Comscore Tracker

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantor

Ternyata banyak untungnya lho

Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat membawa pengaruh yang besar dalam pekerjaan manusia. Salah satu pengaruhnya yaitu memungkinkan perusahaan mempekerjakan karyawannya kapan dan di mana saja. Sehingga bekerja tidak melulu dilakukan di kantor, namun juga bisa dilakukan dari jarak jauh.

Bekerja di luar kantor ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat menciptakan suasana baru yang membuat produktivitasmu lebih meningkat. Nah, kali ini IDN Times telah merangkum lima keuntungan yang didapat bekerja dari jarak jauh, yuk baca artikelnya di bawah ini

1. Mendatangkan mood atau suasana baru yang lebih positif

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantorlaki-laki bekerja (pexels.com/@Tima Miroshnichenko)

Bekerja di balik meja kantor terkadang membuat diri kita jadi cepat lelah dan bosan. Apalagi bekerja sesuai jam kantor dari pagi sampai sore, lembur setiap malam, tentunya membuat tubuh cepat letih hingga waktumu jadi berantakan.

Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan cara bekerja di lingkungan yang berbeda dari biasanya. Seperti bekerja dari jarak jauh atau remote. Hal tersebut akan mendatangkan mood yang lebih positif, sehingga tingkat produktivitas kerja meningkat.

2. Merangsang ide-ide baru  

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantorseorang perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Bekerja terus menerus dari pagi hingga sore, deadline kerja yang menumpuk, hingga tekanan dari bos bisa berdampak pada stres atau tekanan. Kondisi tersebut akan menghambatmu dalam memunculkan ide-ide kreatif yang dibutuhkan saat bekerja.

Berbeda jika bekerja di luar dengan suasana baru, bertemu orang banyak, tentu bisa merangsang untuk memunculkan ide kreatif. Jadi, jangan ragu untuk kerja secara remote ya. 

Baca Juga: 5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektif

3. Memiliki waktu yang lebih fleksibel

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantorwanita fokus kerja (pexels.com/@ Taryn Elliott)

Berbeda dari mereka yang bekerja di kantor dengan jadwal padat dan terjebak rutinitas menjenuhkan. Kamu akan punya waktu lebih fleksibel jika bekerja secara jarak jauh atau di luar kantor.

Dirimu bisa bekerja dari rumah, taman, coffee shop, dan di tempat mana saja. Eitsss... dengan begitu bukan berarti kita bisa bekerja seenaknya saja ya, kita harus bisa membagi waktu dan bekerja sesuai jadwal yang ditentukan oleh perusahaan dan client.

4. Memperluas relasi

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantorteam work (pexels.com/@jopwell)

bekerja di luar kantor memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang baru yang memiliki kompetensi dan kemampuan berbeda satu sama lain. Semakin banyak relasi dan koneksi yang kita jalin, semakin luas kesempatan untuk menjalin kerja sama antara satu dengan yang lainnya.

Dengan hal itu tentunya akan mendatangkan banyak keuntungan dalam pekerjaan. Kamu bisa sharing dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda, punya banyak kesempatan untuk menggali kemampuan, dan lainnya. 

5. Menghemat waktu, biaya, dan tenaga

5 Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh, Gak Perlu Ngantorkerja dari rumah (pexels.com/@SCREEN POST)

Keuntungan terakhir kerja jarak jauh yaitu, hemat dalam waktu, biaya, dan tenaga. Kamu gak perlu capek-capek berangkat ke kantor setiap pagi sebab kamu bisa bekerja dari mana saja termasuk di rumah sendiri. 

Selain itu kamu gak perlu keluar ongkos perjalanan dari rumah ke tempat kerja sebab kamu bisa bekerja secara jarak jauh. Sehingga membuatmu jadi lebih hemat dalam pengeluaran. Ongkos perjalanan pun bisa kamu tabung atau untuk kebutuhan lain. 

Bagaimana menurutmu lebih enak kerja di kantor atau kerja secara jarak jauh? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya