Comscore Tracker

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lain

#IDNTimesLife Karena kamu gak tahu lelahnya dia berjuang, hargai, ya!

Siapa, nih, yang suka iri melihat pencapaian orang lain? Dia berhasil mencapai sesuatu, kamu gak suka. Dia berhasil naik jabatan, muncul perasaan iri dengki. Dia mencapai hal yang menurutmu kecil, langsung diremehkan. Hm, kebiasaan ini yang membuat hidup jadi sulit bahagia.

Padahal, kalau kita hidup berdampingan dengan seseorang, harus bisa saling menghargai atas pencapaiannya masing-masing, meski itu adalah hal yang kecil. Nah, berikut lima alasan kenapa kita harus menghargai pencapaian orang lain. 

1. Karena kamu gak tahu bagaimana proses untuk mencapainya

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lainilustrasi perempuan sedang sedih (pexels.com/yan krukov)

Alasan pertama kenapa harus menghargai pencapaian orang lain yaitu, karena kamu gak tahu bagaimana proses untuk mencapainya. Mungkin kamu mengira pencapaian tersebut bukan suatu hal yang besar, namun kamu gak tahu, kan, bagaimana perjuangan dan proses yang ia lakukan untuk mencapai titik tersebut.

Apa yang kamu kira mudah, ternyata gak semudah dibayangkan. Apa yang kamu kira itu hal kecil, bisa saja itu pencapaian yang besar. Maka, kalau kamu gak pernah tahu bagaimana jalan yang ia lalui, hargailah. Karena pada dasarnya gak ada yang mudah ketika mencapai sesuatu.

2. Pencapaian yang menurutmu biasa, bisa jadi itu luar biasa di matanya

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lainilustrasi perempuan berkarir (pexels.com/george harrell)

Alasan selanjutnya yaitu, pencapaian yang ia raih yang menurutmu terkesan biasa-biasa saja dan gak istimewa, bisa jadi itu hal yang luar biasa di matanya. Setiap orang dalam memandang sesuatu itu gak sama. Apa yang kamu kira suatu hal, kecil bisa saja bermakna sangat dalam.

Oleh karena itu, hargailah segala pencapaian yang temanmu raih, gak perlu iri gak perlu memandangnya rendah. Karena, setiap orang punya pencapaiannya masing-masing. Maka, coba berhenti untuk meremehkan orang lain. 

3. Kamu gak tahu apa saja hambatan atau tantangan yang ia hadapi

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lainilustrasi teman perempuan (pexels.com/@Pavel Danilyuk)

Selain dua poin di atas, kenapa, sih, kita harus menghargai pencapaian orang? Karena kamu gak tahu apa saja hambatan atau tantangan yang harus ia hadapi. Mungkin dia harus merasakan kegagalan terlebih dahulu, harus berhadapan dengan hambatan yang gak mudah, dihadapkan dengan tantangan yang besar, dan banyak hal lainnya.

Kamu pasti pernah merasakan, ketika mengejar cita-cita atau target itu harus melewati banyak sekali rintangan, bukan? Maka hargailah pencapaian yang telah temanmu raih.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Telah Bisa Menghargai Pemikiran Orang Lain, Selamat!

4. Sebagai bentuk untuk mengapresiasi, supaya ia lebih semangat dalam berjuang

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lainlaki-laki sedang merenung (pexels.com/@Alexandr Podvalny)

Menghargai pencapaian orang lain adalah bentuk apresiasi, supaya dia lebih semangat untuk mengejar cita-citanya lagi. Tidak semua orang beruntung memiliki teman atau keluarga yang mendukung apa yang ia lakukan.

Maka, jika ada teman sendiri yang berhasil mencapai sesuatu, jangan kamu remehkan. Justru apresiasi pencapaiannya, supaya ia lebih giat dan semangat lagi untuk meraih impiannya yang lain. 

5. Karena belum tentu kamu bisa meraihnya

5 Alasan Kita Harus Menghargai Pencapaian yang Diraih Orang Lainilustrasi perempuan sedang berjalan (pexels.com/@ Keenan Constance)

Mungkin kamu berpikir apa yang ia raih itu sangat mudah, gak ada tantangannya sama sekali, dan menganggap semua orang juga bisa melakukannya. Eits, janganlah berpikir demikian jika kamu belum pernah mencobanya secara langsung.

Belum tentu, nih, kamu bisa mencapai apa yang juga ia capai. Maka jangan sombong dulu dengan tidak menghargainnya dan jangan hobi memandang rendah orang lain, karena bisa saja ia lebih unggul jauh di atasmu.

Gak perlu memandang rendah atas pencapaian orang lain. Karena apa yang kamu kira itu hal sepele, bisa saja menjadi hal yang luar biasa di matanya. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lain

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya