Comscore Tracker

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasi

Apa kamu merasakannya?

Apresiasi merupakan hal yang penting saat bekerja. Mendapat apresiasi bisa membuat seseorang lebih semangat dan termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya. Bentuk apresiasi tersebut bisa berupa pujian, kompensasi, hingga promosi jabatan.

Namun bagaimana jadinya kalau tempatmu bekerja kurang memberikan apresiasi terhadap para karyawannya? Tentunya itu bisa berimbas pada tingkat produktivas kita bekerja bukan? Nah jika kamu sudah merasakan tanda-tanda di bawah ini artinya kerja kerasmu di tempat kerja kurang mendapat apresiasi.

1. Tak kunjung mendapat promosi jabatan

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasipexesl.com/@Ketut Subiyanto

Jika kamu sudah bekerja keras selama bertahun-tahun, berhasil menyelesaikan proyek penting, dan selalu melakukan hal yang terbaik pada pekerjaan, namun tak kunjung mendapat promosi itu bisa menjadi tanda bahwa kamu kurang mendapat apresiasi di tempatmu bekerja.

Maka nggak heran kalau pekerjaanmu sekarang jadi monoton, stuck, dan tidak mengalami perkembangan. So, jika kamu merasakan hal tersebut pikirkan lagi apakah kamu masih mau bertahan di pekerjaanmu yang sekarang. 

2. Atasan dan rekan kerja jarang mengakui kinerjamu

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasipexels.com/fauxels

Bertahan di lingkungan kerja yang seperti ini sangat menguji keteguhan hati. Bagaimana tidak kerja keras dan kinerjamu selama ini sulit sekali diakui oleh atasan dan rekan kerja. Bahkan sekadar mendapat pujian saja rasanya tidak pernah. Di mata mereka kontribusimu hanya sebagian kecil untuk kemajuan perusahaan. Padahal, jika mereka sadar kamu sudah berusaha maksimal dan bekerja keras di setiap pekerjaan yang diberikan. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Sakit tapi Memaksakan untuk Bekerja Jangan Diapresiasi

3. Kamu tidak diberi kesempatan untuk berbicara

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasipexesl.com/@fauxels

Tanda selanjutnya yaitu dirimu tidak pernah diberi kesempatan untuk berbicara dan mengutarakan pendapat. Setiap kali berbicara misalnya, selalu saja dipotong dan mereka seperti tidak butuh masukan dan saran darimu. Padahal dalam dunia kerja komunikasi dan kerja sama tim itu sangatlah penting supaya terhindar dari yang namanya mis komunikasi. 

4. Skill atau kemampuanmu tidak pernah dihargai

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasiunsplash.com/ahmad gunnaivi

Di tempat kerja kamu adalah orang yang mempunyai skill dan kemampuan lebih dibandingkan rekan kerjamu yang lain. Namun sayangnya keahlian dan keberhasilanmu dalam menyelesaikan proyek jarang sekali diakui oleh tempatmu bekerja.

Mereka hanya bisa memanfaatkan kelebihan dan skill yang kamu miliki, tapi tidak pernah memberikan apresiasi barang sedikit pun. Hal itu tentunya sangat menyakitkan sebab kontribusi dan kerja kerasmu selama ini jadi sia-sia. 

5. Tidak diberi kesempatan untuk berkontribusi di tempat kerja

5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasipexels.com/Retha Ferguson

Dalam bekerja pasti ada event atau proyek yang melibatkan kontribusi para karyawannya. Namun jika selama bekerja kamu tidak diberi kesempatan untuk bergabung secara langsung dan nggak diberi waktu untuk menunjukkan kemampuanmu tanpa ada alasan yang jelas, itu bisa jadi tanda bahwa tempatmu bekerja kurang memberi apresiasi terhadap karyawannya. Maka dari itu pikirkan ulang apakah memilih stay di lingkungan kerjamu sekarang atau mencari pekerjaan lain saja.

Jika kamu merasakannya, ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Bicaralah dengan atasanmu atas apa yang kamu rasakan dan cek perbedaannya. Jika kamu merasa gak ada bedanya, saatnya kamu mencari tempat lain yang lebih mengapresiasimu.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Mengapresiasi Orang yang Bekerja dengan Kamu

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya