Comscore Tracker

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monoton

Awas bisa membuatmu gak berkembang 

Kamu pernah merasa gak kariermu stuck? merasa pekerjaanmu gak bisa berkembang? atau pekerjaanmu terlampau biasa saja sehingga kamu tidak butuh banyak usaha? Jangan sampai terlena karena hal itu bisa membuatmu terjebak dalam zona nyaman pekerjaan lho. 

Nah terjebak zona nyaman pekerjaan ini bisa membuat kreativitasmu berkurang, menghilangkan semangat saat bekerja, dan menjadikanmu malas untuk mengasah kemampuan diri. Daripada bingung yuk simak 5 tanda kamu terjebak oleh pekerjaan yang monoton.

1. Selalu merasa bosan dalam bekerja

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monotonpexels.com/@Vlada Karpovich

Karena rutinitas pekerjaanmu terlampau biasa-biasa saja ini membuatmu cepat bosan. Pekerjaan yang monoton inilah bisa menjadikanmu terjebak di zona nyaman, sehingga membuat semangatmu berkurang dan produktivitasmu menjadi menurun. Memiliki kenyamanan saat bekerja itu harus, tapi jangan sampai terlalu nyaman karena bisa membuatmu sulit untuk berkembang. 

2. Merasa gak butuh kerja keras lagi

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monotonunsplash.com/@DocuSign

Tanda selanjutnya yaitu kamu tidak membutuhkan kerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, bahkan kamu menganggap sebagai rutinitas biasa tanpa adanya tantangan yang berarti. Hal semacam inilah yang bisa membuat gairahmu dalam bekerja menghilang. Ingat kalau ingin kariermu sukses, biarkan dirimu untuk mencoba hal baru dan jangan mau hanya berdiam diri saja. 

3. Terlalu takut menghadapi perubahan

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monotonunsplash.com/@Denys Nevozhai

Perubahan mendadak adalah hal yang paling menakutkan di hidupmu. Karena perubahan tersebut bisa membuatmu menjadi tidak nyaman dan kamu malas untuk memulainya dari awal.

Padahal di dunia kerja kamu harus siap dengan segala perubahan dan tantangan dalam ritme yang begitu cepat. Jika sering menolak perubahan kamu bakal tertinggal dan kalah saing dengan rekan kerjamu yang lain. 

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Perlu Resign dan Mencari Pekerjaan Baru

4. Jadi kehilangan minat dalam bekerja

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monotonunsplash.com/@Brooke Cagle

Karena pekerjaan yang terlampau monoton ini bisa menyebabkanmu jadi hilang minat saat bekerja. Nah hal tersebut jika dibiarkan akan menjadikanmu rugi sendiri, karena membuat kinerjamu menjadi menurun dan tidak ada semangat untuk menyelesaikannya lagi. Maka untuk mengatasinya coba tantang dirimu untuk keluar dari zona nyaman pekerjaan dan jangan takut untuk mencoba hal baru. 

5. Terjebak oleh zona nyaman

Sadari, 5 Tanda Kamu Terjebak Pekerjaan yang Monotonunsplash.com/@Amel Majanovic

Pada akhirnya terlalu nyaman saat bekerja tidak bisa membawamu pergi ke mana-mana. Kamu stuck di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama padahal rekan kerjamu yang lain sudah melalang buana, melakukan petualangan, dan berkunjung ke tempat baru.

Memang sih di awal kamu merasa biasa-biasa saja, tapi lambat laun kamu jadi sadar bahwa kamu telah tertinggal jauh dari rekan kerjamu yang lain. 

Itulah 5 tanda bahwa kamu terjebak oleh pekerjaan yang monoton. Nyaman saat bekerja itu bagus, tapi jangan sampat terjebak dalam zona yang terlalu nyaman karena bisa membuatmu gak berkembang.

Baca Juga: 5 Keuntungan Kalau Kamu Bisa Menikmati Pekerjaan, Bukan Beban!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya