Comscore Tracker

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan Sukses

Biar cuma freelance, kamu tetap harus profesional ya!

Menjadi seorang freelancer memiliki tantangan tersendiri. Bekerja secara independen tanpa menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan pastinya menuntut kita untuk lebih aktif dan mandiri.

Seperti layaknya entrepreneur, seorang freelancer juga mengatur segala sesuatunya seorang diri. Mulai dari inisiatif mencari klien, menerima order, hingga mengurus kontrak sendiri.

Nah, berikut ini ada beberapa hal dasar yang perlu kamu perlu kamu ketahui bila ingin menjalani profesi sebagai profesional freelancer!

1. Rajin-rajin promosikan jasamu di website penyalur jasa freelance

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan SuksesUnsplash.com/@benchaccounting

Seberapa banyak penghasilanmu bulan ini tergantung pada seberapa banyak job yang kamu terima. Jadi kalau kamu tidak aktif dan berinisiatif sendiri menjemput bola, ya bisa saja kamu tidak dapat gaji sama sekali. 

Terutama buat kamu yang masih baru nih, kamu perlu sering 'main-main' ke website penyalur jasa freelance. Selalu promosikan dirimu sebagai seorang freelancer dengan spesifikasi yang detil.

Rajin-rajin aktif deh pokoknya. Jangan malu-malu juga untuk menyampaikan profesimu ini ke teman-temanmu agar semakin banyak tawaran job yang mampir.

2. Selalu menjaga komunikasi secara profesional dengan klien

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan SuksesUnsplash.com/@new_data_services

Komunikasi dengan klien sangatlah penting. Selalu aktif lebih dulu untuk berkomunikasi mengenai brief yang diminta agar semuanya lebih jelas. Hal ini berguna untuk meminimalisir kesalahpahaman dan ketidaksesuaian hasil. 

Jangan hanya pasif mendengarkan saja, namun kamu juga harus aktif bertanya bahkan memberikan saran. Klien pastinya akan sangat suka jika mendengarkan saran dan masukan dari perspektif seseorang yang lebih ahli darinya.

Selain itu, kamu juga harus aktif untuk meminta feedbcak dari klien ya, jangan malas atau capek jika klien sedikit cerewet merevisi. Selama celoteh dan revisinya masih wajar, anggap saja itu bagian dari sebuah pekerjaan. 

3. Cek kontrak kerja yang kamu terima, pastikan semuanya sudah sesuai kesepakatan

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan SuksesUnsplash.com/@avirichards

Sama persis seperti seorang full-timer, meskipun hanya freelancer kamu tetap harus selalu mengecek kontrak kerjamu dengan saksama. Pastikan semua poin-poin perjanjianmu dengan klien sudah sesuai dengan kesepakatan.

Hal-hal penting yang harus kamu cek baik-baik adalah mengenai job description, durasi pekerjaan, target, sistem kerja, salary dan peraturan yang tercantum. Pastikan hal-hal tersebut tidak memberatkan dirimu sebagai seorang freelancer.

Bila ada poin yang bisa mengganggu pekerjaanmu yang lain, lebih baik kamu negosiasikan kembali.

Baca Juga: 5 Trik Seimbangkan Pekerjaan Utama dan Freelance, Agar Gak Keteteran!

4. Buat jadwal kerja yang teratur agar kamu tetap profesional

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan SuksesUnsplash.com/@austindistel

Manajemen waktu adalah hal yang sangat krusial bagi seorang freelancer. Jangan mentang-mentang tidak ada bos yang mengawasi lantas kamu bisa sesuka hati. Kalau keterusan seperti itu bisa berantakan semua, lho!

Kamu masih bisa bekerja dengan fleksibel kok, namun tetap buatlah jadwal bekerja yang seideal mungkin untukmu. Hanya kamu sendiri yang tahu kapan waktu-waktu yang tepat untuk kerja dengan maksimal.

Bagi waktu antara pekerjaan freelance yang satu dengan yang lain. Yang terpenting kamu bisa mengantisipasi agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sebelum ditagih-tagih oleh klien ya!

5. Persiapkan tabungan khusus untuk mengumpulkan penghasilanmu

5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan SuksesUnsplash.com/sugercoatit

Buatlah rekening tabungan khusus untuk penghasilanmu dari bekerja freelance ini, agar penghasilanmu dari kerja freelance bisa tercatat dengan baik. Ya, dengan begini kamu jadi bisa benar-benar aware dengan penghasilan dari bekerja freelance. Sehingga kamu bisa nabung untuk kebutuhan masa depan deh!

Sekarang kamu bisa buka tabungan di BCA mobile, di mana saja, kapan saja, bahkan tanggal merah sekalipun, lho! Caranya juga #DibikinSimpel aja, karena kamu cukup menyiapkan 4 langkah berikut ini: 

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS 
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit

Sesudah mengkuti langkah di atas, langsung buka rekening baru di BCA mobile dan ikuti langkah-langkahnya. Lalu lakukan verifikasi langsung lewat video call dengan customer service Hallo BCA di jam 06:00 - 20:00 WIB!

Bila sudah lewat dari jam operasional customer service, kamu bisa melakukannya di lain waktu dengan batas waktu 7 hari kalender. Gimana, #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN sangat mudah bukan?

Itu dia 5 tips sederhana namun penting untuk kamu yang ingin mencoba bekerja sebagai freelancer. Lakukan hal-hal simpel di atas agar pekerjaanmu sebagai seorang freelancer tetap lancar dan sukses selalu. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Masalah Keuangan Melalui BCA Keyboard

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya