Comscore Tracker

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung Hilang

Supaya produktivitasmu semakin meningkat 

Saat bekerja kita pasti pernah mengalami fase naik turun dalam semangat dan mood. Ada hari di mana kamu begitu semangat dalam menjalani aktivitas pekerjaan, namun ada waktu juga semangatmu jadi kendor dan menurun. Akibatnya kamu jadi kehilangan produktivitas saat bekerja. 

Menjaga semangat dan mood saat melakukan pekerjaan memang susah-susah gampang apalagi menjaga produktivitas yang suka naik turun. Nah daripada bingung berikut 5 cara genjot produktivitasmu saat bekerja dijamin rasa malas langsung hilang.

1. Hilangkan gangguan atau distraksi yang membuat fokusmu terpecah

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung HilangPexels.com/freestock.org

Ingin produktivitas meningkat? Nah, saat bekerja hilangkan hal-hal yang bersifat gangguan atau distraksi yang memungkinkan fokusmu menjadi terpecah belah.

Seperti mematikan data ponselmu lebih dulu, putus sementara jaringan internet, hingga jauhi teman yang bersifat malas. Hal itu dilakukan supaya kamu bisa bekerja secara fokus dan menjaga konsentrasimu supaya pekerjaan bisa cepat selesai. 

2. Buatlah jadwal dan rencana kegiatan 

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung HilangPexels.com/cottonbro

Jika saat ini kamu tidak pernah membuat jadwal atau rencana, yuk mulai sekarang atur waktumu kembali dengan membuat jadwal pekerjaan. Hal itu dilakukan supaya kamu memiliki gambaran pekerjan yang jelas ke depannya. 

Nah, kamu bisa membuat jadwal pekerjaan secara harian atau mingguan, agar kamu bisa mengetahui pekerjaan apa yang memiliki deadline paling urgent. Jadi mulai sekarang buat jadwalmu secara rinci ya. Bisa catat di buku, notes di smartphone, hingga google calendar.

3. Delegasikan tugas yang kurang penting

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung Hilangpexels.com/Elevate Digital

Dalam dunia kerja kita tidak bisa bekerja secara sendiri, kita tetap membutuhkan bantuan orang lain. Jika kamu seorang atasan, tidak ada salahnya kok mendelegasikan pekerjaan yang sekiranya tidak terlalu mendesak kepada bawahanmu, supaya pekerjaan tersebut cepat selesai.

Jangan lupa beritahu sekalian deadline-nya, agar bisa diselesaikan secara tepat waktu. Eits... jangan salah paham dulu mendelegasikan tugas bukan berarti kamu seorang yang bossy tapi juga sebagai bentuk memberi kepercayaan terhadap bawahan.  

Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Buat Kamu yang Lagi Cari Kerja

4. Jangan melupakan waktu untuk istirahat

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung Hilangunsplash.com/mikail duran

Ingat ya sesibuk apa pun kamu bekerja, jangan pernah melupakan waktumu untuk sekadar istirahat. Saat bekerja di kantor jika kamu sudah merasakan lelah ambillah jeda sejenak dengan membuat kopi misalnya, atau menikmati udara di luar sebentar.

Hal yang harus kamu ingat, produktivitas tidak diukur dengan banyaknya jam kerja, namun seberapa pekerjaan yang bisa kamu hasilkan tanpa mengorbankan waktu untuk me time dan kesehatanmu. Maka dari itu, jangan lupa untuk istirahat supaya badan dan pikiranmu bisa kembali segar sehingga kamu siap untuk melanjutkan pekerjaanmu.   

5. Olahraga secara teratur

5 Tips Genjot Produktivitas saat Bekerja, Rasa Malas Langsung Hilangpexels.com/Tirachard Kumtan

Bekerja di kantor selama 7-8 jam sehari, dari pagi hingga petang, dan duduk menghadap layar komputer seharian tentunya akan membuat badan dan pikiran menjadi cepat lelah. Maka dari itu, luangkan waktumu di tengah kesibukan dengan olahraga rutin minimal tiga kali seminggu.

Kamu bisa jogging, jalan kaki keliling kompleks, atau olahraga ringan lainnya. Dengan olahraga selain membuat badan lebih sehat juga membuat pikiran jadi lebih fresh. 

Itulah 5 cara genjot produktivitas saat bekerja supaya pekerjaan yang kamu hasilkan bisa berkualitas. Tapi ingat ya sesibuk apapun pekerjaanmu sekarang, jangan lupakan waktumu untuk sekedar me time, kumpul bersama keluarga, dan liburan. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas Kerja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya