Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel Ray

#IWF2021 Jangan cuma jadi penikmat konten saja 

Freelance writers atau penulis lepas kian menjadi profesi yang banyak ditekuni. Hal ini dikarenakan sudah banyak media online yang membuka kesempatan sebagai content writer sekaligus meraup pundi-pundi, salah satunya melalui IDN Times Community.

Guna menambah pemasukan atau keinginan memperluas berkarya, dalam sesi Indonesia Writers Festival 2021 bertajuk "The Power of Writing for Your Future Career" membahas tentang peluang besar berkreasi di media sosial sebagai penulis bersama Samuel Ray. Nah, buat kamu yang sedang menggeluti profesi ini, simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Berjualan kata, memangnya bisa?

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel RaySamuel Ray di IWF (youtube.com/IDN Times)

Geliat pemakaian media sosial kian merambah peluang menjanjikan, asalkan mau membangun mindset bahwa menulis tidak hanya sekadar melalui buku. Menurut Samuel, penulis bisa mempromosikan keahlian mengolah kata yang dimilikinya melalui akun media sosial, seperti Instagram ataupun lainnya.

Tidak hanya berfokus pada pemilihan kata yang menarik, namun akan jauh lebih baik disajikan dengan konten up to date yang akan menaikkan followers akun media sosialmu. Bonus menariknya, ada kesempatan besar untuk di-endorse berkat hasil karya tulisanmu. 

2. Belajar kesuksesan dari orang lain

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel RayArief Muhammad (instagram.com/ariefmuhammad)

Arief Muhammad kini menjadi salah satu influencer yang tidak pernah luput dari perhatian netizen. Namun, siapa sangka, di balik kesuksesan Arief Muhammad nyatanya berawal dari tulisan recehnya di Twitter.

Beragam cuitan kocak melalui akun fenomenal @poconggg itulah yang membuat dirinya semakin dikenal luas. Terbukti, lambat laun suami dari Tika Pangestika itu sukses sebagai entrepreneur di berbagai bidang bisnis seperti makanan hingga pakaian.

Belajar dari kesuksesan Arief Muhammad, maka jangan pernah takut untuk memproduksi konten dari platform media sosial mana pun. Asal tetap konsisten memberikan tulisan-tulisan yang menghibur atau bermanfaat untuk orang lain. Jangan  hanya puas menikmati konten di timeline media sosialmu, sekarang waktunya ciptakan personal branding-mu.

3. Gunakan Instagram stories semaksimal mungkin

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel Rayilustrasi aplikasi Instagram (pexels.com/Pixabay)

Jika  tidak mempunyai bakat dalam berjualan, kamu bisa memanfaatkan Instagram Story hanya dengan membuat tulisan, lho. Samuel mengungkapkan, bermula dari fitur tanya jawab yang ada di platform tersebut, ia berhasil membuat followers-nya naik hingga 6.000 pengikut.

Usahakan pula agar dirimu rajin berbagi tulisan melalui Instagram Story sesuai minat, kemampuan, atau membahas topik yang sedang hangat. Apalagi, adanya ketentuan batasan waktu saat mengunggah cerita di Instagram selama 24 jam penuh, maka semakin mudah menarik minat orang lain.

Baca Juga: IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel Ray

4. Ubah akun LinkedIn agar lebih berbobot

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel Rayilustrasi aplikasi LinkedIn (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Aplikasi LinkedIn semakin digandrungi kaum milenial dan  gen z. Bukan hanya untuk mencari kerja, melainkan memperluas relasi hingga wawasan. Dari aplikasi ini, kamu bisa mengunggah hasil riset hingga artikel untuk membangun personal branding kamu.

Sebab, menulis secara rutin dapat membantu kamu untuk mengolah pola pikir yang terstruktur. Apalagi saat mendalami suatu topik penulisan, menurut Samuel kamu akan lebih percaya diri dengan hasil tulisanmu.

Dengan menerapkan cara ini, postingan di LinkedIn akan membuat kamu dikenal sebagai seorang yang produktif, inovatif, sekaligus kreatif. Terlebih saat ini sedang mencari kerja, kesempatan dilirik HR perusahaan pun menjadi lebih besar.

5. Percayalah, apa pun bisa jadi konten

IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel Rayilustrasi wanita sedang menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Possibility di media sosial yang begitu luas dapat kamu manfaatkan dengan membuat beragam konten menarik untuk ditulis. Tidak harus mulai dari topik  berat, melainkan dapat mengangkat topik yang sangat dekat dengan aktivitas harian.

Guna mengasah kreativitas menulis, kamu sangat disarankan untuk banyak latihan menulis. Selain itu, jangan lupa untuk selalu eksplorasi hal terkini maupun kebiasaan harian yang layak diangkat sebagai bahan tulisan.

Terpenting, menurut Samuel sebagai pekerja kreatif harus bersikap aktif. Tidak hanya puas sebagai penikmat konten media sosial belaka. Dengan cara di atas, semoga bisa memaksimalkan potensi bakat yang dimiliki agar dapat menunjang kesuksesan karier, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2021: 8 Kiat Menulis Skenario Film Box Office ala Gina S. Noer

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya