Comscore Tracker

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!

Gak perlu keluar duit banyak-banyak!

Menjadi fashion influencer adalah pekerjaan yang didambakan bagi sebagian besar para cewek, dan cowok juga lho. Gimana enggak? Hanya dengan foto-foto ootd bisa dapet uang, belum lagi dapet baju-baju gratis dan jalan-jalan kesana kemari. 

Tapi, masih banyak yang bingung karena jadi fashion influencer berarti harus punya stok baju segunung, harus beli kamera, harus ini dan harus itu, akhirnya stuck karena merasa gak punya budget. Gak usah diambil pusing, karena sebenarnya ada trik supaya kamu jadi influencer tanpa perlu banyak modal.

Tim IDN Times sempat berbincang dengan Patricia Ranieta, travel influencer, dan Hendra Wijaya, fashion blogger & influencer, sebagai 2 panelis di acara "Jadi Influencer dengan Modal Minimalis? Bisa!" di Avrist Assurance Mall Ambassador pada hari Selasa (19/2) lalu. Yuk, simak bocorannya di artikel ini!

1. Jago mix & match adalah kunci, gak perlu beli pakai saja baju yang ada di lemari

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!moxsie.com

Untuk kamu yang baru mau mulai foto-foto ootd untuk bikin portfolio, pasti pusing karena bingung harus pake baju apa. Jangan bingung! Pake aja baju-baju yang udah kamu punya, dan padu padakan dengan baju-baju dan aksesorismu yang lain. Jangan pula takut untuk pakai baju yang sama lebih dari sekali!

Nah, tapi kalo kamu punya budget lebih untuk beli baju baru, beli lah sesuatu yang bisa dipakai sebagai investasi, dalam artian, beli sesuatu yang bisa dipakai berkali-kali dan bisa di mix & match dengan baju lain. "Aku saranin sih beli baju yang warnanya polos-polos, supaya gampang dipadukan. Selain beli baju, aku biasanya beli aksesoris karena aksesoris akan bantu style kamu terlihat beda walaupun kamu pakai baju yang sama berkali-kali." Kata Patricia Ranieta.

2. Gak perlu sewa fotografer pribadi, semua orang yang kamu temui bisa diminta tolong untuk mengambil fotomu

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!IDN Times/Sarah Qonita

Salah satu kunci untuk membuat konten kamu jalan terus adalah dengan cara jangan selalu menggantungkan kerjaan kamu pada orang lain. Minta bantuan tim atau orang itu perlu, tapi kamu juga harus memikirkan gimana caranya kalau lagi gak ada orang untuk bantu kamu bikin konten.

"Kalo lagi pergi-pergi sendiri, aku sering minta tolong tukang parkir, atau mas-mas pelayan di restoran untuk fotoin hehe." Ujar Hendra Wijaya. "Iya bener banget. Aku juga kalo lagi travelling biasanya minta tolong warga sekitar untuk fotoin aku. Tapi kameranya aku setting dulu, baru setelah itu minta tolong orang untuk fotoin." Saut Rani. Tuh gak perlu selalu mahal-mahal sewa fotografer kok guys!

3. Kamu harus bisa multitasking, dari mulai ide konten sampai edit foto sendiri

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!lifehack.org

Yang namanya content creator, tentu kamu harus punya tools untuk keperluan produksi. Tapi kalau kamu baru mulai, tentunya semua harus bisa kamu kerjakan sendiri. Dari mulai ide konten, pengelolaan sosial media, teknis penggunaan kamera, sampai proses editing foto dan video.

Don't worry! Gak perlu ambil kelas mahal-mahal, kamu bisa luangin waktu kamu untuk belajar sendiri di internet lho, atau kamu bisa minta tolong temen kamu yang udah jago dalam bidangnya. Banyak cara untuk kamu dapet ilmu baru. Yang penting ada niat, komitmen, dan disiplin!

4. Konsisten wajib hukumnya, mengunggah konten paling tidak setiap dua hari sekali

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!thoughtfulgrowth.com

Untuk jadi influencer artinya kamu sudah siap untuk kerja keras dan tidak ada lagi kata malas. Media sosial adalah wadah branding kamu, jadi tentunya kamu harus aktif mengunggah konten. "Gak harus setiap hari sih, paling enggak 2 hari sekali. Yang penting tetep jalan. Walaupun gak ngepost, tetep aktif di instagram story." Tutur Rani.

Dengan konsistensi jumlah konten per-minggu, juga dengan kualitas yang tetap dijaga, rata-rata banyak yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk melihat kenaikan yang signifikan dari jumlah followers beserta tawaran-tawaran endorsan. Yang penting konsisten dan rajin ya guys. Pelan-pelan tapi pasti!

5. Follower itu aset penting, pertahankan dengan selalu berinteraksi dengan mereka

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!polleverywhere.com

Terkadang, secara gak sadar ada yang suka meremehkan respon teman atau followers pada konten yang diunggah. Setiap ada yang komen, biasanya jarang atau hampir tidak pernah dibalas. Padahal keterikatan kamu pada audience itu sangat penting lho! 

Followers adalah aset penting dalam pekerjaanmu. Sebisa mungkin kamu harus mempertahankan audience kamu salah satunya dengan cara berinteraksi dengan mereka. Dengan membalas komen-komen pada media sosial, kamu tidak hanya akan menciptakan image yang baik di mata masyarakat, namun juga di mata brand-brand yang melihat profil kamu. Hal tersebut akan menjadi salah satu daya ikat.

6. Jangan terlalu dipikirin, enjoy what you do!

Jadi Fashion Influencer Tanpa Modal Banyak? Intip 6 Tips Ini!gemmaobrien.co.uk

Seringkali kalau sudah berhubungan dengan pekerjaan, kita kerap kali jadi terlalu ambisius dan pada akhirnya bisa stress sendiri. "Banyak orang punya pemikiran dan matokin bahwa mereka harus jadi influencer, dan pemikiran kayak gitu justru malah bikin jadi beban. Ujung-ujungnya bisa jadi stress, terus malah stuck  dan gak enjoy."  Kata Hendra.

Menjadi seorang influencer seharusnya menjadi pekerjaan yang menyenangkan karena sudah sesuai dengan passion kamu. Kalau yang kamu lakukan sudah sesuai dengan minat mu, lakukan lah dengan cara yang fun dan nikmati prosesnya. Hasilnya pun akan mengikuti!

Gimana menurutmu? Gak perlu uang banyak kan untuk membangun karier jadi fashion influencer. Yang penting kamu berani untuk kerja keras dan jangan menyerah untuk bikin konten-konten yang menarik!

Baca Juga: Ingin Jadi Influencer Tanpa Modal Follower? #SephoraSquad Buka Peluang

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya