Comscore Tracker

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerja

Kedewasaan seseorang tidak bisa dilihat dari usia

Cara mengetahui atau melihat seseorang sudah mampu bersikap dewasa atau belum, banyak sekali caranya. Dimulai dari cara dia bersikap dalam menjalani sebuah hubungan asmara, bagaimana dia menjaga hubungan persahabatan, hingga bagaimana sikap dan perilaku dia selama di tempat kerja.

Di tempat kerja sendiri, semua orang akan dihadapkan dengan aturan dan hal-hal yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sehingga, sikap kamu di tempat kerja bisa menunjukkan tingkat kedewasaan kamu.

Berikut ini ada 6sikap yang menunjukkan bahwa kamu sudah berpikir dewasa saat sedang di tempat kerja. 

1. Berusaha untuk selalu tepat waktu

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapexels.com/rawpixel

Salah satu ciri seseorang sudah berpikir dewasa, bisa kita lihat saat dia menghargai waktu yang diberikan untuknya. Dia akan sangat menghargai waktu dengan cara selalu tepat waktu datang ke tempat kerja, datang tepat waktu saat bertemu dengan klien, hingga tepat waktu saat harus mengumpulkan tugas yang sudah diberikan oleh atasan.

Saat kamu menjadi karyawan yang selalu on time, secara tidak langsung kamu merupakan orang yang mampu mengelola waktu dengan baik dan juga menghargai waktu dengan baik. Hal inilah yang membuat kamu layak disebut orang yang berpikir dewasa.

2. Berpenampilan rapi dan tampil dengan profesional

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapixabay.com/id/users/free-photos-242387/

Penampilan saat kamu sedang di tempat kerja pun menjadi hal yang menunjukkan kedewasaan kamu. Selalu tampil profesional mempunyai manfaat besar yang bisa kamu dapatkan lho. Contohnya seperti mendapatkan nilai bagus dari atasan dan tidak akan dianggap sebelah mata oleh sesama rekan kerja.

Penampilan yang profesional tidak harus selalu menggunakan jas atau dasi. Tetapi profesional disini adalah sesuai dengan tempat kerja kamu saat itu. Intinya adalah kamu tidak salah mengggunakan pakaian yang salah. Satu lagi, kamu  juga harus memperhatikan kesopanan dalam berpakaian dan jangan berlebihan. 

3. Meskipun pekerjaan sedang menumpuk, kamu tidak akan banyak mengeluh

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapixabay.com/snapwiresnaps

Setiap orang wajar saja jika mengeluh saat mendapatkan pekerjaan atau tugas yang cukup banyak. Namun, orang yang bersikap dewasa tidak akan terlalu banyak mengeluh saat mengerjakan tugas-tugas dari atasannya. Karena baginya mengeluh tidak akan mengurangi masalah sama sekali.

Kamu akan semakin sadar dan percaya bahwa tugas yang selama ini kamu dapatkan di tempat kerja, bisa membuat mental kamu semakin tambah kuat dan membuat kamu semakin dewasa lagi. Jadi untuk apa mengeluh, lebih baik kamu mengerjakan tugas tersebut dengan ikhlas.

Baca Juga: Duh, Ini 5 Tanda Kamu Tidak Bersaing Secara Sehat dengan Rekan Kerja

4. Tidak biasa menunda-nunda pekerjaan

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapixabay.com/startupstockphotos

Seperti yang sudah kita bahas bersama di poin sebelumnya, orang yang bersikap dewasa akan selalu menghargai waktunya. Jadi dia juga tidak akan menunda-nunda pekerjaan yang diberikan atasan kepadanya. Dia akan langsung mengerjakan tugas tersebut, tanpa kata nanti atau tapi.

5. Selalu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapixabay.com/089photoshootings

Baginya, dia tidak akan pernah bisa bekerja sendirian. Maka dia membutuhkan team atau rekan kerja yang bisa bekerjasama untuk menyelesaikan tugas dan target yang ada. Makanya dia paling takut, jika mempunyai hubungan yang kurang baik dengan rekan kerjanya.

6. Bisa menerima masukan dan kritikan dari rekan kerja

6 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Berpikir Dewasa Saat di Tempat Kerjapixabay.com/freephotos

Salah satu caranya untuk selalu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja adalah dengan sikap terbuka. Dia tidak akan marah atau tersinggung saat rekan kerja memberikan komentar atau masukan dengan kinerjanya saat itu. Baginya, komentar atau pun masukan merupakan hal yang sangat berarti dan bisa membuat kinerjanya semakin baik lagi di kemudian hari. 

Bersikap dewasa akan membuat kamu semakin maju ke depan. Makanya belajarlah bersikap dewasa dan berpikir dewasa dari sekarang.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Untuk Kaum Millennial dengan Memanfaatkan Teknologi

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You