Comscore Tracker

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinya

Salah satunya adalah dengan tepat waktu!

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan atau kekeliruan saat menjalankan sebuah tugas dalam pekerjaannya. Namun meskipun hal ini sangat biasa terjadi dan dialami oleh banyak orang. Bukan berarti kamu membiarkan semuanya begitu saja. Karena hal ini bisa berpengaruh terhadap reputasi kamu di tempat kerja. Meskipun reputasi kamu tidak akan buruk secara langsung, namun perlahan-lahan akan membuat reputasi kamu menjadi kurang baik dan berdampak pada karir. 

Di saat reputasi kamu di tempat kerja kurang baik, kamu perlu segera bergerak cepat dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. ini dia 5 cara yang akan membuat reputasi kamu membaik seperti semula.

1. Mengubah kebiasaan ngaret menjadi tepat waktu

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinyapexels/rawpixel

Jika sebelumnya kamu selalu dicap sebagai karyawan yang suka sekali telat, maka mulai dari sekarang kamu harus belajar disiplin dengan cara tepat waktu datang ke tempat kerja. Tidak hanya itu kamu juga jangan membiasakan orang lain menunggu di saat sudah membuat janji dengan kamu.

Meskipun ketepatan waktu banyak dianggap sepele oleh banyak orang, hal ini justru menjadi hal yang berpengaruh besar terhadap kinerja kamu di perusahaan.

2. Selalu menebar senyum dan ramah kepada semua orang

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinyapexels/bruce mars

Jika reputasi kamu ingin menjadi kembali baik, mulailah untuk selalu bersikap ramah dan sopan kepada semua orang. Tidak ada salahnya kamu juga menebar senyum kepada rekan kerja saat bertemu dengan mereka.

Lagi pula, bersikap ramah kepada rekan kerja tidak akan membuat kamu rugi. Justru orang lain akan mengenal kamu dengan tipe orang yang ramah dan akan disukai oleh banyak orang.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Biar Adaptasi di Tempat Kerja Baru Berjalan Mulus

3. Jika terjadi sebuah kesalahpahaman, segera luruskan dari sekarang

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinyapexels.com/@rawpixel

Terkadang, reputasi buruk di tempat kerja juga tidak hanya disebabkan karena kamu sendiri tetapi bisa juga disebabkan oleh beberapa orang yang menyebarkan rumor kurang baik tentang kamu dan hal ini pun diketahui oleh banyak orang.

Jika hal ini sudah terjadi, cobalah untuk meluruskan rumor atau kesalahpahaman yang sedang terjadi tentang diri kamu. Carilah sumber berita tersebut dan selesaikan masalah ini dengan cara baik-baik, tanpa menggunakan emosi.

4. Ketika melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf dan bertanggung jawab

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinyapexels.com/@moose-photos-170195

Mengakui kesalahan diri sendiri terkadang memang terasa cukup berat. Namun hal ini tetap harus kamu lakukan, bagaimana pun caranya. Dengan cara jujur dan meminta maaf kamu sudah mempunyai poin yang lebih di hadapan rekan kerja kamu.

Setelah mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang kamu lakukan, segeralah untuk memperbaiki kesalahan tersebut, agar bisa segera selesai dan baik seperti sedia kala.

5. Jadilah orang yang selalu belajar dari sebuah kesalahan

Reputasi Buruk di Tempat Kerja, Ini 5 Cara Memperbaikinyapexels.com/@valeriya

Dari sekian kesalahan yang kamu lakukan selama di tempat kerja, tidak akan ada manfaatnya jika kamu tidak mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan tersebut. Ambillah pelajarannya dan jangan pernah melakukan kesalahan tersebut dengan kedua kalinya.

Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan agar reputasi kamu di tempat kerja bisa membaik. Percayalah tidak ada kata terlambat, selama kamu mau berubah dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga: Ini 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Sedang Berusaha Menjatuhkanmu

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya