Comscore Tracker

Lihat 5 Video TED Talks Ini dan Kamu akan Lebih Semangat Bekerja

Jadi semangat kerja lagi nih

Jika kamu sedang merasa jenuh dengan pekerjaanmu saat ini, cobalah untuk berhenti sejenak. Hal ini bisa membuat pikiranmu tenang dan kembali fresh saat bekerja nanti. Selain itu agar bisa lebih bersemangat, coba deh tonton 5 video TED Talks ini. Dijamin kamu akan lebih bahagia saat bekerja setelah menonton video-video ini.

1. Jangan berjuang untuk sukses, tapi berjuanglah untuk membuat dirimu bahagia

https://www.youtube.com/embed/fLJsdqxnZb0

Menurut Shawn Achor, seorang ahli psikologi sekaligus CEO Good Think Inc., hanya 25 persen orang yang sukses karena IQ mereka. 75 persen lainnya mereka dapatkan dari tingkat optimisme, dukungan sosial dan kemampuan seseorang untuk melihat stres sebagai tantangan bukan ancaman.

Dalam video ini, Achor juga akan mengajakmu membandingkan antara seberapa banyak pengendalian dirimu terhadap kebahagiaan dengan seberapa banyak kamu memikirkan rintangan yang akan kamu hadapi menuju kesuksesan. Ternyata berjuang untuk kebahagiaan dirimu lebih bisa membawamu pada kesuksesan.

2. Sukses itu bukan berdasarkan kecerdasan, tapi berdasarkan passion dan ketekunan

https://www.youtube.com/embed/H14bBuluwB8

Ketika Angela Lee Duckworth memutuskan meninggalkan pekerjan konsultannya untuk menjadi seorang guru, dia menemukan sesuatu yang baru. Duckworth mendapati perbedaan yang mencolok antara kecerdasan dan kesuksesan. Muridnya yang cerdas tidak selalu melakukan yang terbaik, tapi muridnya yang berkinerja baik tidak selalu pintar. 

Hal ini membuat dia ingin mempelajari psikologi yang berkaitan dengan kesuksesan. Ternyata jawaban dari kesuksesan itu adalah passion dan ketekunan dalam waktu yang lama. "Biarkan dirimu termotivasi oleh apapun yang membuat dirimu bersemangat, sehingga akan lebih banyak hal yang bisa kamu capai," tutup Duckworth di akhir presentasinya.

3. Gak perlu jadi orang lain di tempat kerja, tetaplah menjadi orang introvert yang suka menyendiri

https://www.youtube.com/embed/c0KYU2j0TM4

Dibanding menjadi seorang penulis, Susan Cain lebih memilih menjadi pengacara di Wall Street untuk membuktikan bahwa dirinya bisa bersikap berani dan tegas meskipun memiliki kepribadian introvert. Lewat video ini, Cain mendorong para introvert untuk tetap melalukan kesenangannya yaitu menyendiri atau me time. Karena dengan kegiatan tersebut, kreativitas para introvert dapat mengalir dengan sempurna.

4. Berhentilah bekerja untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih sempurna

https://www.youtube.com/embed/MNuOmTQdFjA

Setiap tujuh tahun sekali, Stefan Sagmeister menutup studio desainnya selama satu tahun penuh. Ide ini muncul ketika pekerjaannya menghasilkan karya yang terlalu mirip. Oleh karena itu, dia menggunakan satu tahun tersebut untuk menggali ilmu dan inspirasi agar bisa menghasilkan karya baru yang lebih fresh. Sagmeister kurang setuju dengan gagasan bahwa produktivitas dan kerja keras yang konstan akan mendoronya pada keberhasilan. Dia lebih tertarik dengan berhenti bekerja dalam waktu yang lama untuk mendapat pekerjaan baru yang lebih baik. Bagaimana dengan kamu?

5. Bagaimana cara untuk sukses? Tidurlah

https://www.youtube.com/embed/nncY-MA1Iu8

Melakukan pekerjaan dalam waktu yang cukup lama merupakan usaha untuk menuju sukses. Hal ini lah yang selalu ada dalam pikiran masyarakat selama ini. Namun, Arianna Huffington memiliki pendapat lain tentang mindset ini. Dalam bekerja, kita sudah mengalami tekanan yang besar dan banyak memikul tanggung jawab yang besar pula untuk tugas-tugas tertentu. Biaya yang cukup untuk membayar hal ini adalah dengan menggunakan waktu berhargamu untuk tidur. Biarkan dirimu melakukan pemulihan diri dari tidur, dengan begitu kamu akan lebih bisa produktif dan menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Nah, itu tadi beberapa video TED Talks yang bisa memberikanmu semangat untuk bekerja. Semoga terinspirasi ya!

Topic:

  • Rully Bunga
  • Tania

Just For You