Comscore Tracker

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimu

#IDNTimesLife Siapa nih yang masih suka malas kerja?

Hayo siapa nih dari kalian yang suka malas-malasan saat bekerja? Hmm, bekerja dari pagi hingga petang, deadline pekerjaan semakin menumpuk, tekanan dari atasan membuat kita jadi mudah stres.

Terjebak dalam rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya kadang membuat kita jadi malas dan jenuh terhadap pekerjaan, alhasil kita sering kehilangan konsistensi terhadap pekerjaan yang kita geluti. Nah, supaya kamu bisa tetap konsisten bekerja meski di tengah padatnya harimu, yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Pegang teguh terhadap tujuan yang ingin kamu capai

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimupexels.com/@cottonbro

Tips pertama supaya kamu bisa konsisten terhadap pekerjaan yaitu berpegang teguh terhadap tujuan yang ingin kamu capai. Mustahil rasanya kamu bisa konsisten jika kamu sendiri gak tahu dan gak menetapkan apa sih tujuanmu bekerja itu. Kamu harus membuat visi, target pencapaian, dan tujuan yang ingin kamu raih untuk masa depanmu. 

Misalnya dengan target kapan bisa beli rumah sendiri, liburan ke suatu tempat, atau target kecil kapan bisa naik jabatan, dan sebagainya. So, mulai sekarang tetapkan tujuanmu itu.  

2. Buat skala prioritas

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimuunsplash.com/Estée Janssens

Tips selanjutnya yaitu membuat jadwal dan menyusun skala prioritas. Setiap orang memiliki kesibukan dan prioritasnya masing-masing bukan? Nah, supaya bisa tetap konsisten terhadap pekerjaan dalam jangan panjang, mulai sekarang buatlah skala prioritas.

Susun rencanamu mulai dari yang paling urgent ke hal yang mendasar. Sebab terbiasa menyusun skala prioritas membuat kehidupanmu bisa terarah dan terjadwal dengan baik. 

3. Pasang pengingat atau reminder

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimuunsplash.com/Cathryn Lavery

Kamu tipe orang yang mudah lupa terhadap pekerjaan atau rencana yang kamu buat? Nah, supaya kamu bisa konsisten terhadap pekerjaan dan tidak mudah lupa terhadap jadwal yang kamu buat, kamu bisa memasang pengingat atau reminder

Kamu bisa menuliskannya di post it lalu tempelkan pada tempat yang mudah terlihat seperti lemari, meja kerja, atau komputermu. Selain itu kamu juga bisa memasang pengingat di ponsel pintarmu. Sehingga kamu tidak akan mudah lupa.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! 

4. Kejar ketertinggalan

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimupexels.com/@mentatdgt

Mengalami kegagalan, jatuh, adalah hal yang biasa semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun yang membedakan itu cara setiap orang untuk menghadapi situasi tersebut.

Ada yang jatuh sekali langsung menyerah, ada yang bangkit lalu mengejar ketertinggalan, dan lainnya. Nah ciri dari orang yang konsisten yaitu tidak mudah menyerah terhadap kegagalan, ia akan berusaha bangkit dan mengejarnya kembali.

5. Halau perasaan negatif

Ini 5 Tips Konsisten terhadap Pekerjaan di Tengah Padatnya Harimuunsplash.com/@Clem Onojeghuo

Ada banyak hal yang bisa menghambat konsistensimu dalam bekerja salah satunya karena muncul perasaan negatif. Perasaan negatif seperti "ah malas bekerja", "aku gak bisa melakukan pekerjaan itu" dan sugesti lainnya ternyata sangat beracun untuk hidup. Lawan perasaan jangan kalah dengan sugesti negatif tersebut, jika kamu ingin maju dan konsisten terhadap pekerjaanmu.

Membiasakan diri jadi orang yang konsisten terhadap pekerjaan memang susah-susah gampang. Maka yang pertama yaitu sukailah pekerjaanmu tersebut, jika kamu sudah suka kamu akan enjoy untuk menjalani setiap harinya. 

Baca Juga: 7 Jenis Musik yang Pengaruhi Produktivitas Kerjamu, Jangan Disamakan!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya