Comscore Tracker

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu Tiru

Agar kamu bisa memiliki 'work-life balance'

Chae Song Hwa merupakan salah satu tokoh utama di KDrama medis "Hospital Playlist". Diperankan oleh aktris musikal Jeon Mi Do, Chae Song Hwa diceritakan sebagai dokter Bedah Saraf yang tangguh dan berdedikasi.

Sukses dengan pekerjaannya, tak heran banyak yang kagum pada sosok Chae Song Hwa. Ia bahkan dijuluki 'setan' karena mampu menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan profesionalnya.

Kalau kamu penggemar KDrama "Hospital Playlist" dan khususnya mengagumi sosok Chae Song Hwa, kamu bisa lho meniru berbagai sikap kerja positif yang dimilikinya. Seperti enam sikap kerja berikut ini.

1. Santun dan bertanggung jawab

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Chae Song Hwa adalah orang yang santun dan ramah, baik pada pasien maupun rekan kerjanya. Contohnya, di episode 2 saat ia ragu untuk memimpin sebuah operasi karena ia akan merebut pasien dokter lain. Alih-alih ia bersikap low profile dan mengajukan diri menjadi asisten dalam operasi tersebut.

Tak hanya itu, ia juga merupakan orang yang bertanggung jawab. Saat diberi pekerjaan, ia akan menyelesaikannya sebaik mungkin. Selain mengobati pasien, ia juga mengajar dan membimbing tesis dokter residen. Meski sibuk, kerennya ia tak pernah terlihat mengeluh. 

2. Tidak mencampuradukkan persoalan pribadi dan pekerjaan

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Dalam kehidupan sosialnya, Chae Song Hwa dikenal sebagai pilar emosi bagi orang lain. Salah satu alasannya, ia bisa bersikap objektif dan rasional dalam memandang masalah. Karena itu, ia bisa membedakan mana urusan pribadi dan mana urusan pekerjaan.

Hal ini terlihat dari caranya menyikapi pernyataan cinta dari Ahn Chi Hong. Setelah menolak cinta dokter residennya itu, Chae Song Hwa tak terlihat kikuk di dekatnya. Ia mampu bersikap profesional dan tak mencampuradukkan masalah pribadi dengan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Karakter Chae Song-hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Jadi Inspirasi

3. Bisa bersikap tegas atau penuh empati tergantung situasi

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Meski ramah dan baik hati, bawahan Chae Song Hwa tahu bahwa ia sangat tegas jika berkaitan dengan urusan pekerjaan. Dalam banyak adegan di "Hospital Playlist", ditunjukkan bagaimana ia menegur langsung para dokter residen yang melakukan kesalahan.

Di sisi lain, ia juga bisa bersikap penuh empati di situasi berbeda. Contohnya, di episode 12 saat mahasiswi kedokteran Yun Bok menangis setelah tahu Chae Song Hwa adalah dokter yang merawat mendiang ibunya dulu. Saat itu, Chae Song Hwa memeluk Yun Bok dan berusaha menenangkannya.

4. Tak hanya fokus kerja, namun juga punya waktu untuk diri sendiri

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Meskipun tak mungkin memiliki kehidupan 'work-life balance' yang sempurna, namun waktu rehat untuk me time tentu tetap diperlukan. Sebab itu akan membantu melepas stres akibat pekerjaan. Hal ini ditunjukkan oleh Chae Song Hwa di banyak episode "Hospital Playlist".

Ada beberapa aktivitas favorit Chae Song Hwa setelah berkutat dengan pekerjannya. Yakni makan, mengobrol, dan latihan band dengan empat kawannya yang juga dokter spesialis di rumah sakit yang sama. Ia juga sangat menyukai berkemah di akhir pekan saat tak ada pasien darurat.

5. Senang belajar dan meng-upgrade kemampuan

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Chae Song Hwa membuktikan bahwa belajar dan terus meng-upgrade pengetahuan dan kompetensi adalah sesuatu yang penting dilakukan. Sejak mahasiswi hingga jadi dokter spesialis, ia dikenal suka belajar. Bahkan, itu salah satu alasannya memilih Bedah Saraf.

Sikap Chae Song Hwa ini tentu bisa kamu tiru dan praktikkan di tempat kerja. Setinggi apa pun jabatan atau sebanyak apa pun pengalaman kerjamu, jangan pernah puas dengan pengetahuan dan skill yang kamu punya. Teruslah belajar dan upgrade pengetahuan serta kemampuanmu.

6. Mampu menjalin hubungan baik dengan rekan kerja

6 Sikap Kerja Chae Song Hwa 'Hospital Playlist' yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/hospitalplaylist_official

Sosok Chae Song Hwa menggambarkan tentang pentingnya menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. Di rumah sakit, ia bisa menempatkan diri dengan baik sehingga disukai oleh atasan maupun bawahannya.

Meskipun mungkin kamu akan menemui rekan-rekan toksik, namun menjalin relasi yang baik dengan rekan di tempat kerja tetap diperlukan. Sebab ini akan membantumu memiliki tempat kerja yang menyenangkan karena minim drama kantor terkait konflik dengan rekan kerja.

Nah, itulah enam sikap kerja positif ala Chae Song Hwa di "Hospital Playlist". Coba catat dan praktikkan ya, agar kamu bisa lebih mungkin memiliki 'work-life balance' seperti Chae Song Hwa. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Pertanyaan yang Harus Terjawab di 'Hospital Playlist' Season 2

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya