Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat Kerja

Hindari yuk, agar tidak melakukan kesalahan yang sama

Sebelumnya kalian sudah sering dengarkan apa itu generasi millennial atau Y? Benar sekali generasi millennial adalah generasi yang lahir mulai dari tahun 1981-1994. Nah, Generasi millennial saat ini telah mendominasi di dunia kerja, mulai dari yang baru merintis karier hingga ada yang sudah menduduki jabatan tinggi di suatu perusahaan.

Namun ternyata generasi millennial yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, haus akan segala hal baru, dan melek teknologi ini sering melalukan kesalahan di tempatnya bekerja loh. Oleh karena itu buat kamu yang baru memasuki dunia kerja penting mengetahui apa saja kesalahan tersebut, agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan generasi millennial di tempat kerja 

1. Kurang loyal terhadap perusahaan 

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat Kerjaunsplash.com/Austin Distel

Kesalahan pertama yaitu kurang loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Sebenarnya ia melakukan pekerjaan dengan baik. Namun karena generasi ini memiliki sifat keingintahuan yang besar dan menyukai hal-hal baru, maka mereka menjadi kurang royal pada pekerjaan dan jika sudah bosan ia tidak ragu untuk mencari tempat kerja yang baru. Padahal sifat loyal terhadap perusahaan sangat diperlukan agar kita bisa berkembang di dalamnya. 

2. Ingin terlihat perfeksionis

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat Kerjapixabay/kaboompics

Semua pekerja pasti menginginkan hasil pekerjaan yang baik dan terlihat sempurna atau perfeksionis. Namun bekerja yang terlalu sempurna tanpa sadar dapat membuang-buang waktu loh.

Waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak pekerjaan produktif, harus kamu habiskan untuk satu pekerjaan yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk diselesaikan. Padahal, saat bekerja kita diharuskan untuk melakukan pekerjaan seefektif mungkin. 

Baca Juga: 5 Attitude Dasar yang Patut Dimiliki Fresh Graduate di Tempat Kerja

3. Sering meremehkan tugas yang diberikan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat KerjaPexels.com/Karolina Grabowska

Sebenarnya tidak hanya generasi millennial yang memiliki kebiasaan meremehkan tugas, kita sebagai pekerja pasti pernah meremehkan tugas dari atasan.

Menggampangkan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab kita, hingga malas untuk eksplorasi bidang lain di luar tugas utama. Mereka lebih suka mengerjakan mepet deadline, hingga tidak jarang pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan baik. 

4. Kurang respek terhadap rekan kerja atau atasan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat Kerjapexels.com/fauxels

Hal ini bukan menunjukkan sikap gila hormat terhadap atasan atau senior ya guys, namun sebagai etika yang baik di tempat kerja kita harus bisa menghormati atasan atau senior. Generasi millennial memiliki sikap keingintahuan yang besar dan rasa percaya diri tinggi, yang terkadang membuatnya lupa terhadap posisinya yang sebenarnya.

Selain itu ia menganggap dirinya lebih unggul daripada orang lain, sehingga akan menciptakan kesan kurang respek terhadap atasan.  

5. Tidak takut kehilangan pekerjaan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Generasi Millennial di Tempat Kerjapexels.com/Polina Zimmerman

Generasi millennial selain memiliki sikap percaya diri yang tinggi dan haus akan hal baru, namun juga memiliki jiwa-jiwa pemberontak dalam melakukan pekerjaan. Hal itulah yang mengakibatkan dirinya tidak takut kehilangan pekerjaan, karena menganggap waktu masa mudanya masih panjang dan memiliki banyak kesempatan untuk mencoba pekerjaan baru di luar sana.

Padahal, setiap pekerjaan yang kita tekuni saat ini memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu jangan pernah meremehkan pekerjaan tersebut, sebab kita tidak tahu mana pekerjaan yang bisa membuat kita berkembang atau justru sebaliknya. 

Buat kamu yang ingin memasuki dunia kerja, penting kiranya untuk belajar dari kesalahan tersebut. Buat dirimu berkembang dan maju dengan pekerjaan yang sudah kamu tekuni.  

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Mencoreng Reputasi Baikmu di Tempat Kerja, Hindari!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on ig: @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya