan kerja yang lain 

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerjapixabay/rawpixel

Kebiasaan membandingkan kebahagiaan atau kesuksesan dengan rekan kerja akan membuat dirimu semakin terpuruk dan merasa kamu adalah orang yang tidak seberuntung dia.

Parahnya jika hal tersebut kamu biarkan akan membuatmu hilang fokus dan motivasi dalam hidup. Padahal kamu diciptakan dengan kelebihan yang bisa membuatmu semakin berkembang. 

Baca Juga: 6 Tips Memompa Motivasi agar Tetap Semangat Olahraga Meski di Rumah

4. Takut untuk menghadapi kegagalan 

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerjapixabay/StockSnap

Semua orang yang sukses pasti melewati yang namanya fase hidup gagal, yang membedakan adalah bagaimana setiap orang menghadapi kegagalan tersebut dalam hidupnya. ada yang terus berjuang dan ada pula yang menyerah karena kegagalan memang menyakitkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut tata kembali niatmu dalam bekerja, yakinkan diri  jangan takut terus berjuang. 

5. Terlalu fokus terhadap kesalahan 

5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerjapexels.com/Andrea Piacquadio

Penyebab terakhir kenapa kita dengan mudah kehilangan motivasi dalam bekerja, karena kita terlalu fokus terhadap kesalahan. Mungkin kesalahan kecil bisa kamu atasi dengan mudah, namun jika melakukan kesalahan besar membuat kita menjadi kepikiran dan menyalahkan diri sendiri.

Namun, bagaimana kita bisa maju dan berkembang jika kita hanya melihat sesuatu dari sisi buruk dan kesalahannya saja. Ingat ya manusia tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan, maka dari itu jangan biarkan waktumu habis dibuatnya. 

Itulah lima penyebab kenapa kita mudah kehilangan motivasi saat bekerja. Yuk berbenah mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Hikmah Gak Punya Pacar di Usia Produktif yang Jarang Disadari

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya