Comscore Tracker

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!

Gak perlu nunggu lama-lama!

Baru lulus kuliah tapi nganggur karena sulit dapat job? Mendapat pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Dengan banyaknya job hunters, semua orang berlomba-lomba untuk memenangkan hati perusahaan.

Rabu (27/2) tim IDN Times berkesempatan untuk menghadiri acara yang diadakan oleh Kalibrr mengenai dunia perekrutan di Indonesia. Menurut mereka, tidak sulit kok agar kamu bisa stand out di mata calon atasan dan cepat diterima kerja! Mau tau caranya? Yuk simak lima tips ini!

1. Lakukan riset dan pastikan kamu tahu perusahaannya dengan baik

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!hamrazassociates.com

Supaya cepat diterima kerja, hindari kebiasaan asal mengirim lamaran, ya. Terkadang karena ingin cepat dapat kerja, kamu cenderung terlalu semangat dalam mengirim surat lamaran apa pun perusahaannya. 

Pastikan kamu tahu betul tentang perusahaan dan jabatan yang kamu inginkan. Paling tidak, ketahuilah latar belakang dan motivasi perusahaan tersebut. Rata-rata, manajer akan mengeliminasi pelamar yang tidak memiliki pengetahuan tentang perusahaan mereka.

2. Berikan resume terbaru kamu

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!IDN Times/Sarah Qonita

Jangan lupa untuk selalu memperbaharui dan mengisi lengkap resume kamu. "CV harus diisi dengan lengkap, paling tidak 70 persen." Tutur Andrew Nugraha Patty, selaku Marketing Consultant dan Head of Data Kalibrr.

Tidak hanya biodata, namun juga lengkapi data pendidikan, begitu juga dengan deretan pengalaman dan skill yang kamu punya. Pastikan perusahaan dapat mengenalmu melalui resume yang kamu buat, ya. 

3. Persiapkan pertanyaan untuk kamu ajukan ke perusahaan

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!tpr.org

Biasanya perusahaan akan bertanya apa kamu punya hal-hal yang ingin kamu ketahui mengenai perusahaan. Jangan sungkan untuk bertanya, hal ini dapat membuatmu terlihat antusias.

Tidak harus bertanya sesuatu yang sulit demi mengambil hati perekrut, namun jangan pula menanyakan sesuatu yang terlalu dasar. 

Baca Juga: Gak Usah Panik Kalau Karir Gak Sesuai Jurusan, Asal Punya 6 Hal Ini

4. First impression sangatlah penting. Berbusanalah dengan baik saat interview dengan perusahaan

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!freegreatpicture.com

Kesan pertama itu sangat penting. Perhatikan busana dan riasan yang kamu kenakan saat interview. Penampilan adalah salah satu jenis komunikasi sebelum kamu berbicara.

Tapi, jangan juga terlalu heboh ya, terutama untuk para cewek. Sesuaikan juga busana yang kamu kenakan dengan perusahaan yang kamu lamar. 

5. Perhatikan gestur dan bahasa tubuh

Hanya Sekali Interview, 5 Rahasia Jitu Agar Cepat Diterima Kerja!youthincmag.com

Satu hal yang penting diperhatikan saat melakukan wawancara kerja adalah, menjaga bahasa tubuh. Membaca karakter seseorang melalui gerak gerik mereka merupakan salah satu keahlian perekrut.

Agar cepat diterima kerja, pastikan jika kamu tidak terlihat kurang kompeten atau minder. Be confident!

Selamat mencoba!

Baca Juga: Masih Kuliah? Ini Pekerjaan Part Time yang Bisa Menambah Uang Sakumu

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya