Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Yuk terapin supaya kehidupan di tempat kerja jadi nyaman

Siapa sih yang gak ingin hidup bahagia di tempat kerja? Dikelilingi oleh rekan kerja yang saling suportif, dapat atasan baik, merasa bahagia melakukan tugas yang diberikan atasan, dan gak merasa tertekan. Sepertinya semua orang ingin merasakan bahagia di tempat kerja, namun seringkali kita malah menemukan tempat kerja yang beracun.

Nah, supaya gak terjebak dalam lingkungan kerja yang tidak sehat, berikut lima tips sederhana bahagia di tempat kerja yang bisa kamu coba.  

1. Melakukan pekerjaan dengan enjoy

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat Kerjailustrasi wanita bekerja (pexels.com/@Anna Shvets)

Tips pertama bahagia di tempat kerja yaitu, melakukan pekerjaan dengan enjoy. Ya meski dalam menyelesaikannya ada rasa bosan dan jenuh, tapi jika kamu melakukannya dengan enjoy pasti akan merasa bahagia. 

Misalnya nih kalau ada pekerjaan yang diberikan atasan dibawa santai saja. Jangan terlalu memberi tekanan yang berlebihan, karena bisa membuat kita rentan tambah stres. Tapi ingat meskipun melakukan pekerjaan dengan santai, kamu harus menyelesaikannya dengan serius dan tepat waktu, bukan hanya asal-asalan saja. 

2. Berteman dengan rekan kerja yang bisa membawa positive vibes

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat Kerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Lingkungan tempat tinggal sangat memengaruhi bagaimana kualitas diri kita untuk berkembang, termasuk lingkungan di mana kita bekerja. Nah supaya bisa bahagia di lingkungan kerja carilah teman yang bisa membawa positive vibes dalam hidupmu. Berkawan dengan mereka yang bisa mendukung satu sama lain, dapat diajak diskusi tentang apa saja, dan tentunya teman yang gak toxic. Jadi, bagaimana apakah kamu sudah menemukan teman seperti itu?

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

3. Menata ruang kerja

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat Kerjailustrasi meja kerja (pexels.com/@pixabay)

Terlihat sepele menata atau mendesain ulang ruang kerja ternyata bisa membuat kit lebih betah dalam bekerja, lho. Coba deh kalau ruang kerjamu berantakan, berkas tercecer di mana-mana, banyak barang yang gak terpakai berserakan, membuat kita jadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan bukan? Bandingkan kalau ruanganmu tertata rapi dan bersih, kerja pun jadi nyaman. Jadi, kalau merasa bosan dalam bekerja, coba atur atau dekor ulang lagi ruanganmu ya. 

4. Jauhi orang-orang yang bisa membawa efek buruk terhadap hidupmu

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat Kerjailustrasi wanita bahagia (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Penting sekali di tempat kerja kita harus pintar dalam memilih pertemanan. Carilah rekan yang bisa membuatmu nyaman untuk saling berbagi satu sama lain. Hindari rekan kerja yang bisa membawa pengaruh buruk terhadap hidupmu, seperti bermuka dua, hobi bergosip, di depan baik tapi di belakang malah menjatuhkanmu, dst. Sebab dengan siapa kita berteman bisa memengaruhi kualitas diri kita seperti apa nantinya.  

5. Jangan memaksakan diri

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Lebih Bahagia di Tempat KerjaIlustrasi capek kerja (pexels.com/@monstera)

Tips terakhir supaya bisa hidup bahagia di tempat kerja yaitu, jangan pernah memaksa diri. Ya memang dalam membangun karier kita harus bekerja keras, namun bukan berarti kamu terus bekerja di saat merasa lelah. Ketahui batasanmu, atur waktu dengan sebaik mungkin, jika tubuh dan pikiran lelah jangan lupa untuk istirahat sebentar. Jangan hanya karena pekerjaan, kamu jadi abai terhadap diri sendiri. Selain itu, jika berhasil melakukan sesuatu jangan lupa untuk berterima kasih dan mengapresiasi diri. 

Jika kamu sudah bekerja, sebagian besar waktu akan dihabiskan di kantor. Untuk itulah perlu meminimalisir hal-hal gak penting yang ada di kantor. Jangan lupa diterapin ya, semoga hari-harimu menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Gak Suka Diperintah di Kantor Bagi Kariermu! 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya