Comscore Tracker

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besar

Gaji yang besar tidak menjamin betah bekerja

Kebanyakan orang sering sekali berpikir, bahwa penyebab seseorang memilih untuk resign dari pekerjaannya adalah karena gaji yang kurang besar atau tidak sesuai. Padahal, pada kenyataannya tidak selalu disebabkan gara-gara gaji. Buktinya ada juga beberapa orang yang tetap memilih resign dari pekerjaannya, meskipun gaji yang didapatkan sangatlah besar.

Nah, di bawah ini ada beberapa alasan yang sering sekali membuat kebanyakan orang memilih untuk resign dari pekerjaan, meskipun gaji yang didapatkan besar.

1. Terlalu dikekang saat bekerja, sehingga menginginkan sebuah kebebasan

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpixabay.com/id/users/jeshoots-com-264599/

Sudah menjadi rahasia umum. Jika kamu mendapatkan gaji yang cukup besar dari perusahaan, maka kamu pun harus mengorbankan banyak sekali hal dalam kehidupan kamu. Salah satunya adalah kebebasan dalam berkarya, berpendapat, hingga bebas untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Kebebasan inilah yang sering sekali membuat banyak orang memilih untuk resign dari pekerjaannya. Karena bagi mereka, kebebasan lebih penting dan lebih berarti dari pada sebuah gaji yang besar.

2. Menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan passion

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpixabay.com/id/users/jarmoluk-143740/

Terkadang, ada saja beberapa orang yang memilih resign dari pekerjaannya, karena tidak sesuai dengan hobi dan passion. Mereka tidak perduli dengan gaji yang besar, fasilitas yang mewah, hingga atasan yang baik. Jika tidak sesuai dengan passion, maka mereka akan memilih untuk keluar dan bekerja sesuai dengan passion.

Mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hobi merupakan impian semua orang. Karena ada sebuah kepuasan batin yang tidak bisa dibeli dengan apa pun, saat bekerja sesuai dengan passion. Namun sebelum resign, pikir-pikir lagi secara matang guys

3. Budaya kerja yang perlahan-lahan berubah, karena datangnya orang baru atau kebijakan baru

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpixabay.com/id/users/lukasbieri-4664461/

Saat kamu memasuki dunia kerja. Perubahan budaya kerja merupakan hal yang pasti akan kamu temui guys. Berubahnya budaya kerja ini, biasanya disebabkan oleh orang baru yang bergabung dengan tim kamu, hingga munculnya kebijakan-kebijakan baru yang membuat suasana dan budaya kerja menjadi tidak nyaman.

Bagi kamu yang mengalami perubahan dalam budaya kerja. Jangan terburu-buru memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Tetapi cobalah untuk belajar beradaptasi dahulu dengan kondisi terbaru. Karena mungkin saja, budaya bekerja yang baru ini bisa memberikan banyak manfaat untuk pendewasaan dan wawasan baru.

Baca Juga: 6 Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja dengan Sopan dan Tepat 

4. Merasa tidak pernah berkembang

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpixabay.com/id/users/comfreak-51581/

Alasan mengapa kamu bekerja, selain dari ingin mendapatkan gaji adalah kamu juga ingin mempunyai kemampuan yang baru dan berkembang dengan wawasan yang baru. Karena dengan mempunyai kemampuan baru atau wawasan baru, tentu saja peluang untuk sukses dan berkembang pun, akan semakin terbuka lebar.

Namun, apa jadinya jika saat bekerja kamu tidak bisa berkembang sama sekali? Tentunya, hampir semua orang pasti akan memilih untuk resign dan mencari pekerjaan yang bisa memberikan pengalaman baru kepadanya. Intinya, pengalaman lebih penting dari sebuah gaji yang didapatkan.

5. Tidak pernah mendapatkan apresiasi dari atasan saat mampu bekerja dengan baik

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpixabay.com/id/users/free-photos-242387/

Hampir semua orang pasti ingin sekali diberikan apresiasi atau sekadar ucapan selamat dari atasan, saat berhasil melakukan pencapaian. Karena apresiasi sendiri merupakan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi, bagi para karyawan. Apresiasi sendiri bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa dengan kenaikan gaji, kenaikan pangkat atau  hanya sebuah ucapan selamat dan bangga dari atasan.

Di saat karyawan berhasil namun tetap tidak mendapatkan apresiasi dari atasan. Maka, kebanyakan dari mereka akan merasa kecewa dan semangat bekerja pun, akan sedikit berkurang. Alhasil, pikiran-pikiran untuk resign dari pekerjaan pun, mulai muncul dalam benak masing-masing.

6. Bosan dengan suasana kantor dan ingin mencari pengalaman baru

6 Alasan yang Membuat Karyawan Memilih Resign Meski Gajinya Besarpexels.com/@willpicturethis

Tidak sedikit para karyawan memilih untuk resign dari pekerjaanya, hanya karena merasa bosan dan jenuh. Alasan ini memang sering sekali dikatakan oleh beberapa karyawan yang memilih untuk resign dari pekerjaannya. Karena manusia sendiri mempunyai sifat cepat bosan dengan pekerjaan atau hal yang sering dia lakukan berkali-kali.

Sebenarnya, jika kamu merasa bosan dan jenuh dengan sebuah pekerjaan. Jangan lantas kamu memutuskan untuk resign dan memilih untuk mencari pengalaman baru. Ingat, masih banyak hal atau ilmu yang belum kamu kuasai dari pekerjaan kamu lho. Selain itu, rasa bosan dan jenuh, pasti akan selalu ada di setiap pekerjaan. So jangan mudah pindah pekerjaan, hanya karena jenuh dan bosan.

Terakhir, bekerja keraslah dan jangan lupa untuk selalu berdoa untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Beban Pekerjaan Agar Tidak Mudah Stres

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You