Comscore Tracker

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Ini

#IDNTimesLife Yuk, kembalilan semangatmu

Dalam bekerja naik turun mood adalah hal yang biasa. Hari ini sangat bahagia melakukan pekerjaan besok bisa jadi hilang semangat. Nah, kamu sendiri pasti pernah kan kehilangan semangat dalam bekerja? Entah disebabkan karena menumpuknya beban tugas yang diberikan, deadline yang mepet, lingkungan kerja yang nggak kondusif, dan lainnya. Nah, biar semangatmu kembali dan pekerjaanmu jadi produktif coba lakukan 5 hal simpel ini. 

1. Ingat lagi apa tujuan dan target yang ingin kamu capai

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Iniunsplash.com/Bench Accounting

Saat semangatmu dalam bekerja hilang, ingat-ingat lagi apa sih tujuan dan target yang ingin kamu capai di masa depan. Apakah kamu ingin kenaikan pangkat, gajimu bisa naik, atau ingin beli rumah sendiri?

Well, setiap orang punya target dan impiannya masing-masing bukan? Maka saat kamu malas dalam bekerja dan merasa stres dengan rutinitas ingat lagi target yang sudah kamu tulis. Maka lekas semangatlah, sebab ada harapan yang harus segera diwujudkan. 

2. Cari hiburan di situs internet

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Iniunsplash.com/@Emma Dau

Tips selanjutnya untuk mengembalikan mood dalam bekerja yaitu dengan mencari hiburan sebentar di situs internet. Saat stres terhadap pekerjaan, sumpek dengan rutinitas yang padat, nggak ada salahnya untuk me-refresh pikiran dengan mencari hiburan di internet. Kamu bisa membuka video lucu-lucu di YouTube, cari video motivasi, atau hal lainnya.

Tapi ingat jangan sampai keterusan hingga lupa dan mengabaikan pekerjaan yang ada. Sekiranya semangat dan mood-mu membaik segeralah untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

3. Melakukan self care

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Iniunsplash.com/@Toa Heftiba

Gak kalah penting untuk mengembalikan semangatmu yang hilang yaitu dengan melakukan self care. Kamu bisa menyempatkan waktu di sela kesibukan dengan merawat diri.

Coba untuk olahraga setelah bangun tidur, minum air putih yang banyak, meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, pergi ke salon kecantikan, dan aktivitas yang lain untuk membuat tubuhmu terawat. Percaya deh, kalau fisik dan pikiran kita fresh untuk melakukan pekerjaan ke depannya jauh lebih menyenangkan. 

Baca Juga: Tertarik Kerja di Radio? 5 Lowongan Kerja Terbaru Ini Bisa Kamu Lamar!

4. Selingi waktu untuk melakukan hobi supaya mood membaik

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Inipexels.com/@Vlada Karpovich

Ngaku aja karena kesibukan pekerjaan, untuk sekadar menekuni hobi saja rasanya sudah gak sempat lagi. Oleh karena itu, mumpung ada waktu longgar kembalikan semangat kerja yang hilang dengan menekuni hobi, entah dengan membaca buku, memasak makanan favorit, olahraga, bermain game, atau hal lainnya. Menekuni hobi jadi cara ampuh untuk meningkatkan mood dan mengembalikan semangat yang hilang. 

5. Beri penghargaan pada diri sendiri

Sedang Hilang Semangat untuk Bekerja? Coba Lakukan 5 Hal Simpel Iniunsplash.com/Peter Conlan

Terakhir nih tips untuk mengembalikan semangat kerja yang hilang yaitu dengan selalu memberi penghargaan pada diri sendiri. Misalnya nih ketika berhasil menyelesaikan proyek penting di kantor, kamu bisa merayakan pencapaian dengan memberikan reward pada diri sendiri.

Reward ini gak melulu harus mewah lho, kamu bisa nonton film di bioskop, beli baju baru, atau manfaatkan waktu untuk sekedar me time. Karena siapa lagi yang bisa membuat kamu bahagia kalau bukan diri kamu? So, jangan pelit untuk memberi penghargaan diri sendiri setelah berhasil melakukan sesuatu, ya! 

Itulah guys 5 tips simpel mengembalikan semangat yang hilang dalam bekerja. Semoga tips di atas bisa membantumu ya dan berharap hari-harimu di tempat kerja jadi lebih menyenangkan. 

Baca Juga: Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman, Mood Kerja Nambah!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya