Comscore Tracker

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertama

#IDNTimesLife Kuncinya jangan ragu, jangan takut

Buat kamu fresh graduate saat menghadapi pekerjaan pertama pasti ada rasa khawatir kan? Entah itu perasaan kalau melakukan kesalahan, takut ketemu orang baru, dan perasaan yang lain. Nah, keadaan tersebut jika dibiarkan berlarut-larut bisa membuatmu jadi gak fokus menyelesaikan pekerjaan, lho.

Maka jangan sampai momen bahagia dan excited  mendapat pekerjaan pertama jadi hancur karena perasaan khawatir yang berlebihan. Nah, supaya bisa menjalani hari dengan menyenangkan ini tips sukses menghadapi pekerjaan pertama yang bisa kamu coba. 

1. Cobalah untuk rileks, tidak usah khawatir berlebihan

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertamarekan kerja (pexels.com/@cottonbro)

Tips menghadapi pekerjaan pertama yaitu, cobalah untuk rileks dan tidak usah khawatir secara berlebihan. Yakinkan diri bahwa kamu bisa melewati hari ini dengan menyenangkan. Cobalah untuk berkenalan dengan rekan kerjamu yang lain, tidak malu untuk menyapa, dan pahami betul apa job description pekerjaanmu.

Tidak lupa beri kesan terbaik dan menebarkan aura positif untuk teman-teman kerjamu. Jadi, gak usah khawatir lagi ya! 

2. Menunjukkan kinerja terbaik 

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertamawanita sedang menulis (pexels.com/andrea picquadio)

Setelah melewati recruitment kerja yang panjang, mulai dari lamar kerja sana-sini, wawancara, dan berbagai tes akhirnya kamu berhasil mendapat pekerjaan pertama. Nah, kalau sudah merasakan susahnya dapat pekerjaan, maka tunjukkan kinerja terbaikmu pada perusahaan.

Kerjakan tugas tepat waktu, jangan menunda-nunda, dan selalu menunjukkan kemampuan terbaikmu. Percaya deh dengan menunjukan kinerja terbaik, kamu bakal dapat hasil yang maksimal. 

3. Bersikap profesional

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertamailustrasi wanita bahagia (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Kalau sudah terjun dalam dunia kerja sikap profesional harus dijunjung. Arti profesional disini yaitu mampu memisahkan antara pekerjaan kantor dan urusan pribadi. Misalnya sedang mengalami masalah di rumah, maka kamu harus bersikap profesional dengan mengesampingkan masalah tersebut.

Hal itu dilakukan supaya kamu lebih fokus menyelesaikan pekerjaan. Kalau bisa menempatkan segala urusan sesuai dengan porsinya, pekerjaan yang kamu hasilkan bisa berkualitas.  

Baca Juga: 5 Tips Fresh Graduate biar Gak Stres Saat Belum Dapat Kerja

4. Memiliki tekad yang tinggi untuk terus belajar  

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertamawanita karier (pexels.com/@andrea piacquadio)

Pekerjaan pertama jadikan ini menjadi kesempatanmu untuk banyak belajar. Ingat dunia kerja akan terus mengalami perkembangan maka sebagai karyawan harus bisa terus meng-upgrade kemampuan. 

Jadilah karyawan yang tidak cepat puas terhadap suatu hal, mau belajar skill baru, tidak takut untuk keluar dari zona nyaman, dsb. Jadi mulai sekarang miliki tekad besar untuk belajar ya!

5. Disiplin dan tanggung jawab terhadap pekerjaan 

Baru Pertama Kali Kerja? Ini 5 Tips Sukses di Pekerjaan Pertamailustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Tips terakhir sukses hadapi pekerjaan pertama yaitu, dengan menjadi karyawan yang disiplin dan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Baru pertama kali bekerja janganlah macam-macam, fokus saja pada pekerjaanmu sendiri.

Selain itu, jadilah karyawan yang disiplin dengan berangkat kantor tepat waktu, taati aturan perusahaan, dan selalu tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Ingat disiplin jadi salah satu faktor evalusi perusahaan terhadap karyawannya. 

Jadi buat kamu gak usah tegang atau khawatir berlebihan ya, santai saja hadapi pekerjaan pertama ini.

Baca Juga: 6 Sikap yang Wajib Dipunyai Fresh Graduate Ketika Melamar Kerja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya