Comscore Tracker

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerja

Yuk dimulai dari sekarang

Dalam dunia karier kita gak bisa kalau bekerja sendiri. Antara pekerja satu dengan yang lain harus saling berkolaborasi guna tercipta lingkungan kerja yang solid. Namun ternyata membangun teamwork yang kompak itu susah-susah gampang lho.

Gak cuma satu atau dua orang saja yang terlibat namun orang-orang di dalam tim tersebut harus punya kesadaran tinggi untuk membangun kekompakan tim. Untuk mewujudkan itu semua ini lima tips efektif membanguan teamwork di tempat kerja yang bisa kamu coba.  

1. Harus memiliki tujuan yang jelas

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerjarekan kerja (pexels.com/@cottonbro)

Tips pertama membangun teamwork yang solid yaitu, harus memiliki tujuan apa target yang ingin dicapai. Setiap orang dalam tim harus berkomitmen bersama untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Maka gak bisa kalau cuma satu atau dua orang saja yang bergerak, butuh kerjasama antara satu dengan yang lain. Selain itu menetapkan tujuan atau goals juga bisa membuat kita semakin termotivasi dalam mencapai tujuan. 

2. Menjaga komunikasi

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerjailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Salah satu faktor penting membentuk teamwork yang solid yaitu dengan tetap menjaga komunikasi. Komunikasi itu penting dalam sebuah tim, di mana kalian harus saling terbuka satu sama lain, jujur, dan ketika ada masalah dicari jalan keluarnya sama-sama. Jangan malah saling menyudutkan dan diam-diam menjelekkan satu sama lain Jadi, antara rekan kerja satu dengan yang lain jagalah komunikasi kalian ya, supaya tercipta teamwork yang kompak. 

3. Bisa menerima perbedaan pendapat dengan terbuka

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerjateamwork (pexels.com/@fauxels)

Salah satu hambatan terbesar dalam kerja tim yaitu, menyatukan isi kepala dari orang-orang di dalamnya. Antara satu dengan yang lain pasti punya cara berpikir atau pandangan yang berbeda. Perbedaan pendapat inilah yang sering memicu adanya kesalahpahaman hingga konflik internal dalam tim itu sendiri. Maka ketika ingin tercipta teamwork yang solid, kalian harus bisa menghargai yang namanya perbedaan entah itu dalam pikiran, pengalaman, hingga sudut pandang.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

4. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kinerja tim

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerjateam work (pexels.com/@jopwell)

Tips selanjutnya untuk menciptakan teamwork yang solid yaitu, dengan tidak lupa untuk mengevaluasi kinerja tim. Coba evaluasi apa hal yang masih kurang, bagaimana kinerja masing-masing orang di dalamnya, apakah sudah berhasil strategi kerja yang dilakukan selama ini, dsb. Dengan mengevaluasi kita jadi tahu apa kekurangan yang perlu diperbaiki, dan apa kelebihan yang harus dikembangkan lagi. So, kalian juga harus rutin mengadakan rapat internal supaya bisa mencapai tujuan bersama. 

5. Mampu memecahkan konflik

Agar Makin Solid, 5 Tips Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerjateman bermain (pexel.com/@fauxels)

Dalam dunia kerja kita pasti dihadapkan dengan berbagai macam konflik, masalah, dan problematika yang lain. Kemampuan untuk bisa memecahkan konflik serta memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan ini harus kita punya. Sebab kalau kalian tidak bisa memecahkan konflik, jangan harap keberhasilan bisa kalian dapat. Maka biasakan diri untuk berpikir solutif sehingga saat terjadi masalah, kita bisa sigap untuk mengatasi dan mencari jalan keluar terbaiknya. 

Membangun teamwork itu penting supaya bisa memudahkan kita untuk mencapai target kerja. Jadi bangun kerja tim yang kompak mulai sekarang ya!

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya