Comscore Tracker

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resign

Rekan kerja yang bisa membuatmu nyaman di tempat kerja

Rekan kerja memiliki dampak yang juga perlu diperhitungkan karena bisa memberi pengaruh yang besar pada seseorang di tempat kerja. Nah, jika kamu ingin betah di tempat kerja, maka kamu juga perlu bergaul dan menjalin pertemanan dengan rekan kerja yang bisa membuatmu merasa nyaman dan jauh dari stres saat berada di tempat kerja. Seperti lima tipe rekan kerja ini yang bisa bikin kamu betah di tempat kerja dan jauh dari pikiran untuk gampang resign

1. Rekan kerja yang tidak pernah pelit ilmu dan membantu perihal pekerjaan

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resignilustrasi memberi membantu (pexels.com/Kampus Production)

Memiliki rekan kerja yang tidak pernah pelit membantu tentunya akan membuatmu merasa nyaman dan betah bekerja. Kamu tidak akan merasa sendirian saat mengalami kesulitan karena ada seseorang yang bersedia memberikanmu arahan perihal pekerjaan. Kamu yang putus asa akan kekurangan dalam bekerja akan terlengkapi kembali berkat rekan kerja yang senantiasa mau membantumu saat kamu membutuhkan bimbingan darinya. 

Sehingga kamu menjadi semangat bekerja lagi dan berusaha memperbaiki kekuranganmu secara perlahan-lahan dengan belajar darinya. Kamu tahu bahwa ajaran yang diberikannya akan bermanfaat untukmu ke depannya. Rasa nyaman yang diberikannya akan membuatmu berpikir ulang untuk resign saat merasa selalu salah atau gagal menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik. 

2. Rekan kerja yang selalu memberikan motivasi

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resignilustrasi memberi motivasi (pexels.com/SHVETS production)

Tipe rekan kerja yang selalu memberikan motivasi saat kamu merasa down layak untuk kamu jadikan teman. Karena motivasi yang diberikannya akan membuatmu gak mudah terpuruk saat mengalami hal-hal yang gak di inginkan. Misalnya saat kamu diomeli oleh atasan di depan rekan kerja lainnya dan saat kamu mendapatkan penilaian kinerja yang buruk.

Atau bahkan saat kamu melakukan kesalahan yang fatal dan merugikan rekan satu tim. Karena kesalahan-kesalahan di luar prediksimu bisa saja terjadi di tempat kerja. Apalagi jika kamu terbilang karyawan baru yang belum cukup berpengalaman di dalam dunia kerja. Nah rekan kerja dengan tipe motivator tentunya akan membuatmu menjadi pribadi yang gak mudah patang arang sehingga jauh dari pikiran pendek untuk resign

Baca Juga: 5 Cara Paling Ampuh Menghadapi Rekan Kerja yang Sering Mengeluh

3. Rekan kerja yang berpikiran positif dan optimis

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resignilustrasi rekan kerja positif (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Persaingan dalam dunia kerja tentunya kerap terjadi dan sulit dihindari. Nah buat kamu yang belum siap mental menghadapi ketatnya persaingan, maka akan gampang stres dibuatnya. Apalagi jika sainganmu memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dari yang kamu miliki. Maka kamu akan sering dilanda pikiran negatif dan akhirnya malah gak yakin pada kemampuan dirimu sendiri.
 
Di sinilah pentingnya posisi memiliki rekan kerja yang selalu bisa berpikiran positif dan optimis. Karena aura positif yang dia miliki akan menular padamu jika kamu sering bergaul dan berinteraksi dengannya di tempat kerja. Kamu gak akan lagi memandang negatif dirimu sendiri, termasuk kemampuan yang kamu miliki. Kamu akan lebih percaya diri dan optimis menghadapi persaingan di dunia kerja. Jika ada rekan kerja yang seperti itu, maka jangan ragu untuk menjadikannya temanmu. 

4. Rekan kerja yang profesional dalam bekerja

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resignilustrasi rekan kerja profesional (pexels.com/Thirdman)

Jangan selalu memandang bahwa bergaul dengan rekan kerja yang profesional itu tidak enak karena dia terlalu kaku, sulit diajak bercanda atau tidak fleksibel akibat terlalu fokus dalam bekerja. Padahal sebenarnya banyak sisi positif yang akan kamu rasakan saat memiliki rekan kerja yang seperti itu sebagai temanmu. Yaitu yang pertama, rasa bersaing yang kamu miliki akan terpancing berkat dirinya. 

Apalagi jika dia selalu memberikan hasil kerja yang mengagumkan dan penuh prestasi, maka tentunya kamu tak ingin kalah dari temanmu sendiri. Kamu yakin bahwa kamu juga bisa menjadi sepertinya. Yang kedua, kebiasaannya akan menular padamu karena interaksi di antara kalian yang sering terjadi. Seperti kedisiplinan dan kerajinannya dalam bekerja, rasa tanggung jawabnya yang tinggi akan pekerjaan serta sikapnya yang selalu berusaha untuk belajar demi mengasah kemampuan. 

5. Rekan kerja yang bisa dipercaya

Jadikan 5 Tipe Rekan Kerja Ini Teman agar Betah, buat Gak Mudah Resignilustrasi rekan kerja dapat dipercaya (pexels.com/Thirdman)

Rekan kerja terakhir yang bisa memberikan kenyamanan dan membuatmu betah di tempat kerja adalah rekan kerja yang bisa dipercaya. Dia memiliki karakter respek terhadap orang lain dengan baik. Termasuk tahu batasan pribadi dan pekerjaan. Dia selalu bisa menjaga kedua hal tersebut dengan baik. Maka dia perlu kamu jadikan teman. 

Karena saat kamu menceritakan segala hal terkait pekerjaanmu ataupun keluh kesah yang kamu alami saat bekerja, dia akan bisa menjaga rahasiamu tersebut dengan baik. Dia tidak akan membocorkan ide dan inovasi yang kamu buat dalam bekerja ataupun menjadikan curhatanmu sebagai bahan obrolan serta cibiran dengan rekan kerja lainnya di belakangmu.

Ciptakanlah kenyamanan lingkungan kerjamu sendiri dengan menjalin pertemanan dengan orang-orang yang bisa memberikanmu pengaruh yang baik. Sehingga kamu semakin berkembang, baik itu dalam hal kepribadianmu yang semakin matang maupun dalam hal kemampuanmu yang semakin mumpuni di dunia kerja. Dengan begitu kamu akan merasa betah bekerja, walaupun lingkungan kerjamu under pressure. Maka bertemanlah dengan lima tipe rekan kerja di atas agar kamu gak gampang memutuskan resign

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantor, Penasaran?

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya