Comscore Tracker

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat Kerja

Jangan lakukan hal ini, ya #IDNTimesLife

Kebiasaan bergosip di tempat kerja rasanya sulit untuk dihindari. Kamu juga tidak bisa lepas dari potensi jadi sasaran gosip. Sekalinya kena, pasti, deh, membuat perasaan atau mood jadi rusak seketika.

Selain itu, pasti kamu jadi risih mendengarkan celotehan rekan kerja. Supaya tidak merusak hari-harimu di kantor, yuk, lakukan lima tips ini untuk menghindari korban gosip di tempat kerja. 

1. Jangan membawa masalah hidupmu di tempat kerja

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat Kerjapasangan sedang duduk (pexels.com/@cottonbro)

Tips pertama supaya tidak jadi korban gosip di tempat kerja yaitu, dengan tidak mencampuradukkan masalah pribadi ke pekerjaan. Kalau kamu ada masalah tentang keluarga, tentang hubungan percintaan, pertemanan, atau hal yang sensitif jangan sembarangan kamu ceritakan ke orang lain. Apalagi ke teman yang gak bisa dipegang kepercayaannya. 

Sebab kalau kamu terlalu banyak memberi informasi kepada orang lain, bisa-bisa kamu jadi bahan gosip di tempat kerja. Atau mungkin orang yang gak menyukaimu bakal menyebarkan aib tersebut. Jadi, hati-hati ya!

2. Jagalah attitude saat di kantor maupun di luar kantor

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat KerjaWanita karier (pexels.com/@Alexander Suhorucov)

Di mana pun tempatnya, baik di rumah, tempat umum, termasuk di kantor, sikap atau attitude itu nomor satu. Maka jagalah sikapmu di mana pun berada. Sebab, kalau gak bisa menjaga sikap dan melakukan kesalahan pasti kamu bakal jadi sorotan atau bahan gosip di lingkunganmu.

Jangan berpikir mentang-mentang di luar kantor sikapmu jadi seenaknya sendiri. Kita gak tahu siapa yang akan melihat atau mengawasi perilaku kita. Salah bersikap sedikit, siap-siap jadi bahan omongan. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam bersikap. 

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Wajib Dijadikan Teman di Kantor, Siapa Saja?

3. Hati-hati dalam berpenampilan

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat KerjaWanita karier (pexels.com/@elias de carvalho)

Salah satu yang bisa jadi bahan gosip di tempat kerja yaitu, masalah penampilan. Maka dari itu cara berpakaian harus diperhatikan. Jangan abai dengan penampilan misalnya pergi ke kantor dengan baju yang gak sopan, berantakan, dan sebagainya.

So, kalau ke kantor pakailah pakaian yang pantas dan nyaman sesuai versi dirimu sendiri. Sebab bagaimana cara kita berpenampilan menjadi representasi orang seperti apa kita.

4. Menetapkan batasan privasi, sekalipun dengan teman yang akrab

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat Kerjawanita sedang berbincang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski dekat dengan rekan kerja, sudah menganggapnya jadi sahabat sendiri kita harus menetapkan batasan privasi. Jangan sembarangan cerita masalah pribadi ke orang lain, apalagi kalau bersifat sensitif. Kita gak tahu, lho, di tempat kerja siapa yang benar-benar kawan dan siapa lawan. 

Oleh karena itu kita harus pandai menahan diri. Sebab ada beberapa hal yang ada baiknya disimpan sendiri dan gak perlu diceritakan ke orang lain. Itu dilakukan untuk menghindar hal-hal yang gak diinginkan, seperti jadi bahan gosip di tempat kerja. 

5. Hindari memiliki hubungan cinta dengan orang kantor

Tenang, Ini 5 Tips Supaya Tidak Jadi Korban Gosip di Tempat Kerjateman kantor (pexels.com/@Jopwell)

Selain empat hal di atas, salah satu hal yang bisa menciptakan bahan gosip di tempat kerja yaitu kalau kamu memiliki hubungan romansa dengan rekan sendiri. Apalagi kalau kalian suka berduaan, mesra-mesraan tidak tahu tempat, waktunya kerja malah asik pacaran, aduh, siap-siap bakal jadi bahan pembicaraan. 

Sebenarnya gak ada yang melarang jika kamu menjalin hubungan dengan rekan kerja sendiri. Namun janganlah berlebihan, dan tetap profesional dengan memisahkan antara urusan kerja dan percintaan. 

Lima tips di atas bisa kamu terapkan untuk menghindari bahan gosip di tempat kerja. Dunia kerja beda dengan pergaulan sosial biasa, karena dalam bekerja, kamu harus mengutamakan profesional dan fokus pada pekerjaan. So, tidak seharusnya tanggung jawab kamu itu terganggu hanya karena risi mendengar gosipan.

Baca Juga: Jangan Baper Dulu, Ini 5 Alasan Rekan Kerja Terkesan Cuek ke Anak Baru

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya