Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerja

#IDNTimesLife Siapa nih yang ingin jadi sosok panutan?

Menjadi karyawan teladan sekaligus panutan di tempat kerja adalah impian semua orang. Memangnya siapa sih yang gak senang kalau kinerja kita selama ini diapresiasi dengan menjadi sosok panutan dan diakui oleh orang lain.

Untuk mewujudkan itu semua gak terlalu sulit kok, nah ini lima tips menjadi karyawan panutan di tempat kerja yang bisa kamu coba. Apa saja ya kira-kira?

1. Mampu menguasai dan serba bisa dalam melakukan pekerjaan

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerjailustrasi wanita bahagia (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Tips pertama menjadi karyawan panutan di tempat kerja yaitu, dengan menjadi sosok yang mampu menguasai dan serba bisa dalam melakukan pekerjaan. Sedikit lho orang yang ahli dalam suatu bidang.

Nah, makanya jadilah karyawan yang ahli dalam bidang yang kamu geluti, paham mengenai teknis pekerjaan, dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Kalau mampu menguasai setiap pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab, atasan dan rekan kerja akan mengakui kapasitasmu. 

2. Memiliki attitude dan pribadi yang baik

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Screen post)

Tips selanjutnya yaitu, menjadi karyawan yang memiliki attitude dan pribadi yang baik. Buat apa punya jabatan terpandang, gaji tinggi, materi melimpah kalau attitude atau kepribadianmu buruk?

Bagaimanapun, kepribadian itu nomor satu percuma saja jabatanmu di tempat kerja terpandang kalau kamu sosok yang gak bisa diajak kerja sama, gak mampu menerima kritik, dan tidak tanggung jawab terhadap pekerjaan. Jadi mulai sekarang jagalah attitude-mu ya. 

3. Terbuka terhadap kritik dan saran

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerjailustrasi tekun bekerja (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Selain kedua poin di atas, tips selanjutnya yaitu, jadilah sosok yang mampu terbuka terhadap kritik dan saran. Dalam bekerja adalah hal biasa jika terjadi perbedaan pendapat dan sudut pandang satu sama lain.

Selain itu atasan mengkritik pekerjaan juga sangatlah wajar. Alih-alih tersinggung, berusahalah untuk menjadi karyawan yang mampu menerima kritik dan saran. Ambillah sisi positifnya sebab kita pun gak bisa memaksa semua orang untuk memiliki pendapat yang sama.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

4. Mampu bersosialisasi dengan baik di kantor

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Poin selanjutnya yaitu, mampu bersosialisasi di tempat kerja. Kamu mampu bekerja dengan cakap, bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, tapi kalau dalam bekerja suka mementingkan diri sendiri, individualis, dan gak bisa bersosialisasi itu bakal sulit untuk ke depannya.

Ingat ketika terjun dalam dunia kerja kita gak bisa bekerja sendiri, tetap membutuhkan bantuan orang lain. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan bersosialisasi dengan baik. 

5. Memiliki motivasi untuk terus belajar hal baru

Lakukan 5 Hal Ini supaya Menjadi Karyawan Panutan di Tempat Kerjailustrasi wanita bekerja (pexels.com/@Anna Shvets)

Tips terakhir untuk menjadi karyawan panutan di tempat kerja yaitu, selalu memiliki motivasi tinggi dan haus untuk belajar hal baru. Kebanyakan dari kita, ketika sudah mampu mencapai sesuatu, akan langsung berpuas diri sehingga jadi enggan untuk belajar hal baru.

Padahal untuk menjadi karyawan panutan, dibutuhkan sikap untuk tidak sungkan mempelajari hal baru, terus mengasah skill, dan memperdalam kemampuan diri. Karena hal itu menandakan kamu adalah karyawan yang memiliki semangat tinggi dalam melakukan pekerjaan. 

Itulah lima tips menjadi karyawan panutan di tempat kerja yang bisa kamu coba. Tidak sulit kan, asal kamu mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan serta diimbangi dengan skill dan attitude yang baik.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Nunjukin Kemampuan Depan HRD Pas Wawancara Kerja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

Berita Terkini Lainnya