Comscore Tracker

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismu

Setuju gak, nih?

Saat seorang penulis terkena writer block, maka bisa dipastikan gairah menulisnya pun juga akan ikutan menurun. Hal ini pasti bakal membuatmu jadi susah untuk menuangkan sebuah kata-kata ke dalam tulisan. Akhirnya kamu jadi mogok alias menjeda kegiatan menulismu untuk sementara, hingga siap untuk menulis lagi nantinya.

Nah, sebenarnya gak cuma writer block saja, lho yang bisa membuat semangat menulismu menurun, karena 5 hal di bawah ini ternyata juga bisa memengaruhi gairah menulismu. Penasaran? Baca terus artikelnya sampai habis, ya!

1. Koneksi internet yang lemot

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismupixabay.com/methodshop

Penulis di kanal entertainment, sains, ataupun health, memang memerlukan beberapa sumber bacaan yang biasanya tersebar luas di dunia maya. Namun, karena kecepatan internet yang lambat, maka hal ini bisa bikin semangat menulis juga ikutan menurun.

Tentunya gak nyaman banget, kan untuk mencari informasi bacaan dengan koneksi internet yang lemah. Kamu yang pernah mengalaminya, pasti jadi greget banget dibuatnya! Benar, gak?

2. Lingkungan yang bising

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismupexels.com/Ketut Subiyanto

Lingkungan yang berisik juga bisa membuat gairah atau semangat menulismu jadi menurun, lho. Karena, pasti susah banget untuk fokus merangkai kata-kata di situasi seperti itu. Tapi tenang saja! Kamu tetap bisa, kok melanjutkan tulisan tanpa dikelilingi suara bising yang mengganggu.

Tinggal gunakan earphone kemudian mainkan lagu kesukaanmu, masalah pun kelar! Tapi jangan pasang volume yang terlalu kencang, ya! Atau kalau mau sedikit usaha, kamu bisa menulis di waktu saat orang-orang sedang berisitirahat, seperti di malam hari contohnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kesulitan Menulis yang Mungkin Gak Kamu Sadari

3. Insecure dengan tulisan orang lain

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismupexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan sering membaca tulisan milik orang lain, kita jadi bisa belajar tentang cara penulisan yang baik dan benar. Gak cuma itu, terkadang ide baru pun akan bermunculan setelah kita rajin membaca tulisan-tulisan mereka.

Tapi, tulisan orang lain ternyata juga bisa memicu semangat menulismu jadi turun, lho. Sebab, kamu jadi sering membanding-bandingkan tulisanmu dengan tulisan milik dia. Ujung-ujungnya, pasti jadi gak pede sama tulisan milik sendiri!

4. Komentar orang lain terhadap tulisanmu

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismupexels.com/Yan Krukov

Usahakan untuk menulis ketika suasana hatimu bagus dan juga kondisi tubuh sedang fit. Karena, kalau terlalu memaksakan menulis di saat sedang stres atau kelelahan sehabis kerja, maka bisa dipastikan kegiatan menulismu akan jadi gak maksimal. Hasilnya, tulisanmu jadi gak enak dibaca atau bisa saja, kamu jadi melewatkan poin penting yang harusnya kamu tulis di dalam karyamu.

Hal ini bisa membuat orang lain akan mengkritik tulisanmu setelah di-publish nantinya. Soalnya, pasti ada saja yang akan mengkritik dengan disisipi kata-kata yang sekaligus akan menjatuhkanmu. Pasti beban banget, deh dan jadi gak semangat untuk membuat tulisan baru nantinya!

5. Tulisan yang gak terbit-terbit

Gak Cuma Writer Block, 5 Hal Ini Juga Bisa Menurunkan Gairah Menulismupexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan yang sering banget jadi momok bagi penulis-penulis lepas, yang setia mengirimkan artikelnya ke berbagai platform menulis. Meski sudah research sana-sini ditambah belum ada penulis lain yang membahasnya. Tapi tetap saja, kok artikelnya susah banget untuk terbit?

Disebabkan tulisan yang enggan berpindah dari kolom pending ke kolom publish, akhirnya mereka-mereka ini memutuskan untuk rehat sementara dari dunia menulis. Hayo, ngaku! Pasti kamu pernah jadi gak semangat nulis karena hal ini, kan?

Itu dia lima hal yang bisa menurunkan gairah menulis seseorang. Kamu sendiri, masih sering mengalami beberapa hal di atas, gak? Yuk, share jawabanmu di bawah!

Baca Juga: 6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap Hari

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya