Comscore Tracker

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kita

#IDNTimesLife Santai, hadapi saja dengan cara ini

Dalam kehidupan orang suka dan tidak suka dengan kita adalah hal yang wajar kok. Seberapa keras usaha yang kamu lakukan pasti ada saja orang yang membenci karena suatu alasan tertentu, pun termasuk dalam dunia kerja. 

Berhadapan dengan teman kerja yang seperti ini memang kudu lebih hati-hati ya. Karena biar bagaimana pun jangan sampai sikapnya tersebut menggangu kinerjamu di kantor. Nah supaya tetap profesional berikut 5 tips menghadapi rekan kerja yang tidak menyukai kita. 

1. Menyadari bahwa gak semua orang bisa suka sama kita

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kitapexels.com/@Connor Gardenhire

Tips pertama untuk menghadapi orang yang gak menyukai kita di tempat kerja yaitu dengan menyadari bahwa gak semua orang bisa suka sama kita. Namanya kehidupan tentu kita gak bisa menyenangkan semua orang, ketika sudah berbuat baik, ramah dengan orang lain, selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, pasti ada orang yang membenci kita tanpa sebab yang jelas. Maka hadapi dengan santai saja. 

2. Membuat batasan dengannya

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kitaunsplash.com/@Brooke Cagle

Cara kedua untuk menghadapi rekan kerja yang membenci kita yaitu dengan membuat batasan dan menjaga jarak darinya. Buatlah batasan di mana hubungan kalian cukup sebatas rekan kerja di kantor saja, selain itu kamu bisa menghindari saat dirinya terang-terangan menyulut emosimu. 

Kadang orang yang seperti ini cukup kita cuekin dan gak usah digubris, lama-lama ia bakal bosan sendiri setelah tahu kamu gak mempedulikannya. Menjaga jarak ini jadi solusi yang paling efektif supaya kamu bisa tetap profesional di tempat kerja. 

3. Jangan ambil hati

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kitaunsplash.com/@Magnet.me

Orang yang gak menyukai kita kadang hobi banget untuk menyulut emosi, cari-cari masalah, dan ikut campur dalam urusan orang lain. Maka supaya bisa menjaga profesionalisme dalam bekerja janganlah terlalu memasukkan perkataan dan perilakunya ke dalam hati. Namun, ketika diammu sudah bukan lagi jadi cara terbaik kalian bisa membicarakannya berdua. 

Baca Juga: Teman Kerja Suka Cari Muka? Coba Deh 6 Tips Ini untuk Menghadapinya

4. Tanya langsung padanya

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kitaunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Jika diam dan cuekmu selama ini gak membuahkan hasil tapi malah membuatnya semakin menjadi-jadi, hingga menjelekkanmu ke orang lain maka kamu bisa lho bertanya langsung padanya apa sih penyebab dia sebegitunya membencimu. 

Ajak dia bertemu, kamu bisa memulainya dengan ngobrol ringan, setelah situasi cair kamu bisa bertanya langsung apa sebab ia membencimu selama ini. Ya siapa tahu dengan ngobrol langsung bisa membuat hubungan kalian jadi lebih baik. 

5. Jika semua cara dilakukan tanpi dia tetap membenci, jadikan itu sebagai motivasi untuk semangat bekerja

Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kitapexels.com/olia danilevich

Cara terakhir menghadapi rekan kerja yang membenci dan gak menyukai kita yaitu dengan menjadikannya sebagai motivasi untuk semangat bekerja. Setelah berbagai cara yang kamu lakukan untuk membuatnya sadar tidak berhasil, kamu bisa menjadikan itu sebagai pelecut untuk lebih giat dalam bekerja.

Buktikan prasangka jelek yang ia tuduhkan ke kamu itu gak benar dengan bisa berprestasi di tempat kerja, dapat melakukan pekerjaan dengan baik, dan lainnya. 

Itulah guys 5 cara menghadapi rekan kerja yang tidak menyukai kita. So, buat kamu meski ada orang yang tidak menyukai kita tetaplah bekerja secara profesional ya, gak usah diambil hati supaya dirimu gak stres dibuatnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Mengejek Teman yang Kerja Terus dan Kurang Piknik 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya