Comscore Tracker

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadi

Kamu harus punya waktu untuk me time!

Hayo, siapa nih yang suka sibuk kerja, lembur setiap malam, dan berhadapan setumpuk laporan hingga lupa dengan kehidupan pribadi? Kesibukan kerja memang membuat kita jadi lupa untuk sekedar istirahat dan quality time. 

Namun janganlah kamu biasakan seperti itu ya, sebab jika terlalu keras memforsir diri bisa membuat kesehatan jadi terganggu, hingga produktivitas kerja jadi menurun. Nah, supaya hal tersebut gak terjadi padamu, ini lima tips menerapkan batasan kerja supaya tidak lupa terhadap kehidupan pribadi. 

1. Tidak mencampuradukkan antara kerjaan dan kehidupan pribadi

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadiwanita sedang telepon (pexels.com/@Karolina Grabowska)

Tips pertama yaitu dengan tidak mencampur aduk urusan kerjaan dan pribadi. Urusan kerja harus diselesaikan di kantor, jangan malah membawa urusan tersebut saat pulang ke rumah. Kamu harus tegas pada diri sendiri untuk bisa membagi keduanya.

Di rumah adalah waktu untuk istirahat, waktu untuk quality time bareng keluarga, dan me time. Kalau gak bisa bagi waktu dengan baik, nanti kamu bakal merasa tertekan dan capek sendiri.

2. Tetap berusaha menyisihkan waktu untuk urusan pribadi

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadiwanita karier (pexels.com/@andrea piacquadio)

Tips selanjutnya yaitu, tetap berusaha menyisihkan waktu untuk urusan pribadi. Sesibuknya kamu bekerja, berangkat pagi pulang malam, berhadapan dengan berbagai macam laporan, tetaplah berusaha punya waktu untuk kehidupanmu sendiri.

Jangan lupa untuk makan, istirahat, melakukan hobi yang disukai, dan lainnya. Percaya deh, kalau kita bisa membagi waktu dengan seimbang, kesehatan fisik dan mentalmu bakal terjaga baik. 

Baca Juga: 5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap Damai

3. Bagi waktu dengan baik

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadisibuk kerja (pexels.com/@Kaushal Moradiya)

Tidak semua orang punya manajemen waktu yang baik, banyak dari kita yang masih menyepelekan berharganya waktu yang kita miliki. Sebisa mungkin waktu bekerja digunakan untuk bekerja, demikian momen untuk urusan di luar pekerjaan.

Nah, supaya dapat membagi waktu dengan bijak, kamu bisa membuat jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dengan demikian, waktu yang kamu punya bisa termanfaatkan secara maksimal.  

4. Jangan sibuk terus, sempatkan untuk pergi berlibur

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadiwanita travelling (pexels.com/@Alexandr Podvanly)

Sibuk kerja tidak masalah, berhadapan setumpuk laporan adalah hal yang biasa. Namun, di tengah sibuk dan padatnya hari-harimu, sempatkan waktu untuk pergi berlibur sebentar, yuk. Khusus di akhir pekan gunakan kesempatan itu untuk main, jalan-jalan bareng keluarga, teman, hingga orang tersayang.

Liburan itu penting, lho, untuk menjaga supaya tetap waras di tengah padatnya kerjaan, guys. Selain itu, dengan berlibur bisa membuat pikiran jadi lebih fresh, sehingga lebih siap menjalani hari berikutnya.

5. Mempertahankan rutinitas

5 Tips Terapkan Batas Kerja agar Tak Lupa Kehidupan Pribadiseorang perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Tips terakhir menerapkan batasan pekerjaan supaya tidak lupa terhadap kehidupan pribadi yaitu dengan mempertahankan rutinitas. Setiap orang punya rutinitasnya sendiri dari pagi sampai malam.

Mulai dari bangun tidur, kemudian olahraga, kerja, hingga kembali tidur lagi. Nah, pertahankan rutinitas harianmu tersebut, tempatkan sesuai dengan porsinya masing-masing supaya kehidupanmu bisa seimbang. 

 

Menerapkan batasan kerja itu penting supaya kita punya waktu untuk kehidupan pribadi. Jadi, jangan berlebihan dalam bekerja, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi jika Kamu Gak Menyadari Batasan Diri Sendiri

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya