Comscore Tracker

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Jangan sampai membuatmu menyesal, ya!

Setelah lulus kuliah mau ngapain? Lanjut untuk kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, mencari kerja, atau menikah? Setiap orang memiliki pilihan jalannya masing-masing bukan. Nah, salah satu impian para fresh graduate setelah lulus kuliah tentunya mendapatkan pekerjaan impian. Pekerjaan yang sudah direncanakan sejak bertahun-tahun yang lalu atau bagian dari cita-cita masa kecilnya.

Dalam berkarier tentunya akan jauh lebih menantang dan permasalahan di dalamnya jauh lebih kompleks dibandingkan di dunia perkuliahan. Supaya nggak gagal untuk memulai karier, hindari 5 kesalahan berikut yang sering dilakukan oleh fresh graduate.

1. Tidak memiliki perencanaan karier 

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh GraduatePexels.com/Chinmay Singh

Kesalahan pertama yang sering terjadi pada fresh graduate yaitu tidak memiliki perencanaan karier. Setelah lulus mau ke mana, akan kerja apa, kalau tidak mendapat pekerjaan utama memiliki planing pekerjaan lain atau tidak? Pertanyaan tersebut sering kali muncul di pikiran, namun sayangnya pertanyaan tersebut hanya sebatas dalam pikiran saja.

Sedikit yang mampu untuk bergerak maju dan mempersiapkan karier tersebut secara matang. Padahal kalau kamu memiliki rencana karier, kamu bisa lebih fokus untuk mewujudkannya. 

2. Malas untuk berusaha 

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh GraduatePexels.com/Andrea Piacquadio

Mustahil rasanya cita-cita ingin sukses berkarier, mendapat gaji besar, jadi orang kaya, akan terwujud jika tidak pernah dibarengi dengan usaha dan doa. Masalahnya kita sering terjebak oleh rasa malas. Tidak mau meng-eksplore hal-hal baru yang sebenarnya bisa membantu kita dalam berkarier. Akibatnya lamaran kerjamu sering tertolak karena tidak memiliki pengalaman kerja atau magang sedikit pun. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerja

3. Punya moto "asal dapat kerja" 

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh Graduatepixabay/Free-Photos

Di tengah persaingan kerja yang semakin ketat dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan, kebanyakan fresh graduate menerima pekerjaan pertama mereka tanpa pilih-pilih. Asal mendapat pekerjaan tanpa mempertimbangkan latar belakang pendidikan, jurusan kuliah, dan minat. Moto "asal dapat kerja" ini menjadi pegangan, alhasil di tengah masa kerja merasa menyesal karena bekerja tidak sesuai dengan keahliannya.

4. CV kerja yang terlalu standar

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh GraduateUnsplash.com/Scott Graham

Hal penting sebelum memasuki dunia karier yaitu mempersiapkan CV lamaran kerja. Tidak sedikit HRD menolak lamaran kerja karena CV sang pelamar dibiarkan polos dan pas-pasan. Hingga pada akhirnya CV tersebut tidak menarik sehingga kamu sulit utuk dipanggil wawancara.

Maka dari itu agar CV terlihat menarik jangan lupa tuliskan pengalaman kerja, magang, prestasi, kemampuan, dan pendukung yang lainnya. 

5. Berekspektasi terlalu tinggi

Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh GraduatePexels.com/Andrea Piacquadio

Kesalahan fresh graduate selanjutnya yaitu terlalu berekspetasi tinggi terhadap pekerjaan. Siapa sih yang tidak menginginkan gaji besar dan posisi jabatan yang mentereng di kantor? Setiap pekerja pasti menginginkan hal tersebut termasuk para fresh graduate. Padahal untuk mencapai itu semua tidaklah instan, perlu step by step yang harus dilewati. Maka dari itu ketika melamar pekerjaan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Bagaimana, sekarang kamu sudah mengetahuinya bukan? Maka mulai sekarang rencanakan kariermu dengan matang agar mendapat pekerjaan impianmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Masih Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya