Comscore Tracker

Tenang, 5 Tips Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerja

#IDNTimesLife Karyawan baru wajib baca, nih

Guys, ngaku aja kamu pasti pernah merasakan canggung atau grogi di hari pertama kerja kan? Hmmm, merasa grogi sebenarnya hal yang wajar-wajar saja kok karena kamu sendiri masih belum kenal siapa-siapa, merasa asing di lingkungan kerjamu, dan masih memerlukan waktu untuk adaptasi. 

Tapi, jangan sampai perasaan grogi atau canggung ini membuatmu jadi melakukan kesalahan yang gak perlu ya. Nah supaya kamu bisa lebih tenang, berikut 5 tips mengatasi rasa grogi di hari pertama kerja yang bisa dicoba.

1. Datang ke kantor tepat waktu

Tenang, 5 Tips  Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerjapexels.com/iPrice Group

Tips pertama untuk mengatasi rasa grogi di hari pertama kerja yaitu dengan datang ke kantor tepat waktu. Jangan sampai di hari pertama kerja kamu melakukan kesalahan dengan datang terlambat.

Di malam harinya tidurlah dengan cepat, bangun pagi, kemudian jangan lupa sarapan. Kamu bisa berangkat kerja lebih awal dari jam yang telah ditentukan untuk menghindari keterlambatan. Jadi, atur waktumu dengan sebaik-baiknya ya!

2. Dibawa santai gak usah gugup

Tenang, 5 Tips  Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerjapexels.com/@Vlada Karpovich

Tips kedua yaitu tanamkan mindset untuk bersikap santai saja. Gak ada yang perlu dikhawatirkan kok selagi kamu percaya pada diri dan yakin kalau semua akan berjalan baik-baik saja.

Jangan biarkan rasa grogi dan canggung menguasai dirimu terlalu lama, sebab itu bisa membuatmu melakukan kesalahan yang gak perlu. Selain itu tunjukkan perasaan antusias saat bekerja, sehingga mereka bisa menerimamu dengan baik. 

3. Berbicara seperlunya saja

Tenang, 5 Tips  Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerjapexels.com/Marcus Aurelius

Tips selanjutnya yaitu berbicaralah seperlunya saja. Perlu kamu ingat hari ini hari pertama bekerja dan menjadi karyawan baru, maka berhati-hatilah dalam berbicara jangan terlalu terbuka apalagi memilih diam dan cuek saja.

Intinya sih kamu tahu waktu kapan harus berbicara banyak dan juga sebaliknya. Jangan sampai rekan kerjamu jadi risih karena sikapmu yang berlebihan. 

Baca Juga: 6 Tips Mengirim Chat ke Atasan Kantor, Karyawan Baru Wajib Tahu 

4. Jangan takut berkenalan dengan rekan kerja yang lain

Tenang, 5 Tips  Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerjapexels.com/fauxels

Berbicara seperlunya saja bukan berarti kamu menutup diri untuk berkenalan dengan rekan kerjamu yang lain. Beranikan diri untuk berkenalan, minimal kamu bisa kenal dengan rekan satu divisi dulu.

Ketika diajak ngobrol tanggapi dengan sopan, awalnya memang berat tapi bukankah itu lebih baik daripada diam saja dan menyendiri. So, jangan takut untuk memulai ya. 

5. Menikmati proses yang ada

Tenang, 5 Tips  Mengatasi Rasa Gugup di Hari Pertama Bekerjapexels.com/@Yan

Untuk berjalan dan melangkah jauh kamu harus memulai dengan langkah pertama dulu. Demikian saat bekerja kamu harus melewati hari pertama untuk pekerjaanmu tersebut.

Gak perlu takut, nikmati saja prosesnya percaya deh ketakutan yang ada di dalam pikiran nyatanya tidak semengerikan itu. Gak perlu dijadikan sebuah tekanan, percaya saja pada diri sendiri.

Hari pertama kerja kadang menakutkan, tapi jangan sampai membuat kepercayaan diri dan semangatmu menurun ya. Percaya deh kamu bisa melewati hari tersebut dengan sangat baik. So, good luck! 

Baca Juga: 5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesional

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya