Comscore Tracker

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejati

#ANGPOIN Melayani dengan hati, bukan sekadar karena materi

Bekerja sebagai seorang customer service memang memiliki tantangannya tersendiri karena setiap harinya harus berhadapan dengan komplain, masalah, dan tuntutan para konsumen.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, atau jika kamu sedang bekerja sebagai customer service, yuk simak apakah kamu memang seseorang yang memiliki kualitas diri sebagai customer service sejati. Berikut ini 7 tandanya.

1. Bersikap ramah adalah etika yang penting baginya

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatiunsplash.com/Jamie Brown

Customer service sejati tidak akan ‘berakting’ ramah, atau bahkan mau bersikap ketus kepada konsumen. Jiwa yang ramah memang melekat di dalam dirinya. Sikap ramah sudah ada di dalam ‘kamus etika’ miliknya yang selalu dia terapkan dalam kesehariannya.

2. Mampu menjadi pendengar yang baik

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatiunsplash.com/Priscilla Du Preez

Seorang customer service sejati tidak akan bosan mendengarkan rentetan pertanyaan ataupun komplain dari konsumen. Dia akan mendengarkan konsumennya dengan saksama dan penuh perhatian.

Baca Juga: 5 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa Akuntansi Agar Menjadi Akuntan Handal

3. Sabar dan selalu mencoba memahami situasi yang dihadapi konsumen

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatiunsplash.com/Joseph Pearson

Ketika ada konsumen yang meluapkan amarahnya karena kekecewaannya terhadap produk yang dia beli, maka customer service sejati akan menghadapinya dengan sabar. Dia tidak akan menghela nafas panjang, dan merasa  direpotkan dengan situasi itu.

Customer service sejati akan selalu memahami mengapa sang konsumen merasa kecewa dan emosi. Dia akan berpikir, “Wajar saja konsumen A marah, dia sudah mengeluarkan sejumlah uang tapi tidak mendapatkan produk yang layak.”

4. Mampu menuturkan penjelasan dengan runtut dan jelas

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatiunsplash.com/Austin Distel

Diserbu rentetan pertanyaan, dan dibombardir dengan luapan komplain tidak membuat customer service sejati menjadi gugup dan terbata-bata dalam memberikan penjelasan. Dia tetap bisa menstabilkan kondisi psikologinya dan tetap mampu menuturkan penjelasan yang diperlukan konsumen dengan runtut dan jelas.

5. Mampu memberikan rasa nyaman pada konsumen

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatipexels.com/nappy

Seorang customer service sejati mampu memberikan rasa nyaman pada konsumen. Ketika ada konsumen yang melakukan komplain, maka customer service sejati akan bersikap sopan, dan mendengarkan konsumen dengan penuh perhatian. Sehingga dia akan mampu memberikan rasa ‘lega’ bagi konsumen yang sedang merasa kesal karena produk yang dia beli.

6. Merasa bahagia ketika mampu menyelesaikan permasalahan konsumen

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service SejatiUnsplash/Mael Balland

Ketika kamu merasa bahagia saat mampu turun tangan untuk membantu menyelesaikan permasalahan konsumen, maka itu tanda bahwa kamu memang punya jiwa customer service sejati.

Namun, jika ternyata kamu hanya menganggapnya sekadar melaksanakan tugas kerja ketika sedang menyelesaikan komplain, bisa jadi kamu menjadi customer service hanya karena ‘tuntutan hidup’, bukan karena passion-mu.

7. Peduli dan memiliki empati yang tinggi

7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejatiunsplash.com/Melissa Askew

Jika kamu selalu memikirkan kebutuhan orang lain, memikirkan hal yang bisa membuat orang lain merasa nyaman, selalu prihatin dengan permasalahan yang sedang dihadapi orang lain, dan kamu juga selalu ingin membantu menyelesaikan permasalahan orang lain, maka itu artinya kamu memiliki sifat peduli dan mempunyai empati yang tinggi. Dan, tentu saja semua hal itu ada di dalam jiwa seorang customer service sejati.

Itu tadi 7 kualitas diri yang pasti dimiliki oleh seorang customer service sejati. Apakah kamu juga memiliki 7 kualitas diri tersebut? Silakan berikan jawabanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Ciri Ini Menandakan Bahwa Kamu Memiliki Kualitas Diri yang Baik

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You