Comscore Tracker

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejati

Mendidik dengan empati dan hati nurani

Guru bimbingan konseling mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi psikologis murid. Kepekaan mereka terhadap perubahan lingkungan sekolah dan perubahan interaksi antar murid juga mampu menekan jumlah kekerasan yang terjadi di sekolah.

Namun sayangnya, masih kerap ditemui guru bimbingan konseling yang belum bisa melaksanakan fungsinya dengan maksimal.

Apakah kamu adalah orang yang berminat bekerja sebagai guru bimbingan konseling? Atau saat ini kamu sudah bekerja dan sedang menikmati pekerjaanmu sebagi guru bimbingan konseling?

Yuk, simak apakah kamu punya 7 tanda bahwa kamu adalah seorang guru bimbangn konseling yang sejati.

1. Kamu tidak mengistimewakan murid tertentu

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Nikitha S

Kamu memberikan perhatian dan kasih sayang dalam kualitas yang sama kepada semua muridmu. Guru bimbingan konseling sejati tidak akan mengistimewakan murid tertentu karena label yang melekat pada sang murid.

Entah karena sang murid adalah anak terpandai di kelas, atau karena karakter kepribadian sang murid kebetulan merupakan tipe favoritmu, tidak lantas membuatmu bersikap pilih kasih kepada mereka.

2. Tidak bersifat menghakimi, kamu mampu memahami karakter dari setiap muridmu

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatilearningfirst.com

Alih-alih bersikap menghakimi, guru bimbingan konseling sejati mampu memahami karakter dari setiap muridnya. Kamu paham bahwa si A menjadi pribadi yang pemberontak mungkin karena masalah yang sedang dia hadapi di rumah, atau kamu paham bahwa si B adalah tipe yang cerewet di kelas karena dia kurang punya ruang untuk mengekspresikan diri di lingkungan lain.

Baca Juga: 5 Film Tentang Pengabdian Seorang Guru, Kamu Pasti Tersentuh Menontonnya

3. Jika ada murid yang mengalami perubahan sikap, maka kamu akan menyadarinya

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Santi Vedri

Jika tiba-tiba ada murid yang mengalami perubahan sikap, maka kamu langsung menyadarinya. Hal ini karena kamu rutin memperhatikan tingkah pola muridmu di setiap pertemuan kelas. Kamu tidak hanya sekadar masuk kelas dan sekadar membagikan materi.

Perubahan sikap dari murid sering kali merupakan tanda bahwa si murid sedang mengalami momen atau masalah tertentu sehingga berpengaruh pada psikologisnya. Menyadari perubahan sikap dari murid amatlah penting. Guru yang dapat melakukannya mampu mencegah murid mengalami stres karena berkutat dengan masalahnya seorang diri.

Selain itu, kesadaran guru yang tinggi terhadap pola prilaku muridnya bisa mengurangi sejumlah masalah yang sering ditemui di lingkungan sekolah, seperti misalnya kasus bullying ataupun kekerasan seksual. Guru bimbingan konseling sejati tentu mampu menangkal semua potensi kekerasan di lingkup sekolahnya.

4. Kamu meluangkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati kepada muridmu yang sedang menghadapi masalah

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Jerry Wang

Jika ada muridmu yang bermasalah, kamu lebih memilih untuk berbicara dari hati ke hati kepada muridmu dibandingkan bersikap interogatif. Kamu memahami bahwa pasti ada beberapa hal yang tidak mudah diceritakan kepada orang lain, itu sebabnya kamu mencoba mendengarkan kenapa dia bisa terlibat dalam sebuah permasalahan.

5. Kamu selalu berusaha untuk membantu memecahkan persoalan yang mengganggu psikologis dari muridmu

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Michael Prewet

Bahkan sebelum dimintai pertolongan oleh muridmu, kamu selalu berusaha untuk membantu mereka memecahkan persolaan yang mengganggu psikologis mereka. Kamu selalu menaruh kepedulian pada muridmu, dan merasa bertanggung jawab jika ada muridmu yang berada dalam kondisi psikologis yang kurang baik.

6. Kamu adalah tumpuan muridmu untuk berkeluh kesah dan meminta saran

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Nicole Honeywill

Guru bimbingan konseling yang sejati tentu menjadi rujuakan murid-muridnya untuk menumpahkan keluh kesah yang tidak bisa disampaikan di tempat lain. Hal ini karena guru bimbingan konseling sejati mampu menjadi pendengar yang baik, penuh rasa kepedulian, solutif, dan dapat menyediakan rasa nyaman bagi sang murid.

7. Kamu bisa menemukan potensi bakatnya, dan membantu muridmu untuk melihat gambaran kariernya

7 Tanda Bahwa Kamu adalah Guru Bimbingan Konseling Sejatiunsplash.com/Raghaf Modi

Prasangka sosial yang yang melahirkan anggapan bahwa murid yang pintar adalah murid yang mampu menyelesaikan soal-soal hitungan rumit dan mampu meraih rangking satu menyebabkan banyak dampak bagi perkembangan potensi anak.

Mereka yang yang jago soal berkenaan dengan angka tentu memang pintar, tapi jenis kepintaran tidak hanya sebatas itu. Masing-masing anak memiliki jenis kepintarannya masing-masing.

Ada anak yang punya kemampuan lebih di bidang bahasa, seni, ataupun sains. Dan setiap anak pada dasarnya dianugerahi kepintaran, tinggal bagaimana kita mampu membantu mereka menemukan potensinya.

Guru bimbingan konseling sejati mampu membantu murid untuk menemukan potensinya. Dia akan mengapresiasi dan memberikan pemahaman bahwa bakat sang murid bisa terus dia asah sehingga dapat dijadikannya sebagai karier di masa depan.

Sikap guru bimbingan konseling seperti ini membuat tidak ada murid yang merasa bodoh lagi, dan mereka menjadi percaya diri dengan bakatnya.

Itu tadi 7 tanda bahwa kamu memang seorang guru bimbingan konseling yang sejati. Apakah kamu punya 7 tanda di atas? Jika iya, dua jempol untuk kamu!

Baca Juga: 5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You