Comscore Tracker

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!

Karyawan baru wajib tahu, tak perlu gugup

Hari pertama kerja adalah momen yang paling mendebarkan. Bagaimana tidak, ini pertama kalinya kamu masuk kantor dan bertemu dengan atasan serta rekan kerjamu yang lain. Oleh karena itu, di hari pertama kerja kamu harus tampil sebaik mungkin untuk memberi kesan baik pada mereka.

Namun tidak jarang, di momen tersebut kita malah gugup dan khawatir sendiri, alhasil kamu jadi melakukan kesalahan yang tidak perlu. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, simak lima tips membuat bos terkesan di hari pertama kerja ini. 

1. Bersikap ramah terhadap atasan dan karyawan yang lain

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!pexels.com/fauxels

Tips pertama yaitu bersikap ramah terhadap atasan dan rekan kerja di kantor. Jangan sungkan untuk menyapa lebih dulu. Jika berpapasan misalnya, jangan menundukkan wajah namun bersikaplah percaya diri sambil melemparkan senyuman. Jangan sampai di hari pertama bekerja, kamu menciptakan kesan angkuh dan sombong. 

2. Jangan datang terlambat

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!pexels.com/August de Richelieu

Tips selanjutnya yaitu jangan sampai kamu datang terlambat. Buktikan bahwa kamu serius bekerja di kantor tersebut dengan datang tepat waktu atau berangkat kantor lebih dulu dari jam masuk seharusnya.

Di malam hari usahakan tidur lebih cepat agar kamu tidak bangun kesiangan. Selain itu jangan lupa sarapan sebelum berangkat ke kantor, ya, agar harimu diliputi rasa semangat. 

Baca Juga: 5 Tips Cermat Beradaptasi di Tempat Kerja Baru, Anti Canggung!

3. Mengajukan pertanyaan yang tepat

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!pexels.com/Marcus Aurelius

Saat pertama bekerja, terkadang karyawan baru bersikap seolah-olah tahu semua hal yang berhubungan dengan pekerjaannya. Namun, alangkah baiknya saat pertama kerja kamu menyiapkan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan tugas dan kewajibanmu di kantor tersebut.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari miskomunikasi dengan atasan. Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, hal itu bisa membuktikkan bahwa kamu adalah sosok yang mau belajar dan memiliki keingintahuan yang tinggi.

4. Mencatat hal-hal penting

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!unsplash.com/Cathryn Lavery

Mencatat hal-hal penting yang disampaikan atasan bisa kamu lakukan, loh. Kamu bisa menyiapkan buku catatan kecil untuk menulis informasi dan hal-hal penting saat atasan menjelesakan terkait tugas pekerjaan.

Tentunya hal ini sangatlah membantu jika kamu tipe orang yang gampang lupa. Jadi, mulai sekarang catat tugas pekerjaanmu, ya! 

5. Tunjukkan sikap antusias dan semangat

5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!pexels.com/Daria Shevtsova

Terakhir, tunjukkan sikap antusias dan semangat saat bekerja. Jangan bersikap malas-malasan apalagi seenaknya sendiri saat bekerja.

Buktikan pada atasan dan rekan kerjamu bahwa kamu adalah karyawan yang memiliki semangat untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Selain itu, bersikaplah antusias dengan selalu siap untuk menyelesaikan pekerjaan dalam kondisi apa pun. 

 

Itulah lima tips bikin bos terkesan di hari pertama bekerja. Nah, buat kamu karyawan baru semoga tips di atas bisa membantumu, ya!

Baca Juga: 5 Tips agar Hidupmu Bebas Gosip di Tempat Kerja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya