Comscore Tracker

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan 

Kerja keras sih sah-sah saja, tapi ketahui batasannya juga!

Kamu tipe orang yang workaholic? Tidak berhenti bekerja sebelum pekerjaan semua terselesaikan secara baik dan maksimal? Hmm, bekerja keras sebenarnya sah-sah saja kok justru itu sebagai bukti kalau kamu memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan tersebut. Tapi lain cerita jika kamu terlalu berlebihan dalam bekerja sampai lupa untuk istirahat, makan, hingga tidak mengingat lagi kapan terakhir untuk sekedar liburan. 

Menjadi workaholic tidak salah kok, tapi ketahui juga batasannya supaya kamu bisa terhindar dari yang namanya stres pekerjaan. Nah berikut 5 tips menghindari stres pekerjaan buat kalian para workaholic. 

1. Buat batasan waktu bekerja

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan pexels.com/Marcus Aurelius

Bekerja keras itu sah-sah saja kok, mau lembur pekerjaan juga bukanlah suatu kesalahan tapi ingat tetap ketahui batasannya dalam bekerja. Kamu itu manusia bukanlah robot yang bisa bekerja 24 jam dan terus-menerus. Ketahui kapan waktunya untuk istirahat, kapan waktunya untuk sekedar berkumpul dan ngobrol bareng keluarga, atau hang-out bersama teman-temanmu. 

Jangan sampai deh terlalu bekerja keras membuat kesehatanmu jadi menurun. Kamu tidak mau kan jika hal tersebut terjadi? So, mulai sekarang seimbangkan waktumu untuk bekerja dan kehidupan pribadi ya. 

2. Jangan lupakan hobi dan passionmu

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan pexels.com/@Andre Furtado

Sesibuk-sibuknya kamu bekerja jangan lupakan hobi dan passion-mu ya. Bukankah akan menjadi hal yang menyenangkan apabila bisa mengerjakan sesuatu jika kita memiliki kemampuan dan passion di dalamnya.

Mungkin kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk menekuni, tapi sisihkan waktu untuk melakukan hobi. Hal ini bisa menjadi alternatif melepas penat dari pekerjaan untuk sementara waktu. 

3. Berusahalan untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan pexesl.com/@Ketut Subiyanto

Sebisa mungkin ketika mendapat pekerjaan selesaikan secara tepat waktu. Jangan menunda-nunda apalagi menyepelekan pekerjaan tersebut. Semakin hobi menunda, semakin pula pekerjaan dan tugasmu menumpuk dan tidak cepat kelar.

Alhasil kamu jadi mudah stres dan tertekan. Percaya deh membiasakan diri menjadi orang yang tepat waktu bisa membuatmu lebih disiplin dalam bekerja. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Selalu Memprioritaskan Pekerjaannya, Alias Workaholic

4. Sempatkan waktumu untuk hangout bareng teman

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan unsplash.com/Courtney Cook

Memang benar sih semakin dewasa intensitas pertemuan kita dengan sahabat jadi semakin berkurang. Dulu awalnya bisa kapan saja kalau diajak hangout, sekarang harus buat janji lebih dulu.

Meski demikian, sesibuknya kamu bekerja tetap sempatkan waktu untuk nongkrong bareng teman ya, untuk keluar makan bareng, jalan-jalan ke mall, atau sekedar ngobrol. Hal itu ternyata bisa menjadi obat ampuh menghilangkan stres pekerjaan untuk sementara waktu. 

5. Istirahat yang cukup

5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan pexels.com/Andrea Piacquadio

Mungkin selama ini kamu memiliki prinsip pantang istirahat sebelum pekerjaan kelar. Tapi ingat sesibuknya kamu dalam bekerja, tubuhmu juga butuh waktu untuk istirahat, butuh waktu untuk charge ulang energimu. Jangan lupa istirahatkan badanmu dengan tidur 7-8 jam sehari, jika kamu tidak bisa tidur saat malam hari sempatkan untuk mencuri waktu tidurmu saat siang hari.

Kamu harus percaya kesehatan merupakan investasi yang sangat penting untuk menunjang masa depan. So, apa kamu mau belum sempat menikmati hasil kerja kerasmu tapi kamu sudah sakit-sakitan lebih dulu?

Itulah guys 5 tips buat kamu para workaholic supaya bisa terhindar dari stres pekerjaan. Bekerja keras sih sah-sah saja, tapi jangan lupa waktu ya.

Baca Juga: Buat Para Workaholic, Ini 5 Tips Bagi Waktu Antara Karier dan Keluarga

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya