Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmu

Berapa tanda yang kamu alami?

Layaknya kehidupan, kamu akan mengalami lika-liku dalam bekerja. Ada suka dan ada duka, ada yang akan naik dan ada pula yang akan turun. Oleh karena itu kita harus pandai mengatur diri selama bekerja. Hal ini akan membuatmu gak stres saat kerja. Dan kamu juga harus mengetahui tanda-tanda bahwa kamu sudah terlalu stres bekerja. Apa saja ya tandanya?

1. Tubuh kamu sering sakit

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmuverywellhealth.com

Tingkat stres seseorang dapat memicu sakit pada leher, punggung dan kejang otot. Selain itu, kamu akan menggertakkan gigi di malam hari tanpa disadari. Hal ini bisa membuatmu sakit kepala dan radang. Nah, jika kamu merasa tubuhmu sehat tapi nyatanya terasa nyeri setiap hari itu berarti kamu sedang stres.

2. Kamu gak ingat kapan terakhir kali kamu beranjak dari meja kerjamu 

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmuaarp.org

Pekerjaan yang banyak terkadang membuat beberapa orang rela melewatkan makan siangnya. Selain itu, kamu juga rela gak pergi ke toilet agar pekerjaanmu cepat selesai. Nyatanya, jika kamu memiliki perubahan nafsu makan dan gak ingin pergi ke toilet merupakan tanda-tanda stres. Jika kamu gak makan dan buang air, tubuhmu bisa sakit dan alhasil kamu menjadi gak produktif saat bekerja. Duduk seharian di meja kerja juga gak baik lho bagi kesehatanmu. Cobalah untuk beranjak dan berjalan-jalan sejenak setiap beberapa jam sekali.

3. Kamu gak bisa fokus

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmudumbbellsandhighheels.com

Setiap hari, kamu selalu kewalahan dengan jumlah pekerjaan yang harus kamu lakukan. Kareana sangat tertekan, kamu menjadi gak bisa berkonsentrasi pada apa pun. Coba istirahat sejenak dan buatlah to do list. Kamu gak harus mengerjakan semua pekerjaanmu dalam satu hari. Selesaikan satu demi satu pekerjaan, dan kamu bisa memulainya dari yang paling urgent. Dengan begitu, kamu bisa kembali fokus bekerja dan gak akan tertekan lagi.

4. Kamu sering menderita flu

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmustaples.co.uk

Hormon yang dikeluarkan tubuh kita saat sedang stres sebenarnya termasuk salah satu komponen kekebalan tubuh. Jika kadar hormon tersebut gak kembali normal, kamu bisa mengalami sakit dalam kurun waktu yang cukup lama. Agar bisa kembali normal, kamu perlu meluangkan waktu untuk benar-benar istitahat dan bersantai. Coba ambil cuti beberapa dan lakukan aktivitas menyenangkan di luar pekerjaanmu.

5. Kamu menjadi susah tidur

Ini 5 Tanda Jika Kamu Terlalu Stres dengan Pekerjaanmuorganifishop.com

Pernah gak kamu mengalami di mana tubuhmu meresa lelah tapi gak bisa tidur? Ini juga menjadi salah satu tanda stres. Kamu harus mengatur pola tidurmu agar bisa kembali tidur dengan nyenyak. Jangan sampai waktu tidurmu menjadi berkurang hanya karena pekerjaan. Pastikan juga kamu gak bermain HP satu jam sebelum tidur.

Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam hidupnya, tapi jangan biarkan stres ini selalu membayangi hari-harimu. Jadi setelah tahu tanda-tandanya, sekarang waktunya untuk mengatasi hal tersebut. Rehatlah sejenak dan bersiaplah kembali ke kantor dengan pikiran yang fresh.

Topic:

  • Rully Bunga
  • Tania

Just For You