Comscore Tracker

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerja

Bangun kekompakan dengan menciptakan kerja sama yang baik

Sebagai pekerja tentu kamu tidak hanya dituntut untuk pandai bekerja secara individu, namun kamu juga harus pandai bekerja sama di dalam tim. Karena kerja sama di dalam tim memegang peranan penting, baik itu untuk perusahaan maupun untuk dirimu sendiri. Untuk perusahaan, kerja sama tim penting agar bisa meraih tujuan organisasi bersama-sama. Karena melalui kerja sama tim yang kuat, kamu dan rekan kerja lainnya bisa meraih pencapaian yang besar dan menguntungkan perusahaan. 

Sedangkan untuk dirimu sendiri, kerja sama tim akan membuat dirimu semakin berkembang, seperti kemampuan beradaptasi, bersosialisasi, memecahkan masalah dan memperluas koneksi. Tentunya hal tersebut dapat membantu peningkatan kariermu di tempat kerja. Jadi, ciptakanlah kerja sama tim yang baik karena itu akan memberikan manfaat yang baik pula untuk dirimu. Kamu bisa melakukannya dengan enam tips ini. 

1. Mengenal karakter masing-masing rekan kerja tim dan cara kerjanya

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi berbicara dengan rekan kerja (pexels.com/fauxels)

Tips yang pertama untuk menciptakan kerja sama tim yang baik adalah dengan mengenal dengan baik siapa saja rekan kerjamu di dalam tim. Karena akan sulit untuk bekerja sama jika kamu tidak mengenali masing-masing partner-mu dengan baik. Apalagi jika kamu tergolong anak baru di tempat kerja. Jadi, cobalah untuk dekati mereka dan kenali karakter mereka masing-masing. Kemudian amati bagaimana cara mereka bekerja. 

Dengan begitu akan memudahkanmu dalam menghadapi dan menciptakan kerja sama yang baik. Contohnya salah satu rekan kerjamu memiliki ambisi yang besar sehingga selalu mengerjakan pekerjaan secepat mungkin, tentu kamu sebagai rekan satu tim tidak bisa bekerja dengan lambat, karena bisa menghambat pekerjaan yang ada. Jika seperti itu, maka usahakanlah untuk mengerjakan bagian pekerjaanmu dengan cepat. Mengikuti ritmenya akan membangun sinergi yang baik antara kamu dengannya. 

Atau rekan kerja tim paling tidak suka banyak bicara saat bekerja dan mudah terganggu konsentrasinya jika berisik. Maka imbangilah dengan mengurangi bicara di dalam tim saat bekerja sama. Hal tersebut agar tidak mengganggu konsentrasi rekan kerja lainnya dan agar menciptakan rasa nyaman karena jika kamu berisik, tentunya akan membuat mereka marah. Walau seperti itu, tetaplah bertanya jika memang ada pertanyaan penting terkait pekerjaan, bukan berarti kamu harus diam seribu bahasa. 

2. Pahami target apa saja yang harus dicapai di dalam tim

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi memahami target di dalam tim (pexels.com/fauxels)

Demi mencapai tujuan perusahaan, tentunya setiap tim yang dibentuk dalam masing-masing divisi memiliki tugas, peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Di mana hal tersebut juga berlaku untuk tim-mu. Cari tahulah target-target apa saja yang harus kamu capai di dalam tim agar bisa memudahkanmu untuk mencapai target tersebut. 

Mengetahui target yang ada akan membuatmu berpikir untuk bagaimana mencapainya dengan sebaik mungkin. Kamu juga jadi mengetahui gambaran, langkah dan trik untuk bisa meraihnya. Di mulai dari memberikan ide-ide yang inovatif hingga langkah-langkah penyelesaian yang efektif dan efisien agar bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Maka hal tersebut akan membantumu untuk bisa menciptakan kerja sama tim yang baik dengan rekan kerja lainnya. 

3. Menerima dengan baik dan terbuka akan arahan dan masukan dari rekan kerja lainnya

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi menerima arahan dan masukan (pexels.com/fauxels)

Saat bekerja, jika ada rekan kerja satu tim yang memberikanmu arahan dan masukan, maka dengarkanlah. Jangan berpikir bahwa apa yang kamu lakukan sudah benar. Kemudian pahami apa yang disampaikan oleh mereka, karena tentu ada hal positif yang dapat kamu petik di dalamnya. Apalagi jika yang memberikanmu arahan dan masukan adalah rekan kerjamu yang lebih senior, maka tentu dia lebih pengalaman dalam menghadapi kasus atau masalah yang biasa terjadi. 

Ingatlah bahwa kamu bekerja untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim, maka kamu perlu mendengarkan arahan dan masukan dari rekan kerja lainnya. Hal tersebut juga berlaku untukmu, kamu bisa menyampaikannya jika kamu merasa ada cara yang lebih baik atau membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan yang ada. Saling mendengarkan dan mencermati informasi yang diberikan akan dapat menciptakan kerja sama tim yang baik. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Negatif Ini Bisa Jadi Penghambat Kerja Sama dalam Tim

4. Hindari konflik dengan sopan dalam bersikap dan memperlakukan rekan kerja lainnya

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi sopan dalam bersikap (pexels.com/fauxels)

Bukan hanya kemampuan kognitif yang diperlukan untuk menciptakan kerja sama tim yang baik, namun juga kemampuanmu dalam beradaptasi. Untuk dapat beradaptasi dengan baik, tentu sopan dalam bersikap dan memperlakukan rekan kerja dengan baik perlu kamu lakukan. Bagaimana kamu bisa menciptakan kerja sama yang baik jika kamu misalnya bersikap menyebalkan pada rekan satu tim-mu sendiri. 

Selain itu, dengan bersikap sopan dan memperlakukan rekan kerja yang baik dapat menghindari konflik di antara kalian. Karena jika terjadi konflik di dalam tim, maka akan memberikan dampak negatif pula bagi tim. Mulai dari kerja sama tim yang buruk, ketidaknyamanan dalam bekerja hingga mempengaruhi hasil kerja tim menjadi tidak maksimal. Jadi, ciptakan kerja sama tim yang baik dengan sopan dalam bersikap dan memperlakukan rekan kerja lainnya dengan baik agar terhindar dari konflik yang tidak perlu terjadi. 

5. Kendalikan diri dan kontrol emosi dengan baik

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi kendalikan diri (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Saat bekerja tentu kamu akan menjumpai permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam tim. Di mana permasalahan tersebut bisa terjadi karenamu atau karena rekan kerja lainnya. Apa pun penyebabnya, kamu harus bisa menyikapinya dengan kepala dingin dan bijak. Kendalikan diri dan kontrol emosimu dengan baik agar tidak semakin memperbesar dan memperlebar masalah yang ada. 

Dan jika ada rekan satu tim yang tidak bisa mengendalikan diri dan mengontrol emosinya saat ada masalah yang datang, cobalah untuk tenang saat menghadapinya. Kemudian tengahi masalah yang ada agar sikapnya tersebut tidak merusak kekompakan di dalam tim. Dengan mengendalikan diri dan mengontrol emosi, maka kamu bisa menciptakan kerja sama tim yang baik. 

6. Ikut serta dalam acara yang diadakan oleh rekan kerja lainnya

6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerjailustrasi kumpul dengan rekan kerja (pexels.com/Ron Lach)

Saat rekan kerja lainnya ingin mengadakan acara makan bersama di luar kantor, jangan menolaknya. Apalagi jika perayaan tersebut diadakan karena kamu dan rekan kerja lainnya mencapai keberhasilan di dalam tim, maka ikut sertalah. Karena pada momen itu dapat kamu manfaatkan untuk tahu lebih banyak mengenai sifat dan kecenderungan masing-masing rekan kerja satu tim. 

Hal tersebut akan membantumu untuk bisa menjaga kekompakan di dalam tim. Jangan batasi dirimu dengan berpikir bahwa kekompakan tim hanya perlu di jaga saat bekerja di tempat kerja saja. Jadi, agar tercipta kerja sama tim yang baik, kamu perlu melibatkan diri dalam acara yang diadakan oleh rekan kerja lainnya. 

Menciptakan kerja sama yang baik di dalam tim memang tidak mudah karena kamu akan berkumpul dengan orang-orang yang berbeda sifat dan karakter. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, karena kerja sama tim yang baik kamu perlukan untuk perkembangan kariermu. 

Baca Juga: 5 Tanda Ada Masalah Komunikasi dalam Tim Kerjamu

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya